BIMTEK MANAJEMEN KEUANGAN PEDAGANG CENDERAMATA KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) MANDALIKA KUTA LOMBOK TENGAH

  • Mahsun Mahsun Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • I Ketut Bagiastra Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Primus Gadu Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
Keywords: KEK Mandalika, SDM, Pedagang, Cenderamata.

Abstract

Program ini difokus pada kelompok pedagang cenderamata Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Kuta Lombok dengan tujuan memberdayakan masyarakat ekonomi kecil produktif. Sedangkan pelaksanaan program  didasari oleh beberapa permasalahan yang dihadapi yaitu: rendah dan lemahnya pemahaman dan kemampuan administrasi pengelolaan keuangan pencatatan (transaksi keuangan secara kronologis menurut urutan waktu dan sistematik menurut cara-cara pembukuan).

Merujuk pada permasalahan mitra di atas, kemudian Tim bersama-sama mitra menyusun dan atau merumuskan beberapa solusi strategis yaitu: Pelatihan dan pendampingan pengenalan dan arti pentingnya rencana bisnis dalam organisasi bisnis atau perusahaan serta hal-hal yang perlu ada dalam pembukuan organisasi atau perusahaan dan pendampingan tentang pembuatan tatacara pencatatan laporan keuangan, transaksi pengeluaran, pemasukan, estimasi arus kas, membuat buku rugi laba. Materi pelatihan dilengkapi dengan format dan alur pembukuan sederhana.

Atas dasar solusi strategis yang ditawarkan maka tersusun target luaran kegiatan ini antara lain: Mitra memiliki pemahaman tentang pembukuan dan Transaksi, prinsip-prinsip pencatatan menurut cara-cara tertentu (sistematis), dicatat menurut urutan waktu/urutan tanggal (kronologis), memberikan informasi yang jelas (kapan tanggalnya, diterima atau dibayarkan, jumlahnya berapa), dapat dipertanggungjawabkan, memiliki kemampuan secara mandiri mengisi form pembukuan sederhana dengan mengikuti contoh yang telah diberikan. Program PKM ini melalui solusi-solusi yang ditawarkan diharapkan mampu memberikan kontribusi positif bagi penguatan Sumber daya Manusia Mitra dan peningkatan pendapatan (omset) penjualan.

References

[1] Ander Sriwi, I Nyoman Sudira, Ni Putu Eka Maha Dewi. 2016. Strategi Pengembangan Kuta Lombok Sebagai Destinasi Pariwisata. Jurnal IPTA. ISSN. 2338-8633. Vol.4. No.1, 2016. Denpasar. Fakultas Pariwisata UNUD. Bali
[2] Fandy, Tjiptono. 2008. Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta :Andi.
[3] https://nasional.kompas.com/read/2017/1020/10533451/jokowi-resmikan-kawasan-ekonomi-khusus-mandalika). Downloaded and citied on Monday, 26th March 2018 at 11.30a.m
[4] http://www.kompasiana.com/maizulackbar/keramah-tamahan-dan-sopan-santun-adalah-jati-diri-bangsa-indonesia-paling-indonesia_5500bfc9a333114e75511bc2 Downloaded and citied on Monday, 26th March 2018 at 11.30a.m
[5] www.lomboktf.blogspot.com. 2017. Lombok Tourism Forum.Dowloaded and citied on 8th Juni 2017
[6] Khalik, Wahyu, 2014. Kajian Kenyamanan dan Keamanan Wisatawan di Kawasan Pariwisata Kuta Lombok. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA),Vol. 01, No. 1, Denpasar: Program Magister Kajian Pariwisata. Program Pascasarjana, Universitas Udayana.
Published
2019-12-10
How to Cite
Mahsun, M., Bagiastra, I. and Gadu, P. (2019) “BIMTEK MANAJEMEN KEUANGAN PEDAGANG CENDERAMATA KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) MANDALIKA KUTA LOMBOK TENGAH”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 8(2), pp. 87-94. doi: 10.47492/jih.v8i2.15.
Section
Articles