MENYELIDIKI KESALAHAN PENGUSAHA HOTEL DALAM MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA ASING DI SUDAMALA RESORT SENGGIGI

  • I Gede Widya Suputra Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
Keywords: Hotelier, Error, Error Analysis & Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing.

Abstract

Penelitian ini berjudul Investigating Hoteliers' Errors in Using English as a Foreign Language at Sudamala Resort Senggigi. Tpenelitiannya berusaha untuk mengetahui (1) jenis kesalahan yang dibuat oleh pelaku bisnis perhotelan dalam tulisan mereka, dan (2) untuk mengetahui mengapa kesalahan global dilakukan oleh pelaku bisnis perhotelan selama menulis bahasa Inggris. Penelitian ini dirancang sebagai studi kasus. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Cara pertama melalui proyek menulis, cara kedua melalui kuesioner, dan cara ketiga melalui wawancara. Proyek penulisan digunakan untuk mengumpulkan data tentang kesalahan para pelaku bisnis perhotelan dalam menulis. Kuesioner dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data tambahan tentang bagaimana para pelaku bisnis perhotelan belajar bahasa Inggris dalam kehidupan mereka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada 100 kesalahan dibuat oleh para pelaku bisnis perhotelan. Semua kesalahan dikategorikan ke dalam lima jenis: 1. kesalahan penghilangan (40 kesalahan atau 40%), 2. kesalahan informasi yang salah (35 kesalahan atau 35%), 3. kesalahan kesalahan susunan (10 kesalahan atau 10%), 4. kesalahan generalisasi yang berlebihan (5 kesalahan atau 5%), dan 5. kesalahan global (10 kesalahan atau 10%). Dalam hal kesalahan global, peneliti menemukan bahwa sebagian besar kesalahan global terjadi karena beberapa karyawan menulis dalam bahasa Inggris melalui 'penerjemahan yang berlebihan'. Selain itu, kesalahan global juga terjadi karena kurangnya informasi tentang struktur kalimat bahasa Inggris dan tata bahasa Inggris.

References

[1] Brown, H. Douglas. 2007. Prinsip Belajar dan Mengajar Bahasa. AS: Universitas Negeri San Francisco.
[2] Elis, Rod. 1997. Pemerolehan Bahasa Kedua. New York : Universitas Oxford Longman Group, Ltd.
[3] Elis, Rod. 1997b. Akuisisi Bahasa Kedua: Oxford Introduction to Language Studi : Editor Seri HG Widdowson. New York: Pers Universitas Oxford.
[4] Empedu, Meredith D, Empedu., Empedu, Joyce P., Bobg, Walter R. (2003). pendidikan Penelitian: Sebuah Pengantar Edisi Ketujuh. Boston: Pendidikan Pearson.
[5] Richard, JC Platt, J. & Platt, H. (1992). Kamus bahasa dan linguistik terapan: Inggris: Longman.
[6] Richards, Jack. 1985. Kamus Longman Linguistik Terapan. Inggris: Longman.
[7] Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta : Bandung.
[8] Suputra, I Gede Widya, IK Seken, dan IG Budasi. 2013. “Menyelidiki Tulisan Siswa di Sekolah Menengah Atas di Singaraja: Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing oleh Pembelajar”. Program E-Journal Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha (Vol 1).
Published
2021-12-16
How to Cite
Widya Suputra, I. (2021) “MENYELIDIKI KESALAHAN PENGUSAHA HOTEL DALAM MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA ASING DI SUDAMALA RESORT SENGGIGI”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 10(2), pp. 139-146. doi: 10.47492/jih.v10i2.1070.
Section
Articles