ANALISIS KESENJANGAN PENGEMBANGAN SEKTOR PERJALANAN WISATA DI PULAU LOMBOK

  • Moh. Jumail Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
Keywords: Kesenjangan, Perkembangan & Perjalanan Wisata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesenjangan pengembangan sector perjalanan wisata di Pulau Lombok dengan pertimbangan mendasar bahwa sector ini kalah jauh dengan sector akomodasi (perhotelan). Selain itu, hasil kajian ini juga menganalisis tipologi, struktur, skala dan manfaat dari usaha perjalanan wisata. Kajian ini membawa implikasi terhadap penguatan Program Studi Perjalanan Wisata yang setiap tahunnya menunjukkan penurunan minat signifikan dari calon mahasiswa yang mendaftar di Sekolah Tinggi Pariwistaa Mataram. Nantinya  hasil  kajian ini dapat  digunakan  untuk mengevaluasi  penyebab  atau faktor-faktor yang menghambat perkembangan sector perjalanan wisata sebagai sebuah kesenjangan termasuk juga penguatan prodi pada institusi pendidikan yang membuka jurusan perjalanan wisata.

Kajian ini merupakan penelitian eksploratif dengan paradigma kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, kajian kepustakaan, dan dokumentasi. Analisisnya menggunakan content analysis dan hermeneutic dengan menganalisis isi dan menginterpretasikan makna yang terkandung dalam data yang telah dikumpulkan. Luaran dari kajian ini adalah tersedianya satu kerangka kerja (framework) tentang perkembangan perjalanan wisata di Pulau Lombok

References

[1] Davidson, L., et al., 2014. Air travel attitudes and behaviours: the development of
[2] environment-based segments. Journal of Air Transport Management. 36 (2014) 13—22.
[3] Jennings, G. 2001. Tourism Research. Australia: John Wiley & Sons Australia, Ltd.
[4] Swarbrooke, J., and Horner, S. 2001. Business Travel and Tourism. Butterworth Heinemann. A Division of Reed Educational and Professional Publishing Ltd.
[5] Tilley, S., and Houston, D. 2016. The gender turnaround: Young women now travelling more than young men. Journal of Transport Geography, 54 (2016), 349—358
Published
2019-12-10
How to Cite
Jumail, M. (2019) “ANALISIS KESENJANGAN PENGEMBANGAN SEKTOR PERJALANAN WISATA DI PULAU LOMBOK”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 8(2), pp. 105-110. doi: 10.47492/jih.v8i2.17.
Section
Articles