STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ASTON HOTEL KUPANG DALAM MENINGKATKAN MINAT PENGUNJUNG DI MASA PANDEMI COVID-1

  • I Putu Budiarta Politeknik Negeri Bali
  • Solihin Solihin Politeknik Negeri Bali
  • I Wayan Basi Arjana Politeknik Negeri Bali
  • I Ketut Suja Politenik Negeri Bali
Keywords: Covid-19, Komunikasi Pemasaran &Meningkatkan Minat Pengunjung

Abstract

Saat ini pandemi Covid-19 telah membawa dampak yang sangat besar pada penurunan perekonomian masyarakat di Indonesia bahkan seluruh dunia. Covid- 19 telah merubah tatanan kehidupan masyarakat termasuk para pelaku bisnis salah satunya pada jasa perhotelan. Aston Hotel merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa perhotelan dan salah satu hotel yang terkena dampak oleh pandemi Covid-19. Dalam mencapai suatu kesuksesan Aston Hotel telah menyiapkan beberapa strategi komunikasi pemasaran sebelum memasarkan produknya agar dikenal oleh masyarakat bahkan meningkatkan minat masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Aston Hotel dalam meningkatkan minat pengunjung di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini, dilakukan setelah data-data diperoleh melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Kemudian data-data tersebut dipilih dengan data yang penting dan tidak relevan dari data yang telah dikumpulkan, dianalisis secara saling berhubungan untuk mendapatkan dugaan sementara dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Aston Hotel di masa pandemi Covid-19 sudah mengacu kepada 4P yaitu Product, Price, Place, dan Promotion. Di masa pandemi Covid-19 Aston Hotel sudah menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah, gencar melakukan sales call dan telemarketing, mengadakan promosi disetiap bulannya dan juga melakukan jalinan kerjasama dengan pihak lain dalam upaya mempromosikan Aston Hotel kepada perusahaan, instansi pemerintahan, travel agent baik di offline travel agent maupun di online travel agent (OTA) untuk meningkatkan minat pengunjung.

Published
2021-12-16
How to Cite
Budiarta, I., Solihin, S., Basi Arjana, I. and Suja, I. (2021) “STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ASTON HOTEL KUPANG DALAM MENINGKATKAN MINAT PENGUNJUNG DI MASA PANDEMI COVID-1”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 10(2), pp. 161-168. doi: 10.47492/jih.v10i2.1086.
Section
Articles