STRATEGI MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK DI MTS. AL-MA’ARIF KOTA PONTIANAK

  • Siti Hanifah INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PONTIANAK
Keywords: Strategi Manajemen Kepala Madrasah, Perstasi Akademin & Non Akademik

Abstract

Strategi manajemen kepala Madrasah di MTs Al-Ma’arif kota Pontianak dengan melalukan evaluasi KBM setiap bulan melalui rapat guru dan evaluasi progran kerja guru seperti di supervisi perangkat mengajar sehingga membuat rencana kerja harian untuk tindak lanjur kedisiplinan kinerja guru dalam memantau dan meningkatkan kinirja waka kurikulum, kepala Mdarasah sebagai  pemimpin dalam meningkatkan mutu input pendidikan di Madrasah melalui pemberdayakan keterlibatan dan kepedulian warga madrasah dan organisasi atau instransi terkait melalui komunikasi dan koordinasi yang baik, Prestasi akademik, dilakukan kepala madrasah dengan memotivasi kerja dan meningkatkan disiplin tengan pendidik dalam mengoptimalkan proses pembelajaran sehingga  prestasi non-akademik, dilakukan kepala madrasah dengan mengikutsertakan dan saling bekerja sama dengan tenaga pendidik dan kependidikan dalam menerapkan pendekatan pembiasaan dalam membentuk prilaku siswa dan melaksanakan kegiatan ekstra berupa private membaca Al-Quran dan pramuka, faktor yang mempengaruhi Strategi manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi akademik dan non akademik dimana dalam kegiatan ini, guru juga berperan penting dalam pelaksanaan nya. Namun tidak hanya itu habatan karena sekolah masuknya sore maka hambatan yang ada itu, namun dapat teratasi dengan baik.

References

[1] Alben Ambarita, 2015, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Yongyakarta,Graha Ilmu
[2] Eddy Yunus, 2016 Menejemen Strategi, Yokyakarta; CV.AndiPres
[3] Fatchiah E. Kertamuda, 2015. On Becoming A Leader. Yogyakarta; Ghaha Ilmu.
[4] Mulyadi, 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Mutu, Malang: UIN-Maliki Press
[5] Mulyasa, 2015. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta; Bumi Aksara
[6] Peter G. Northouse, 2013. Kepemimpinanan Teori dan Praktek. Jakarta; PT Indeks
[7] Ridwa Abdullah Sani dan Isda Pramuniarti dkk, 2015. Penjaminan Mutu Sekolah. Jakarta; PT. Bumi Aksara
[8] Suharsimin Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta; Anggota IKAPI
[9] Vaithzal Rivai dan Sylviana Murni, 2009. Education and Management. Jakarta; PT. Rajagrapindo Persada
[10] Veithaza Rival Zainal ,Muliaman Darmansyah Hadad,Mansur Ramly, 2014 Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi, Jakarta, Rajawali Press.
Published
2022-06-01
How to Cite
Hanifah, S. (2022) “STRATEGI MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK DI MTS. AL-MA’ARIF KOTA PONTIANAK”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(1), pp. 211-222. doi: 10.47492/jih.v11i1.1603.
Section
Articles