PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK UNTUK PEMASARAN BISNIS DIGITAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI

  • Yani Sri Mulyani Universitas BSI Kampus Kota Tasikmalaya
  • Taufik Wibisono Universitas BSI Kampus Kota Tasikmalaya
  • Agung Baitul Hikmah Universitas BSI Kampus Kota Tasikmalaya
Keywords: Media Social, Pemasaran,Bisnis Digital, Aplikasi Tik Tok.

Abstract

Perkembangan cepat teknologi informasi saat ini yang umumnya dikenal sebagai jejaring sosial atau media, setiap hari kita tidak melihat siapa pun yang tidak menggunakan teknologi dewasa ini untuk anak -anak, bahkan ada istilah untuk penggunaan teknologi ini. , terutama dunia di tangan kita, teknologi datang dalam bentuk perangkat lunak seperti Internet, Facebook, Twitter, WhatsApp, Tik Tok dan perangkat keras, seperti laptop, telepon, dll. Saat ini orang menggunakan perangkat Tik Tok menjadi kreatif dan menjelaskan penjelasan tentang sesuatu. Melalui tayangan film,gambar dan lagu yang ditampilkan, perangkat ini memfasilitasi informasi dan dapat ditransmisikan dan dapat menjelaskan stimulasi bagi mereka yang melihatnya, meniru / menyebarluaskannya. Orang -orang Indonesia, terutama komunitas Tasikmalaya, yang telah menggunakan sebagian besar Internet, adalah pangsa pasar yang menjanjikan bagi manajemen untuk mempromosikan produk -produknya menggunakan jejaring sosial, terutama Tik Tok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan rnf.creation dalam memasarkan bisnis digitalnya menggunakan jejaring sosial Tik Tok. Metode observasi yang dimanfaatkan dalam penelitian di sini. menggunakan observasi kualitatif dengan strategi deskriptif dan teknik pengumpulan files melalui tanya jawab dan penyimpanan files. Metode analisis files pada penelitian ini diaplikasikan setelah data dihasilkan melalui Tanya jawab kemudian dalam penyimpanan files -Depth. Kemudian, files dianalisis saling terkait untuk memperoleh praduga  sementara dan mendapatkan  simpulan.Observasi yang diperoleh ternyata rnf.creation telah memanfaatkan media sosial dalam pemasarankan bisnisnya nya di Instagram sehingga secara perlahan mulai dikenal dan banyak followernya dalam memasarkan produknya dengan menggunakan Bisnis Digital sehingga hal ini sangat memudahkan pengguna media sosial untuk melihat-lihat produknya yang di post di Instagram nya serta memanfaatkan akun tiktok sebagai media promosi dalam menarik pelanggan di media social sehingga hal ini akan berimbas pada penambahan income per bulan nya.

References

[1] Hasiholan, dkk. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan Di Indonesia Untuk Pencegahan Corona Covid-19. Communiverse : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(3 juni).
[2] Hidayah N. (2018). Analisis Strategi Digital Marketing Dalam Membantu Penjualan Living Space Dan Efo Store. Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.
[3] Kaplan, .M dan Haenlein, M. (2010). Users of the world, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons.
[4] Merril, T., Latham, K. Santalesa R, N., & D. (2011). Social Media : The Business Benefit May Be Enermous, But Can The Risks Reputation, Legal,. Operational Bemitigated Information Law Group.
[5] Pamungkas, dan Z. (2016). Pengaruh Of, Promosi Di Media Sosial Dan Word Pembelian., Mouth Terhadap Keputusan. Jurnal Komunikasi, 10(2), 145–160. https://doi.org/10.21107/ilkom.v10i2.251%0A8%0D
[6] Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. PT. Gramedia Pustaka Utama.
[7] Ruth, D., & Candraningrum, D. A. (2020). Pengaruh Motif Penggunaan Media Baru TikTok terhadap Personal Branding Generasi Milenial di Instagram. Koneksi, 4(2), 207. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/kn.v4i2.8093
[8] Siaha Widodo, A. (2018). Peran Internet Dalam Meningkatkan Jumlah Pekerja Lepas Di Indonesia. NYIMAK : Journal of Communication, 3(2), 97–202. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/nyimak.
[9] Susilowati. (2018). Pemanfaatan Aplikasi TikTok Sebagai Personal Branding Di Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @bowo_allpennliebe). Jurnal Komunikasi, 9(2), 176–185.
[10] Tjiptono, F. (2011). Strategi Pemasaran (3rd ed.). ANDI.
[11] Virgina Putri. (2022). Ini Aplikasi Terpopuler Tahun 2021, Diunduh 656 Juta Kali! Baca artikel detikinet, “Ini Aplikasi Terpopuler Tahun 2021, Diunduh 656 Juta Kali!” selengkapnya https://inet.detik.com/mobile-apps/d-5880165/ini-aplikasi-terpopuler-tahun-2021-diunduh-656-juta-k. Https://Inet.Detik.Com/. https://inet.detik.com/mobile-apps/d-5880165/ini-aplikasi-terpopuler-tahun-2021-diunduh-656-juta-kali
[12] https://inet.detik.com/mobile-apps/d-5880165/ini-aplikasi-terpopuler-tahun-2021-diunduh-656-juta-kali.
Published
2022-06-01
How to Cite
Mulyani, Y., Wibisono, T. and Hikmah, A. (2022) “PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK UNTUK PEMASARAN BISNIS DIGITAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(1), pp. 291-296. doi: 10.47492/jih.v11i1.1612.
Section
Articles