PERAN KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) DALAM PENGEMBANGAN POTENSI WISATA GUNUNG SASAK DI DESA KURIPAN GIRI SASAKA

  • Sakirin Sakirin Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • I Ketut Bagiastra Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Murianto Murianto Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Syech Idrus Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Rizal Kurniansah Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
Keywords: Peran, Pokdarwis, Manajemen POAC, Faktor Pendukung & penghambat & wisata Gunung Sasak Kuripan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tentang variable peran Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) dalam mengembangkan potensi wisata Gunung Sasak di Desa Giri Sasak, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitif dan kualitatif atau campuran. Fokus penelitian yaitu mengkaji peran Pokdarwis Giri Sasak dengan menggunakan fungsi manajemen George R. Terry terdiri dari Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan planning dilakukan dengan upaya pemeritah Desa Giri Sasak bersama dengan Kelompok Pokdarwis dalam pelestarian alam, upaya promosi dalam memperkenalkan potensi wisata Gunung Sasak, upaya pelestarian seni dan budaya, Upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia masyarakat terhadap pariwisata, dan upaya dalam menjalin kerjasama dengan stakeholder. Dalam proses organizing Pokdarwis Giri Sasak melakukan pembagian kerja guna memudahkan dalam menjalankan kegiatan kepariwisataan. Pada actuating Pokdarwis Giri Sasak diberikan motivasi dan melakukan pengarahan, melaksanakan program kerja.Tahap controlling dilakukan pengendalian, perbandingan kinerja dengan perencanaan yang telah ditetapkan dan melakukan pelaporan hasil dari kegiatan-kegiatan yang telah dilaksankan kepada Kepala Desa pengecekan. Kemudian terdapat faktor pendukung dan penghambat yang berasal dari internal dan eksternal Pokdarwis Giri Sasak.

References

Ahmad Subagyo. 2015. Manajemen Koperasi Simpan Pinjam. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Ahmad, Subagyo. (2012)„ Marketing In Business‟, edisi pertama, cetakan pertama. Penerbit Mitra Wacana Media. Jakarta

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipata.

Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

George R. Terry dan Leslie W Rue, Dasar Dasar Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Hunziker dan Kraft.(2018). Pengertian Pariwisata Menurut Pendapat Para Ahli Terlengkap. Diambil kembali dari Pelajaran :http://www.pelajaran.co.id/2017/04/pengertian-pariwisata-menurutpendapat-para-ahli-terlengkap.html.

Indra Kharisma Raharjana., 2017, Pengembangan Sistem Informasi Menggunakan Metode Agile. Edisi 1.Yogyakarta : Deepublish. Jeperson Hutahean., 2014, Konsep Sistem Informasi. Edisi 1.Yogyakarta : Deepublish.

Krisdianto, Bayu & Nurhajati. 2017. “Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pariwisata Kota Batu”. Jurnal JIMMU. Vol. II No. 2 Agustus 2017.

Kodhyat, H. 2014. Definisi Parwisata Menurut Beberapa Ahli. (http://tabeatamang.wordpress.com/2012/08/24/ definisi-pariwisatamenurut-beberapa-ahli/). Retrieved on April 14.

Menteri Pariwisata Republik Indonesia.(2015). Rencana Strategis Kementerian Pariwisata 2015-2019. Peraturan Menteri Pariwisata, (hal. 9-10). Jakarta.

Nur Rika Puspita Sari.(2012). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Obyek Wisata Oleh Kelompok Sadar Wisata Dewabejo di Desa bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, kabupaten Gunungkidul. Skripsi S1. UNY.

Suarka, Fany Maharani. 2010. Strategi pengembangan Ekowisata Di Desa Jehem Kecamatan Tembuku Kabupaten Bangli. Tesis. Universitas Udayana. Denpasar.

Sarinah, 2017. Pengantar Manajemen, Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Suharto, Edi. (2010). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: Alfabeta.

Suryadana, M Liga dan Octavia Vanny. 2015. Pengantar Pemasaran Pariwisata. Bandung: Alfabet.

Published
2021-11-14
How to Cite
Sakirin, S., Bagiastra, I., Murianto, M., Idrus, S., & Kurniansah, R. (2021). PERAN KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) DALAM PENGEMBANGAN POTENSI WISATA GUNUNG SASAK DI DESA KURIPAN GIRI SASAKA. Journal Of Responsible Tourism, 1(2), 55-62. https://doi.org/10.47492/jrt.v1i1.993
Section
Articles