ANALISIS EFEKTIFITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN PADA PT. PRIMA MULTI TERMINAL

  • Fitri Handayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Kamilah K Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Sistem Informasi Akuntansi, Penggajian dan Pengupahan, Pengendalian Intern.

Abstract

          Sisitem informasi penggajian menjadi hal yang penting sebagai tanggung jawab Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Fungsi utamanya ialah untuk memberikan hak setiap karyawan dalam bentuk gaji atas kontribusi mereka terhadap tempat bekerja/instansi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif yang mana dilakukan dengan cara obsevasi, wawancara, dan dokumentasi yang mana bertujuan untuk menganalisis sistem penggajian dan pengupahan yang telah dilakukan PT Prima Multi Terminal. Sistem penggajian dan pengupahan PT Prima Multi Terminal dalam penerapan sistem informasi akuntansi sudah cukup baik karena di perusahaan ini sudah menggunakan sistem komputerisasi. Beberapa kegiatan dilakukan oleh divisi atau departemen yang berbeda. Dokumen yang digunakan masih belum sesuai karena diperusahaan ini sudah menggunakan sistem komputerisasi. Prosedur dalam sistem penggajian dan pengupahan pada PT Prima Multi Terminal masih terdapat yang tidak sesuai karena pada sistem daftar hadir yang tidak termasuk dalam perhitungan penggajian, pengendalian internal terkait proses penggajian dan pengupahan sudah baik, hal tersebut dapat dilihat pada beberapa kegiatan penggajian yang dilakukan terpisah pada setiap bagian divisi hingga sampai ke rekening karyawan masing-masing.

References

Anastasia, D., & Setiawati, L. (n.d.). Sistem Informasi Akuntansi Aplikasi Konsep Basis Data Relasional pada Sistem Produksi, Pengupahan dan Sumber Daya Manusia. ANDI Yogyakarta.
[2] Anna, M., Sentort, I. W., Ma’ruf, S., & Agusdiwana, S. (2017). Sistem Informasi Akuntansi Teori dan Praktikal. UM Surabaya.
[3] Aprilliadi, T. (2019). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penggajian dalam Upaya Pengendalian Internal Pada Karyawan Outsourcing. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(1), 1–7.
[4] Baridwan, Z. (2021). SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN BERBASIS VB . NET AGUNG KARAWANG Sanggabuana Agung Karawang merupakan penggajian pada PT BPR Sanggabuana Agung masih menggunakan Microsoft Excel , sehingga sering terjadinya kesalahan. Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 15(04), 37–47.
[5] Hidayat, S. (2010). Umum Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Verifikatif. Suska Pres.
[6] Kakasih, G. G., Pangemanan, S. S., & Pinatik, S. (2019). Penerapan Sistem Akuntansi Penggajian (Studi Kasus Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi) Application of Payroll Accounting System (Case Studies At Faculty Economic and Business Sam Ratulangi University). Penerapan… 3059 Jurnal EMBA, 7(3), 3059–3068.
[7] Mursidah, A. A., Nugroho, G. W., & Eriswanto, E. (2020). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penggajian dan Pengupahan (Studi Kasus Pada PT. Pratama Abadi Industri JX). Jurnal Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, September, 34–41.
[8] Nurwani, N., & Safitri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Informasi Akuntansi terhadap Keberhasilan Usaha Kecil Menengah (Studi pada Sentra Dodol di Kec. Tanjung Pura). Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 2(1), 37–52. https://doi.org/10.30596/liabilities.v2i1.3332
[9] Punaji, S. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
[10] Putri, R. A., & Syafina, L. (2018). Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Desktop Dengan Metode Stradis. Jurnal Algoritma, 3(1), 21–30.
[11] Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif,
Published
2022-06-01
How to Cite
Handayani, F. and K, K. (2022) “ANALISIS EFEKTIFITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN PADA PT. PRIMA MULTI TERMINAL”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(1), pp. 397-404. doi: 10.47492/jih.v11i1.1624.
Section
Articles