PENGENALAN BISNIS DIGITAL BAGI GENERASI MUDA DALAM MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA MA ISHLAHUL ATHFAL RUMAK (INTRODUCTION DIGITAL BUSINESS FOR GROWING ENTREPRENEURSHIP TO MA ISHLAHUL ATHFAL RUMAK STUDENTS)
Abstract
Generasi milenial memiliki peran penting dalam perkembangan bisnis digital dan memilki peran untuk menajukan perekonomian di Indonesia. Adanya bisnis digital membantu mengurangi angka pengangguran di Indonesia yang merupakan indikator peningkatan perekonomian. Perkembangan teknologi mejadi peluang bagi kaum milenial untuk mengembangkan berbagai bisnis berbasis digital. Bisnis digital telah menjadi gaya hidup masyarakat era modern dan kaum muda harus menjadikannya peluang dengan memanfaatkan gadget yang dimiliki. Penyuluhan ini bertujuan memberikan wawasan bagi siswa tingkat SMA untuk mendapatkan pengetahuan mengenai apa itu bisnis digital dan dan jenis saha apa saja yang bisa dimanfaatkan oleh siswa untuk memulai bisnis digital. Dari hasil diskusi yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki keterbatasan informasi mengenai apa yang dimaksud dengan bisnis digital, selain itu siswa memiliki pemikiran bahwa bisnis itu membutuhkan modal yang besar sehingga ide untuk sebuah usaha tidak muncul di benak siswa.
References
[2] Fortuna, F. (2021). KEWIRAUSAAAN DIGITAL UNTUK MEMPERTAHANKAN BISNIS DI ERA DIGITAL. Universitas Muhammadiyah Malang. https://bacamalang.com/kewirausahaan-digital-untuk-mempertahankan-bisnis-di-era-globalisasi/
[3] Gunawan, A., & Hazwardy, D. (2020). Pelatihan Digital Entrepreneurship untuk Mewujudkan Generasi Milenial Berjiwa Wirausaha. Abdimas Dewantara, 3(1), 81. https://doi.org/10.30738/ad.v3i1.4311
[4] Mukhyar, Refika, Candra, E., Nurhasanah, H., & Wardana, A. (2020). Menumbuhkan Literasi Enterprneurship pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ar-Ribhu Ekonomi Syariah, 3(2), 132–168. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Ar-Ribhu
[5] Musnaini, Wijoyo, H., Indrawan, I., & Syahtriatna. (2020). DIGIPRENEURSHIP (KEWIRAUSAHAAN DIGITAL) (Issue July). CV. Pena Persada.
[6] Purwaningtias, D., Nasihin, M., & Diaz Arizona, N. (2020). e-Bussines konsep dasar E- busines di era digital (cetakan 1). Graha ILmu.
[7] Ridani Gusti. (2019). 10 Kesalahan yang harus dihindari saat memulai bisnis online. https://www.brilio.net/wow/10-kesalahan-yang-harus-dihindari-saat-memulai-bisnis-online-191002t.html
[8] Sobari, I. S. (2020). Membangun Jiwa Kewirausahaan Di Era Milenial Bagi ahasiswa Institut Stiami Kampus Tangerang Selatan. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 140–144.
[9] [9] Tri Utami, R. (2022). Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pengenalan Digitalisasi Dalam Kegiatan Kewirausahaan PKBM Insan Mandiri Gemilang Kota Tangerang. Jurnal Abdimas, 2(1), 1–9. https://journals.insightpub.org/index.php/jpm.