PENGARUH PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP DESTINATION IMAGE KOTA BOGOR SEBAGAI TUJUAN WISATA KULINER

  • Tiurida Lily Anita Hotel Management Department, Universitas Bina Nusantara
  • Hansel Martanu Hotel Management Department, Universitas Bina Nusantara
Keywords: Destination Image, Persepsi, Wisata Kuliner.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi wisatawan terhadap destination image Kota Bogor sebagai tujuan wisata kuliner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengumpulan data primer melalui penyebaran kuesioner, dan juga pengumpulan data sekunder dengan menganalisa artikel-artikel ilmiah. Populasi penelitian ini diambil dari total wisatawan yang berkunjung ke Kota Bogor. Penetapan sampel diambil menggunakan rumus Slovin, dan teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling. Teknik Analisa digunakan Analisa Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian didapatkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari persepsi wisatawan terhadap destination image Kota Bogor sebagai tujuan wisata kuliner.

References

[1] N. Saqib, “A positioning strategy for a tourist destination, based on analysis of customers’ perceptions and satisfactions: A case of Kashmir, India,” J. Tour. Anal., vol. 26, no. 2, pp. 131–151, 2019, doi: 10.1108/JTA-05-2019-0019.
[2] C. Blankson and S. P. Kalafatis, “The Development and Validation of a Scale Measuring Consumer/Customer-Derived Generic Typology of Positioning Strategies,” J. Mark. Manag., vol. 20, no. 1–2, pp. 5–43, 2004, doi: 10.1362/026725704773041113.
[3] C. Fuchs and A. Diamantopoulos, “Customer-perceived positioning effectiveness: Conceptualization, operationalization, and implications for new product managers,” J. Prod. Innov. Manag., vol. 29, no. 2, pp. 229–244, 2012, doi: 10.1111/j.1540-5885.2011.00892.x.
[4] J. Y. (Jacey) Choe and S. (Sam) Kim, “Effects of tourists’ local food consumption value on attitude, food destination image, and behavioral intention,” Int. J. Hosp. Manag., vol. 71, no. November 2017, pp. 1–10, 2018, doi: 10.1016/j.ijhm.2017.11.007.
[5] W. F. T. Association, “2019 state of the food travel industry report,” 2019. [Online]. Available: https://www.scribd.com/document/435869037/2019-Stat e-of-the-Food-Travel-Industry-FINAL.
[6] C. R. de A. Meneguel, L. Mundet, and S. Aulet, “The role of a high-quality restaurant in stimulating the creation and development of gastronomy tourism,” Int. J. Hosp. Manag., vol. 83, no. October, pp. 220–228, 2019, doi: 10.1016/j.ijhm.2018.10.018.
[7] I. Dinis, O. Simões, C. Cruz, and A. Teodoro, “Understanding the impact of intentions in the adoption of local development practices by rural tourism hosts in Portugal,” J. Rural Stud., vol. 72, no. October, pp. 92–103, 2019, doi: 10.1016/j.jrurstud.2019.10.002.
[8] P. M. K. Moira, “Tourism and Leisure Studies College Students’ Outdoor Exercise Patterns,” J. Tour. Leis. Stud., vol. 2, no. 2, 2017, doi: 10.18848/2470-9336/CGP.
[9] M. Chabib, “Persepsi Perempuan Tentang Penyakit Jantung Koroner Di Puskesmas Jenangan, Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo,” eprints.umpo.ac.id, 2017.
[10] A. Huda, “Persepsi direktur dan tenaga medis terhadap layanan bimbingan rohani Islam dan relevansinya dalam meningkatkan kualitas layanan di RSUD,” eprints.walisongo.ac.id, 2017.
[11] L. Wulan, “Persepsi peserta didik SMP N 14 Bandar Lampung dalam mengenakan hijab,” repository.radenintan.ac.id, 2017.
[12] J. Latif, “Pengaruh persepsi dan preferensi terhadap perilaku pedagang (studi kasus pada pedagang nasabah KSPPS Cahaya Mitra Sejahtera),” eprints.walisongo.ac.id, 2017.
[13] A. Winahyu, S. S., Sudaryanto, & Subagio, “Pengaruh Citra Destinasi, Nilai Persepsi Dan Kualitas layanan Terhadap City Branding Melalui Loyalitas Wisatawan yang Berkunjung Ke Jember,” Manajemen, Fak. Ekon. dan Bisnis, Univ. Jember, 2016.
[14] B. Kim and J. Kim, “The rise of a new tourism destination: How did Vladivostok become the closest Europe for Korean tourists?,” J. Eurasian Stud., vol. 11, no. 2, pp. 117–132, 2020, doi: 10.1177/1879366520920639.
[15] H. Jang and M. Park, “Social media, media and urban transformation in the context of overtourism,” Int. J. Tour. Cities, vol. 6, no. 1, pp. 233–260, 2020, doi: 10.1108/IJTC-08-2019-0145.
[16] A. Hanif and A. K. M. K. Mawardi, “Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Wisatawan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan ( Studi pada Wisatawan Nusantara yang Berkunjung ke Kota Batu ),” J. Adm. Bisnis, vol. 38, no. 1, pp. 44–52, 2016.
[17] F. Destari, “Meningkatkan Intention To Revisit Melalui Keunikan Jasa Pariwisata & Destination Image,” J. Manaj. dan Kearifan Lokal Indones., vol. 1, no. 1, p. 44, 2017, doi: 10.26805/jmkli.v1i1.4.
[18] N. Anindhita, “the effect of public perception on destination image in Jakarta City ( Pengaruh Persepsi Publik terhadap Destination Image Kota Jakarta),” Diakom J. Media dan Komun., vol. 2, no. 1, pp. 91–97, 2019, doi: 10.17933/diakom.v2i1.39.
[19] syuli suryo Winahyu, “Pengaruh Citra Destinasi , Nilai Persepsi Dan Kualitas layanan Terhadap City Branding Melalui Loyalitas Wisatawan yang Berkunjung Ke Jember ( The Influence Of Destination Image , Perceived Value And Service Quality Toward City Branding Through The Loyalty,” 2015.
[20] H. Setiawan, “Keterkaitan Antara Citra Destinasi, Persepsi Nilai Pengalaman Dan Kepuasan Wisatawan Kuliner,” Mix J. Ilm. Manaj., vol. 8, no. 3, p. 523, 2018, doi: 10.22441/mix.2018.v8i3.005.
[21] [Sugiyono., Metode Penelitian Bisnis (pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2013.
[22] I. Ghozali, Desain Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif untuk Akuntansi, Bisnis dan Ilmu Sosial Lainnya. Semarang: Yoga Pratama, 2016.
[23] J. F. Hair, W. C. Black, B. J. Babin, R. E. Anderson, and R. L. Tatham, Cluster Analysis. Multivariate data analysis. 2018.
Published
2022-06-01
How to Cite
Anita, T. and Martanu, H. (2022) “PENGARUH PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP DESTINATION IMAGE KOTA BOGOR SEBAGAI TUJUAN WISATA KULINER”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(1), pp. 297-306. doi: 10.47492/jih.v11i1.1613.
Section
Articles