PERANAN TOKOH ADAT DALAM PELESTARIAN RUMAH ADAT DUSUN BELEQ DESA WISATA GUMANTAR KECAMATAN KAYANGAN KABUPATEN LOMBOK UTARA

  • Ladyes Dewi Rengganis Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Faturrahim Faturrahim Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Rizal Kurniansah Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
Keywords: Tokoh Adat, Pelestarian, & Rumah Adat Beleq

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Dusun Beleq, Desa Wisata Gumantar, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang rumah adat beleq, mendeskripsikan tentang peranan-peranan tokoh adat beleq dan mendeskripsikan kendala-kendala dalam pelestarian rumah adat beleq. Secara khusus mendeskripsikan peran Tokoh Adat dalam menjalankan tugas-tugas pokok dan fungsinya dalam melestarikan adat dan budaya Dusun Beleq. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Tokoh Adat, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda di Dusun Beleq Desa Wisata Gumantar. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah peranan Tokoh Adat dalam melestarikan rumah adat beleq dilakukan secara langsung dengan cara memberikan sosialisasi danĀ  pemahaman, menunjukkan keteladanan kepada masyarakat adat, serta menjaga dan memelihara tradisi adat dan budaya Dusun Beleq. Kendala-kendala yang dihadapai dalam upaya pelestarian rumah adat beleq adalah faktor material, kurangnya partisipasi masyarakat masa kini dan generasi muda.

References

[1] Alwasilah, A.C. (2015). Pokoknya StudiKasus Pendekatan Kualitatif. Bandung: PT. Kiblat Buku Utama.
[2] Anonim. 2008.Bab II Kajian Teori pdf:Eprints.uny.ac.id. Diakses pada11 Januari2020.
[3] Anonim.2008. Bab II Kajian Teori:Repository.uin-suska.ac.id. Diakses pada 11 Januari 2020.
[4] Anonim. 2009.Bab II tinjauan literature:Eprints.undip.ac.id. Diakses pada 11Januari2020.
[5] Anonim.2012.Dusunbeleqgumantardesaaatyangmempesona.URL:https://www.thelangkahtravel.com.Diakses pada tanggal 12 Januari 2020.
[6] Iju, E. 2020. Peranan Kepala Adat Dalam Pelestarian Rumah Adat Mbaru Niang Di Kampung Wae Rebo Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur.Skripsi. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
[7] Inskeep, Edward.1991. Tourism Planning And Suistainable Development Approach. Van Nostrand Reinblod, New York.
[8] Koentjaraningrat. 2002. Pengantar IlmuAntropologi. Jakarta: PT. Renika Cipta.
[9] Koentjaraningrat.1979. Pengantar IlmuAntropologi. Jakarta: Aksara Baru.
[10] Kusuma, H. 2003. Pengantar Ilmu Hukum Adat Indonesia. Bandung: Mandar Maju.
[11] Mutiya, AA. 2015. Peranan Lembaga Adat Dalam Melestarikan Nilai-nilai Piil Pesenggiri Di Desa Gunung Batin Udik Kecamatan Terusan NunyaiKabupaten Lampung Tengah. Skripsi. Universitas Lampung.
[12] Nuryanti, Wiendu. 1993. Concept, Perspective and Challenges, makalah bagian dari Laporan Konferensi Internasional mengenai Pariwisata Budaya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Hal. 2-3
[13] Priasukmana, Soetarso & R. Muhamad Mulyadin. 2001. Pembangunan Desa Wisata : Pelaksanaan Undang-undang Otonomi Daerah. Info Sosial Ekonomi. Vol.2.
[14] Pitana, IG. 2003. Pengantar IlmuPariwisata.Bali Post.Ranjabar, Jacobus. 2006. Sistem Sosial Budaya Indonesia: Suatu Pengantar. Bogor: PT. Ghalia Indonesia.
[15] Soekanto, S. 2003. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[16] Soekanto, S. 2012.Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
[17] Stamadova, H. 2017.Peranan Tokoh Adat Dalam Mempertahankan Adat Tunggu Tubang Pada Masyarakat Semendo Desa Sinar Semendo Kelurahan Labuhan Dalam Kota Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Lampung.
[18] Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Published
2021-11-14
How to Cite
Rengganis, L., Faturrahim, F., & Kurniansah, R. (2021). PERANAN TOKOH ADAT DALAM PELESTARIAN RUMAH ADAT DUSUN BELEQ DESA WISATA GUMANTAR KECAMATAN KAYANGAN KABUPATEN LOMBOK UTARA. Journal Of Responsible Tourism, 1(2), 63-74. https://doi.org/10.47492/jrt.v1i1.994
Section
Articles