PENGUNAAN GOOGLECLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PARIWISATA PADA MAHASISWA PARIWISATA STP MATARAM

  • Ida Nyoman Tri Darma Putra Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Gusti Ayu Meri Aryani Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • lalu masyhudi Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
Keywords: Pemebelajaran, Bahasa, Googleclassroom & Pariwisata

Abstract

Metode pembelajaran mengalami perubahan seiring perkembangan informasi dan teknologi khususnya pada perkembangan teknologi dalam penggunaan gadget dan internet. Di Indonesia saat ini salah satu metode pembelajaran online yang paling sering digunakan adalah google classroom. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengidentifikasi bagaimana respon mahasiswa di Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram terhadap pembelajaran Bahasa Inggris Pariwisata menggunakan Google Classroom. Sebanyak 120 mahasiswa program studi S1 Pariwisata merupakan sampel dalam penelitian ini. Adapaun aspek yang diteliti dalam penelitian ini adalah aspek (Google Classroom Ease of Access) kemudahan dalam mengakses pembelajaran Google classroom, (google classroom perceived usefulness) kegunaan, (google classroom communication and interaction) komunikasi dan interaksi, (learners’satisfaction) kepuasan mahasiswa dalam pembelajaran google classroom. Kesimpulan dari hasil penelitian menujukan bahwa respon mahasiswa di STP mataram dalam pembelejaran Bahasa Inggris Pariwisata dengan Googleclassroom menunjukan respon yang positif hal ini terlihat dari nilai rerata skor pada setiap aspek memiliki skor > 3.00 pada sebagai besar item kuesioner. 

References

Agarwal, H., & Pandey, G. N. (2012). Impact of E-Learning in Education. International Journal of Science and Research (IJSR).

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Beal, V. (2017). Google Classroom. Retrieved Juni 2nd, 2020, from Webopedia: http://www.webopedia.com/TERM/G/google-classroom.html.

Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Los Angeles: SAGE Publications. Inc.

Guri-Rosenblit, S. (2005). ‘Distance education' and ‘e-learning': Not the same thing. Springer.

Iftakhar, S. (2016). Google Classroom: What Works and How? Journal of Education and Social Sciences, Vol. 3, 7.

Janzen, M. (2014). Hot team: Google Classroom. Retrieved Juni 2nd, 2020 from http://tlt.psu.edu/2014/12/04/hot- team-google-classroom/.

Nagele, N. (2017). Udemy. Retrieved Juni 2nd, 2020, from Udemy.com: https://www.udemy.com/googleclassroom/.

Pappas, C. (2015, August 20). Google Classroom Review: Pros and Cons Of Using Google Classroom In eLearning. Retrieved Juni 2nd, 2020 from elearningindustry: https://elearningindustry.com/google-classroom-review-pros-and-cons-of-using-google-classroom-in-elearning.

Perez, P. (2015, 9 28). securedgenetworks. Retrieved Juni 2nd, 2020 from https://www.securedgenetworks.com/blog/how-google-classroom-is-making-interactive-learning-more-productive.

Putra, I.N.T.D. (2019). Analisis Attitude Mahasiswa Hospitality Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram Terhadap Implementasi Computer-Assisted Language Learning. Retrieved April 25, 2020 from http://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI.

Sangra, A., Vlachopoulos, D., & Cabrera, N. (2012). Building an inclusive definition of e-learning: An approach to the conceptual framework. Retrieved Mei 23rd , 2020 from http://www.irrodl.org/index.php/irrodl/article/view/1161.

Sari, S. D. P. (2016). Manfaat media pembelajaran berbasis ICT (information and communication technology) dalam pembelajaran bahasa Indonesia. In N. Suryani (Ed.), Pengembangan ICT dalam Pembelajaran. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, Pascasarjana Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 28 November 2015 (pp. 115-123). Surakarta: UNS.

Shaharanee, I. N., Jamil , J. M., & Rod, S. S. (2016). Google Classroom As a Tool For Active Learning. AIP Conference Proceedings.

Stockley, D. (1996-2017). E-learning Definition and Explanation (Elearning, Online Training, Online Learning). Retrieved Juni 2nd, 2020 from www.derekstockley.com.au: http://www.derekstockley.com.au/elearning- definition.html.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tileston. (2003). The Importance of Media in the Classroom. SAGE Publishing.

Wijaya, A. (2016). Anlysis of Factors Affecting the Use of Google Classroom to Support Lecturers. The 5th ICIBA 2016, International Conference on Information Technology and Engineering Application, (61-68). Palembang-Indonesia.

Published
2020-09-07
How to Cite
Putra, I., Aryani, G. and masyhudi, lalu (2020) “PENGUNAAN GOOGLECLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PARIWISATA PADA MAHASISWA PARIWISATA STP MATARAM”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(1), pp. 125-134. doi: 10.47492/jih.v9i1.161.
Section
Articles