PSYCHOLOGICAL CAPITAL WITH INDIVIDUAL READINESS AS MEDIATOR TO CHAMPIONING BEHAVIOR IMPLEMENTATION ELECTRONIC MEDICAL RECORD

  • Ulfa Tarbiati Master Of Health Institute Of Health Science Strada Indonesia
  • Ratna Wardani Master Of Health Institute Of Health Science Strada Indonesia
Keywords: Psychological Capital, Perilaku Inovatif, Pedagang, New Normal.

Abstract

Masa new normal merupakan masa baru bagi pedagang ditengah adanya pandemi covid-19. Khususnya para pedagang di kawasan wisata, sektor pariwisata menjadi sektor yang paling parah terdampak sehingga untuk bangkit dan memulai kembali usahanya perlu adanya perilaku inovatif yang salah satu faktor internalnya ialah psychological capital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan psychological capital dengan perilaku inovatif pedagang di Wisata Pantai Prigi pada masa new normal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan data nonprobability sampling dengan teknik sampling jenuh. Responden dalam penelitian ini adalah pedagang di Wisata Pantai Prigi dengan jumlah 60 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala psychological capital dan skala perilaku inovatif. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi Spearman dengan bantuan SPSS 23 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai koefisien korelasinya sebesar 0,376 dan nilai signifikansi sebesar 0,003 lebih kecil dari 0,05 (< 0,05). Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif antara psychological capital dengan perilaku inovatif pedagang di Wisata Pantai Prigi pada masa new normal.

Published
2023-06-17
How to Cite
Tarbiati, U. and Wardani, R. (2023) “PSYCHOLOGICAL CAPITAL WITH INDIVIDUAL READINESS AS MEDIATOR TO CHAMPIONING BEHAVIOR IMPLEMENTATION ELECTRONIC MEDICAL RECORD”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(1), pp. 9-18. doi: 10.47492/jih.v12i1.1799.
Section
Articles