FAKTOR - FAKTOR E-COMMERCE YANG MEMENGARUHI TINGKAT KONSUMERISME DI JAKARTA

  • Abdulah Rakhman Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta
  • Hansel Wirianto Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta
  • Liaw Bunfa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta
  • Hafizah Rifiyanti Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957, Jakarta
Keywords: E-Commerce, UI/UX, Promo, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Privasi, Kepercayaan, Konsumerisme.

Abstract

Pengguna internet di Indonesia semakin besar dan pertumbuhannya sangat pesat. Demikian pula jumlah pembelanjaan secara daring melalui pasar daring atau yang dikenal juga sebagai e-commerce tumbuh dengan pesat di Indonesia. Ditemukan bahwa jumlah pengunjung e-commerce di Indonesia dapat mencapai ratusan juta kunjungan per bulannya, dua diantaranya yaitu Tokopedia dan Shopee. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor dari e-commerce yang dapat memengaruhi pola konsumtif masyarakat Indonesia terutama di Jakarta. Variabel bebas dalam tesis ini adalah variabel antarmuka pengguna (User Interface/UI) yaitu tampilan dari sistem atau aplikasi yang digunakan, dan pengalaman pengguna (User Experience/UX) yaitu pengalaman yang didapatkan saat menggunakan aplikasi atau kedua hal ini biasa disebut UI/UX, promo online, persepsi kemudahan penggunaan, privasi, dan variabel kepercayaan. Tesis ini membahas pengaruh variabel bebas tersebut terhadap konsumerisme. Metode analisa penelitian ini bersifat deskriptif dengan melakukan survei secara daring dengan pembagian kuesioner menggunakan google form. Responden penelitian ini sebanyak 240 orang yang pernah berbelanja pada e-commerce. Hipotesis penelitian menggunakan model analisis regresi linier berganda dan diolah menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan variabel UI/UX, promo, privasi, dan kepercayaan berpengaruh positif terhadap tingkat konsumerisme pada pengguna e-commerce di Jakarta, sementara variabel persepsi kemudahan penggunaan tidak berpengaruh signifikan terhadap konsumerisme

