STRATEGI PROMOSI WISATA BAHARI DI PULAU BUNGIN KECAMATAN ALAS KEBUPATEN SUMBAWA BESAR NTB

  • Rita yuliana Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Sri Susanty Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Primus Gadu Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
Keywords: Strategi, Promosi, Wista Bahari, & Pulau Bungin

Abstract

Pulau bungin adalah salah satu kepulauan yang berada di wilayah Kabupaten Sumbawa barat, nusa tenggara barat. Kepulauan ini merupakan obyek wisata bahari unggulan kabupaten Sumbawa besar yang berkonsep ekowisata dengan berbagai kelebihan dan keistimewaannya yang tersebar di beberapa pulau. Meskipun obyek wisata ini cukup dikenal oleh wisatawan nusantara, namun ada beberapa wisatawan nusantara yang masih belum mengetahui banyak tentang obyek wisata ini. Hal ini terlihat dengan kurangnya strategi promosi yang efektif yang dapat menjangkau luas masyarakat Indonesia. Hasil akhir perancangan ini adalah media promosi. Media promosi yang paling utama dan dapat menjangkau luas adalah dengan menggunakan media elektronik, yakni iklan TV dan beberapa media pendukungnya. Diharapkan media-media tersebut dapat mempromosikan wisata bahari pulau bungin secara efektif.

References

[1] Astuti, Marhanani Tri, dan Any Ariani Noor. 2016. Daya Tarik Morotai Sebagai Destinasi Wisata Sejarah Dan Bahari.Jurnal Kepariwisataan Indonesia Vol. 11 No. 1.
[2] Atiko, Gita, Ratih Hasanah Sudrajat, dan Kharisma Nasionalita. 2016. Analisis StrategiPromosi Pariwisata Melalui Media Sosial Oleh Kementerian Pariwisata Ri (Studi Deskriptif Pada Akun Instagram @Indtravel).Jurnal Sosioteknologi Vol.15, No 3.
[3] Betari Avinda, Chintiya, I Nyoman Sudiarta, dan Ni Made Oka Karini.2016.Strategi Promosi Banyuwangi Sebagai Destinasi Wisata (Studi Kasus Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata).‖ Jurnal IPTA Vol. 4 No. 1.
[4] Fatihudin, Didin, dan Anang Firmansyah. 2019. Pemasaran Jasa: Strategi,Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: Deepublish.Fatoni, Abdurrahmat.2011. Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi.Jakarta: Rineka Cipta.
[5] Fitriana, Evi. ―Strategi Pengembangan Taman Wisata Kum Kum Sebagai Wisata Edukasi Di Kota Palangkaraya.‖ Jurnal Pendidikan Geografi Nomor 2, Juni (2018).
[6] Hadi, Firdausia.2017. Kajian Potensi Dan Strategi Pengembangan Wisata Pantai
[7] Handayani, Estu, dan Mohamad Dedi.2017.Pengaruh Promosi Wisata Bahari Dan Herlambang, Susatyo.2014. Basic Marketing (Dasar-dasar Pemasaran) Cara Mudah Memahami Ilmu Pemasaran. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
[8] Hidayat, Marceilla. 2011. Strategi Perencanaan Dan Pengembangan Objek Wisata(Studi Kasus Pantai Pangandaran Kabupaten Ciamis Jawa Barat).Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal Vol. I, No. 1.
[9] Isdarmanto. 2017Dasar-Dasar Kepariwisataan dan Pengelolaan Destinasi Pariwisata. Yogyakarta: Gerbang Media Aksara.
[10] Ri‘aeni, Ida.2015. Penggunaan New Media dalam Promosi Pariwisata Daerah Situs Cagar Budaya di Indonesia.‖ Jurnal Komunikasi Vol. 9, No. 2.
[11] Sugiyono.2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.———2010. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).
[12] Bandung: Alfabeta.———.2017 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,———.2018. Metode Penelitian
[13] Supriadi, Bambang, dan Nanny Roenjinandari.2007. Perencanaan dan Pengembangan Destinasi Pariwisata. Malang: Universitas Negeri Malang.
[14] Susanto, Is, Mad Heri, dan Achmad Fachrudin.2009. Dampak Strategi Pemasaran Pariwisata Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Di Pantai Wisata Labuhan Jukung Krui Kabupaten Pesisir Barat).Vol. 3 No. 1.Suwantoro, 2004.Gamal. Dasar-Dasar Pariwisata. Yogyakarta: Andi.
[15] Syarbini, Amirrulloh, dan J. Haryadi. Muhammad. 2011. Sebagai Bisnisman Ulung:Membongkar Rahasia Sukses Bisnis Nabi Muhammad SAW. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
[16] Umami, Zahrotul. 2015.Social Strategy Pada Media Sosial Untuk Promosi PariwisataDaerah Istimewa Yogyakarta.‖ Jurnal Interaksi Vol 4 No 2, Juli.
Published
2021-11-14
How to Cite
yuliana, R., Susanty, S., & Gadu, P. (2021). STRATEGI PROMOSI WISATA BAHARI DI PULAU BUNGIN KECAMATAN ALAS KEBUPATEN SUMBAWA BESAR NTB. Journal Of Responsible Tourism, 1(2), 89-102. https://doi.org/10.47492/jrt.v1i1.997
Section
Articles