IMPLEMENTASI METODE SMART BERBASIS WEB DALAM MEMBUAT SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN SMARTPHONE SESUAI KEBUTUHAN MASYARAKAT PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA

  • Raynor Raynor Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie
  • Humdiana Humdiana Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie
  • Elis Sondang Dasawaty Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie
  • Sigit Birowo Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie
  • Budi Wasito Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie
  • Akhmad Budi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie
Keywords: Smartphone, SMART, SPK, Marketplace

Abstract

Sejauh ini belum ada marketplace yang menjual smartphone dengan sistem pendukung keputusan. Dengan adanya sistem pendukung keputusan, masyarakat dapat lebih mudah untuk menentukan smartphone sesuai dengan kebutuhan masing – masing. Marketplace dengan sistem pendukung keputusan dapat diambil datanya dari kriteria – kriteria smartphone yang masyarakat utamakan dalam memilih smartphone. Sehingga dengan kriteria – kriteria tersebut, masyarakat dapat menentukan pilihan. Penelitian ini didasari oleh  penelitian terdahulu yang berkaitan denga metode SMART untuk mengumpulkan data – data yang berkatikan dengan metode SMART. Penelitian ini didasari dengan metode pengembangan sistem waterfall. Metode waterfall memiliki proses berurutan sehingga penulis dapat membuat program yang terkontrol. Penulis mulai mengumpulkan data – data yang diperlukan melalui teknik pengumpulan kuesioner untuk mendapatkan kriteria – kriteria yang diinginkan responden. Lalu penulis juga melakukan studi pustaka dimana penulis mendapat teori – teori yang mendukung penelitian penulis melalui buku digital dan jurnal. Hasil penelitian ini diimplementasikan dengan metode SMART, dimana penulis melakukan perhitungan dengan rumus – rumus yang tersedia di dalam metode SMART. Aplikasi berbasis web yang telah dibuat dengan sistem pendukung keputusan dapat mempermudah masyarakat umum untuk memilih smartphone sesuai kebutuhan berdasarkan empat kriteria yaitu harga, merk, kapasitas memori internal, dan RAM. Metode yang digunakan yaitu  metode  SMART  mempunyai  hasil  cukup  akurat  dengan  melalui  beberapa proses perhitungan

References

[1] Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal Resti Vol. 1 No. 2, 131-136.
[2] Destiningrum, M., & Adrian, Q. J. (2017). SISTEM INFORMASI PENJADWALAN DOKTER BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER (STUDI KASUS: RUMAH SAKIT YUKUM MEDICAL CENTRE). Jurnal TEKNOINFO, Vol 11, 30-37.
[3] Magrisa, T., Wardhani, K. D., & Saf, M. R. (2018). IMPLEMENTASI METODE SMART PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER UNTUK SISWA SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Vol.13, No.1, 49-56.
[4] Nelfira, & Silvia, D. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Sistem Operasi Windows Pada Matakuliah Sistem Operasi Di STMIK Indonesia Padang Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Edik Informatika, 182-189.
[5] Sadewo, A. D., Widasari, E. R., & Muttaqin, A. (2017). Perancangan Pengendali Rumah menggunakan Smartphone Android dengan Konektivitas Bluetooth. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 415-425.
[6] Sesnika, N., Andreswari, D., & Efendi, R. (2016). APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN GEDUNG SERBA GUNA DI KOTA BENGKULU DENGAN MENGGUNAKAN METODE SMART BERBASIS ANDROID. Jurnal Rekursif Vol.4 No.1, 30-44.
[7] Shodik, N., Neneng, & Ahmad, I. (2018). SISTEM REKOMENDASI PEMILIHAN SMARTPHONE SNAPDRAGON 636 MENGGUNAKAN METODE SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE (SMART). Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika Volume 7 No. 3, 219-228.
[8] Supriadi, I., & Mauluddin, A. (2018). KEBUTUHAN INFORMASI TERHADAP MINAT PELANGGAN PADA PRODUK JAMU LEO MENGGUNAKAN METODE SMART. Jurnal Produktif, 50-61.
[9] Yulianti, E. (2015). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MOBIL DENGAN METODE SIMPLE MULTY ATTRIBUTE RATING (SMART). Jurnal Momentum Vol. 17 No.1, 55-59.
Published
2022-06-01
How to Cite
Raynor, R., Humdiana, H., Dasawaty, E., Birowo, S., Wasito, B. and Budi, A. (2022) “IMPLEMENTASI METODE SMART BERBASIS WEB DALAM MEMBUAT SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN SMARTPHONE SESUAI KEBUTUHAN MASYARAKAT PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(1), pp. 709-718. doi: 10.47492/jih.v11i1.1934.
Section
Articles