References

[1] Aboubaker, Ettis, S. (2017). Examining the relationships between online store atmospheric color, flow experience and consumer behavior. Journal of Retailing and Consumer Services, 37(March), 43–55.
[2] Beldad, A., de Jong, M., & Steehouder, M. (2010). How shall I trust the faceless and the intangible? A literature review on the antecedents of online trust. Computers in Human Behavior, 26(5), 857–869.
[3] Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. Management Information System Quarterly, 319-340.
[4] Dawson, S., & Kim, M. (2010). Cues on apparel web sites that trigger impulse purchases. Journal of Fashion Marketing and Management, 14(2), 230–246. https://doi.org/10.1108/13612021011046084
[5] Ghosh, Anup K. (2012). E-Commerce Security and Privacy. Berlin: Springer Science & Business Media
[6] Halim, Cipta. (2013). Tip Praktis: Promosi Online untuk Berbagai Event. Jakarta: Elex Media Komputindo
[7] Hansen, J. M., Saridakis, G., Benson, V., Hansen, J. M., & Saridakis, G. (2017). Risk , Trust , and the Interaction of Perceived Ease of Use and Behavioral Control in Predicting Consumers ’ Use of Social Media for Transactions. Computers in Human Behavior.
[8] Karami, M., Khan, S.-U.-R., Saeidi, S. P., Saeidi, P., & Saeidi, S. P. (2012). The effects of online shopping factors on customers repur,hase intention in Malaysia. 2(Mcmc), 211–215.
[9] Kim, D. J. (2014). A Study of the Multilevel and Dynamic Nature of Trust in E-Commerce from a Cross-Stage Perspective. International Journal of Electronic Commerce, 19(1), 11–64.
[10] Kiseleva, E. M., Nekrasova, M. L., Mayorova, M. A., Rudenko, M. N., & Kankhva, V. S. (2016). The Theory and Practice of Customer Loyalty Management and Customer Focus in the Enterprise Activity. 6, 95–103.
[11] Kotler, Phillip, & Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management. 15ed Global edition. Pearson International Edition.
[12] Kucuk, S. U. (2016). Consumerism in the Digital Age. Journal of Consumer Affairs, 50(3), 515–538.
[13] Liu, G.-S., & Tai, P. T. (2016). A Study of Factors Affecting the Intention to Use Mobile Payment Services in Vietnam. Economics World, 249-273.
[14] Manning, G. L., Ahearne, M., & Reece, B. L. (2015). Selling today: Partnering to create value. Toronto: Pearson
[15] Marcus, Aaron & Wang, Wentao. (2019). Design, User Experience, and Usability. Practice and Case Studies: 8th International Conference, DUXU 2019, Held as Part of the 21st HCI International Conference, HCII 2019, Orlando, FL, USA, July 26–31, 2019, Proceedings, Part IV. Berlin: Springer
[16] Maulana, H. A., & Asra, Y. (2019). Analisa Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce oleh Generasi Z di Daerah Pedesaan. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 7(2), 162-165.
[17] McKnight, D. H., Choudhury, V., & Kacmar, C. (2002). Developing and Validating Trust Measures for e-Commerce: An Integrative Typology. Information Systems Research, 13(3), 334–359.
[18] Nur, Vincentiar, P., & Permana, D. (2019). Buying Intention through User Interface Design. European Research Studies Journal, XXII(Issue 3), 470–479.
[19] Oly, Ndubisi N., Har Lee, C., & Cyril Eze, U. (2011). Analyzing key determinants of online repurchase intentions. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 23(2), 200–221.
[20] Satzinger, John W., Jackson, Robert B., Burd, Stephen D. (2008). System Analysis and Design in a Changing World. Boston: Cengage.
[21] Setiadi, Nugroho J. (2015). Perilaku Konsumen: Edisi Revisi. Jakarta: Kencana
[22] Shafinazh, Namira. (2020). Pengaruh Promo Shopee Tanggal – Tanggal Istimewa terhadap Minat Beli Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatra Utara [Skripsi]. Medan: Universitas Sumatra Utara
[23] Shneiderman, Ben., Plaisant, Catherine. Cohen, Maxine., Jacobs, Steven., Elmqvist, Niklas. (2016). Designing the User Interface: Strategies for Effective Human-Computer Interaction Sixth Edition. London: Pearson
[24] Sobh, Tarek. (2008). Advances in Computer and Information Sciences and Engineering. Berlin: Springer Science & Business Media
[25] Soedjatmiko, Haryanto. (2007). Saya Berbelanja Maka Saya Ada: Ketika Konsumsi Dan Desain Menjadi Gaya Hidup Konsumeris. Yogyakarta: Jalasutra.
[26] Wearesocial.com. (2020). Digital in 2020. Diakses pada 7 Mei 2020 dari https://wearesocial.com/digital-2020.
[27] Wells, J. D., Parboteeah, D. V., & Valacich, J. S. (2011). Online impulse buying: Understanding the interplay between consumer impulsiveness and website quality. Journal of the Association for Information Systems, 12(1), 32–56.
[28] Wen, C., Prybutok, V. R., Xu, C., & Wen Victor Prybutok Chenyan Xu, C. R. (2011). The Keep An Integrated Model For Customer Online Repurchase Intention An Integrated Model For Customer Online Repurchase Intention
[29] Xu, Y., & Huang, J. S. (2014). Effects of price discounts and bonus packs on online impulse buying. Social Behavior and Personality, 42(8), 1293–1302. https://doi.org/10.2224/sbp.2014. 42.8.1293.
Published
2022-06-01
How to Cite
Rakhman, A., Wirianto, H., Bunfa, L. and Rifiyanti, H. (2022) “FAKTOR - FAKTOR E-COMMERCE YANG MEMENGARUHI TINGKAT KONSUMERISME DI JAKARTA”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(1), pp. 245-258. doi: 10.47492/jih.v11i1.1608.
Section
Articles