PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN GERAK DASAR SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PECANGAAN WETAN JEPARA

  • Olivia Dwi Cahyani Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Mohamad Afrizal Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Vesti3 Dwi Cahyaningrum Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
Keywords: Learning Outcomes, Inquiry & Soccer Passing

Abstract

This research is quantitative research. In this research, the number of 5th grade Students of SD Negeri 1 Pecangaan Wetan are 23 students who are consisted of 10 boys and 13 girls by applying the inquiry learning model in soccer learning. Before this research, researcher used t-test to assess the first ability of 5th grade Students of SD Negeri 1 Pecangaan Wetan.Based on the calculations obtained in the second cycle, the results are found that the target reached where students are 20 students (87%) as categorized completed and 3 students (13%) were not yet completed, it can be concluded, there is an increase in the results of student learning before and after being given the inquiry learning model.The suggestion in this research is the learning needs a lot of fun atmosphere, so that the students do not feel bored. The inquiry learning model is an alternative way which can be applied by the teacher as learning material.

References

[1] Ali. (2016, 20 April). Pengertian Analisis Data, Tujuan, dan Tekniknya. [Online].http://www.informasiahli.com/2015/08/pengertian-analisis-data-tujuan-dan-tekniknya.html# diakses pada Rabu, 3 Januari 2019
[2] Ali. (2016, 20 April). Pengertian Analisis Data, Tujuan, dan Tekniknya. [Online].http://www.informasiahli.com/2015/08/pengertian-analisis-datatujuan-dan-tekniknya.html# diakses pada Rabu, 3 Januari 2019
[3] Anis, Samsudi. 2008. Statistika. Semarang : Universitas Negeri Semarang
[4] Anitah, Sri. 2012. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka
[5] Ardiyanto, Fery. 2016.Meningkatkan Pembelajaran Passing Sepakbola melalui Modifikasi Permainan Crossbar Colour pada Siswa Kelas V SD Negeri Kertayasa 02 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2015/2016. [Skripsi]. Semarang : Universitas Negeri Semarang
[6] Aris, Tria M . 2018. Upaya Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah Kaki Bagian Dalam pada Permainan Sepakbola melalui Pembelajaran Variasi Berantai Siswa Putri Kelas X SMK Shalahuddin Malang Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal ilmu keolahragaan. 17 (1) : 25-29
[7] Bloom, Benyamin S (1979). Taxonomy of Education Objectivitas,The Classification of Education Goals. New York : Handbook 1 Cognitive Domain David McKay Company Inc
[8] Danny, M. 2007.Dasar-Dasar SepakBola.Bandung:Pakar RayaPustaka
[9] Harianto, G. dkk. Model Pembelajaran Passing Sepak Bola di SD. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual. 1 (1) : 58-62
[10] Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia Kencana Prenada Media
[11] Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia
[12] Kencana Prenada Media.
[13] Pardjono, dkk. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY.
[14] Purnama, h. 2017. Penerapan media bola gantung untuk meningkatkan ketepatan shooting pada permainan sepak bola. sumedang : Universitas Pendidikan Indonesia
[15] Purnama, H. 2017. Penerapan Media Bola Gantung untuk Meningkatkan Ketepatan Shooting pada Permainan Sepak Bola. Sumedang : Universitas Pendidikan Indonesia
[16] Rusman. (2012). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
[17] Rustanto, H . 2017.Upaya Meningkatkan Keterampila Passing Sepak bola dengan Kaki Bagian Dalam Menggunakan Metode Bermain. Jurnal Pendidikan Olahraga, 6 (1) : 21-32
[18] Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Angkasa.
[19] Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
[20] Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
[21] Sucipto, dkk. 2000. Sepakbola. Jakarta : Dirjen Diksar PPG SLTP
[22] Sucipto, dkk. 2000. Sepakbola. Jakarta : Dirjen Diksar PPG SLTP
[23] Sudjana, Nana (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
[24] Sudjana, Nana . 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
[25] Suharsimi Arikunto. 2006. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
[26] Suharsimi Arikunto. 2006. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
[27] Sukatamsi. 1984. Teknik Dasar Bermain Sepakbola. Solo : Tiga Serangkai Sumedang: UPI
[28] Sukatamsi. 1984. Teknik Dasar Bermain Sepakbola. Solo : Tiga Serangkai
[29] Suprijono, Agus . 2013. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
[30] Suprijono, agus .(2013). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Palkem. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
[31] Susilawati,D, (2016). Inovasi Pendekatan Pembelajaran Olahraga Permainan.
[32] Wina Sanjaya. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:
[33] Wina Sanjaya. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:
[34] Wina Sanjaya. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : KENCANA
[35] Wiriaatmadja, R. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya
[36] Wiriaatmadja, R. 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: RemajaRosdakarya
[37] Zuhdanto, R. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Teknik Dasar Menggiring Dan Mengumpan Pada Permainan Sepak Bola Melalui Pendekatan Permainan Gobak Sodor Pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Kebumen Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal Tahun 2011/2012. Semarang : Universitas Negeri Semarang
[38] Zuhdanto, R. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Teknik Dasar Menggiring Dan Mengumpan Pada Permainan Sepak Bola MelaluiPendekatan Permainan Gobak Sodor Pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Kebumen Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal Tahun 2011/2012. Semarang : Universitas Negeri Semarang
Published
2020-10-19
How to Cite
Cahyani, O., Afrizal, M. and Cahyaningrum, V. (2020) “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN GERAK DASAR SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PECANGAAN WETAN JEPARA”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 7(2), pp. 1-6. doi: 10.47492/jih.v7i2.190.
Section
Articles