POTENSI PENGEMBANGAN DESTINASI PANTAI IMPOS DI KABUPATEN LOMBOK UTARA

  • Umratul Aini Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Syech Idrus Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • M Jumail Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
Keywords: Potensi Pengembangan, Destinasi Wisata, & Kabupaten Lombok Utara

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Potensi dan Pengembangan Destinasi Wisata Pantai Impos di Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi apa saja yang dimiliki destinasi wisata pantai Impos, pengembangan destinasi wisata pantai Impos, serta permasalahan apa saja yang dihadapi dalam mengembangkan destinasi wisata pantai Impos di kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini disajikan secara deskriptif yaitu menggambarkan dari informasi tentang destinasi wisata pantai Impos. Metode pengumpulan data yang diajukan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Bahwa: obyek wisata pantai Impos adalah salah satu obyek wisata yang sangat potensial untuk dikembangkan di kabupaten Lombok Utara. Dalam pengembangan destinasi wisata pantai Impos ini ternyata masih mengalami berbagai kendala yang ada, antara lain : Masih minimnya sarana prasarana pendukung destinasi wisata pantai Impos, .Maka dapat di simpulkan bahwa destinasi wisata pantai Impos ternyata memiliki potensi sebagai destinasi wisata alam pantai yang sangat menarik untuk dikembangkan dan peran serta pemerintah sangat dibutuhkan dalam pengembangannya tersebut, sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dalam negeri maupun mancanegara, serta dapat memajukan kepariwisataan khususnya di kabupaten Lombok Utara.

References

Anonim.(2017). Pengertian Pantai Menurut Para Ahli http://ilmuteknologyind ustri.blogspot.com/2017/03/definisi-pantaimenurut-para-ahli di akses tanggal 21 Oktober 2020.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasan, M, Shandy.2016. Strategi Pengembangan Wisata Kota Cirebon Menuju Destinasi Utama Wisata Religi, Skripsi Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. https://id.123dok.com/document/1y9xovvy-strategi-pengembangan-wisata-cirebon-menuju-destinasi-wisata-religi.html. Di Akses Tanggal 7 September 2020.

Jayanti. (2019). Pengembangan Objek Wisata Pantai Gandoriah Kota Pariaman. Jurnal Pariwisata. Https://doi.org/10.31311/par.v6i2.5691.Di Akses tanggal 06 Oktober 2020.

Kurniawan, Wawan. 2015. Dampak Sosial Ekonomi Pembangunan Pariwisata Umbul Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang, Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Mappa Nashrun. 2012. Identifikasi dan zonasi objek wisata pantai galesong utara kabupaten takalar. Makassar: Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur Universitas Hasanuddin.

Marlina, Erna. 2014. Pengantar Pariwisata.Bogor : Yudistira

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

P. Warpani, Surwardjoko, Indira P. Warpani. 2007. Promosi dan pemasaran pariwisata. Bandung: ITB. 2007. Pariwisata Dalam Tata Ruang Wilayah. Bandung: ITB

Saputro, Eko. 2008. Potensi Dan Pengembangan Objek Wisata Kampung Nelayan Pantai Drini Di Kabupaten Gunungkidul.Karya Tulis Akhir Jurusan Usaha Perjalanan Wisata, Fakultas Sastra dan seni Rupa, Universitas Sebelas Siringoringi,Mangatas. 2017. Kepariwisataan. Jakarta : Erlangga

Sukadi, S, Sanjaya (2013). Pengembangan Potensi Pariwisata Spiritual Berbasis Masyarakat Lokal Di Bali. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora.https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v2i1.1310.Diakses Tanggal 07 Oktober 2020.

Soemanto.2017.Pengembangan Obyek Wisata dn Daya Tarik Wisata Alam Sebgai Daerah Tujuan Wisata di Kebupaten KarangAnyar.Surakarta : Universitas Sebelas Maret

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: Afabeta..2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Afabeta.2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Mudji & Puranto, Hendra. 2015. Teori-Teori Kebudayaan.Yogyakarta: PT. Kanisius.

Sukadi, S, Sanjaya (2013). Pengembangan Potensi Pariwisata Spiritual Berbasis Masyarakat Lokal Di Bali. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v2i1.1310. Diakses Tanggal 07 Oktober 2020.

Suwardjoko P. Warpani dan Warpani Indira P. 2007. Pariwisata Dalam Tata Ruang Wilayah. Bandung: ITB Press.

Syafiah, A. 2012. Pengembangan objek wisata bahari yang berkelanjutan (Studi Kasus Pantai Dato’ Kabupaten Majene). Skripsi tidak diterbitkan. Makassar. Fakultas teknik jurusan jurusan arsitektur universitas hasanuddin.

Wahid, Abdul, 2015, Strategi Pengembangan Wisata Nusa Tenggara Barat Menuju Destinasi Utama Wisata Islami, Skripsi Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Yoeti, Oka. 2015. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung. Angkasa.2017. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Published
2021-11-14
How to Cite
Aini, U., Idrus, S., & Jumail, M. (2021). POTENSI PENGEMBANGAN DESTINASI PANTAI IMPOS DI KABUPATEN LOMBOK UTARA. Journal Of Responsible Tourism, 1(2), 103-118. https://doi.org/10.47492/jrt.v1i1.998
Section
Articles