HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN KEPATUHAN MASYARAKAT TERHADAP PROTOKOL KESEHATAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA SUKUR MI-NAHASA UTARA

  • Noifke Kaghoo Akademi Keperawatan Rumkit Tk. III Manado
  • Iren Purwani Dalambide Akper Rumkit Tk.III Manado
Keywords: Pengetahuan, Kepatuhan, Protokol Kesehatan

Abstract

Kepatuhan masyarakat masih menjadi fenomena yang harus terus ditingkatkan untuk meningkatkan perilaku dalam memutus mata rantai penularan Covid-19. Usaha tersebut membutuhkan pengetahuan dan pemahaman yang baik termasuk seluruh elemen masyarakat. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 Di Desa Sukur Minahasa Utara dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. Metode yang digunakan yaitu penelitian analitik dengan desain cross sectional dengan pengambilan sampel akan dilakukan secara total sampling yaitu 75 responden. Hasil Analisa menggunakan fisher exact test menunjukan nilai p : 0.000 dimana nilai tersebut < 0.005 sehingga dinyatakan ada hubungan antara pengetahuan dengan kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

Published
2022-06-01
How to Cite
Kaghoo, N. and Dalambide, I. (2022) “HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN KEPATUHAN MASYARAKAT TERHADAP PROTOKOL KESEHATAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA SUKUR MI-NAHASA UTARA”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(1), pp. 741-748. doi: 10.47492/jih.v11i1.1984.
Section
Articles