PELATIHAN GOOGLECLASSROOM SEBAGAI MEDIA PERKULIAHAN ONLINE PADA KELOMPOK DOSEN DI SEKOLAH TINGGI PARIWISATA MATARAM

  • Ida Nyoman Tri Dharma Putra Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Gusti Ayu Meri Aryani Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Lalu Masyhudi Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
Keywords: Pelatihan, Googleclassroom, Daring & Perkuliahan

Abstract

Di masa era globalisasi dan kemajuan teknologi, dosen perlu untuk memperoleh pelatihan penggunaan pembelajaran jarak jauh dengan jaringan internet. Pelatihan penggunaan googleclassroom perlu untuk dilakukan terlebih lagi dengan adanya social distancing di masa pandemi covid 19 ini dosen dituntut untuk dapat memberikan perkuliahan secara daring dengan berbagai media pembelajaran online. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dan gratis saat ini adalah googleclassroom. Berdasarkan hasil analisis masalah, banyak dosen belum mengetahui dan kesulitan dalam menggunakan googleclassroom. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan Maret, kegiatan pertama yang dilakukan adalah memberikan orientasi pengenalan tentang penggunaan googleclassroom dalam pembelajaran secara daring dan praktik secara langsung. Selama pelatihan yang memanfaatkan googlecassroom ini, menunjukan respon yang positif dari peserta dosen di STP Mataram terlihat dari partisipasi aktif dari peserta pelatihan ini. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pelatihan ini adalah kemampuan dosen dalam menggunakan komputer/ smartphone, koneksi internet yang lambat, masalah teknis pada laptop dan waktu dan jadwal pelatihan yang masih berbenturan dengan jadwal kegiatan lain maupun kegiatan pribadi masing-masing dosen yang ada di Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram.

References

[1] Asyhar, K. (2012). Kreatif mengembangkan media pembelajaran. Jakarta: Penerbit: Referensi.
[2] Buntoro, G. A., Ariyadi, D., & Astuti, I. P. (2018). Pemanfaatan e-learning quipper school oleh guru dan siswa untuk optimalisasi pembelajaran di MAN 1 Ponorogo. Jurnal Pengabdian Kepada Masi/arakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 3(2), 153-160. doi: 10.22146/jpkm.27404.
[3] Eliana, E. D. S., Senam, S., Wilujeng, I., & Jumadi, J. (2016). The effectiveness of projectbased e-leaming to improve ict literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 51-55.
[4] Kumia, E. D., & Nugroho, Y. E. (2017). Pelatihan pembuatan media pembelajaran aksara jawa bagi guru bahasa jawa sma di kabupaten Rembang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 101-112. doi: 10.30653/002.201722.22.
[5] Muslih. (2016). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT pada lembaga pendidikan non-formal TPQ. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 16(2), 215-234. doi: 10.21580/dms.2016.162.1090.
[6] Putra, I. (2019). “Pelatihan Citation Dan Reference Berbasis Aplikasi Dengan Mendeley Dan Endnote Bagi Dosen Di Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 8(1). doi: 10.47492/jih.v8i1.3.
[7] Sari, S. D. P. (2016). Manfaat media pembelajaran berbasis ICT (information and communication technology) dalam pembelajaran bahasa Indonesia. In N. Suryani (Ed.), Pengembangan ICT dalam Pembelajaran. Paper presented at Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, Pascasarjana Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 28 November 2015 (pp. 115-123). Surakarta: UNS.
[8] Sohibun, S., & Ade, F. Y. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis virtual class berbantuan Google Drive. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 121-129. doi: 10.24042/tadris.v2i2.2177.
Published
2020-09-14
How to Cite
Putra, I., Aryani, G. and Masyhudi, L. (2020) “PELATIHAN GOOGLECLASSROOM SEBAGAI MEDIA PERKULIAHAN ONLINE PADA KELOMPOK DOSEN DI SEKOLAH TINGGI PARIWISATA MATARAM”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(1), pp. 135-140. doi: 10.47492/jih.v9i1.164.
Section
Articles