STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA SENARU LOMBOK UTARA

  • Nutralip Nutralip Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Sri Susanty Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Rizal Kurniansah Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • I Wayan Suteja Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
Keywords: Strategi, Pengembangan, Desa Wisata.

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Desa Wisata Senaru tepatnya di Desa senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui potensi Desa Senaru sebagai desa wisata dan menyusun strategi pengembangan kawasan Desa Senaru Gunung. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data antara lain Wawancara, Observasi, Dokumentasi, Studi Kepustakaan dan tekni kanalisis datanya menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Desa Senaru memiliki potensi pengembangan Desa Wisata antara lain; seperti air terjun dunia. memiliki pemamdangan alam yang indah seperti hamparan sawah, gunung rinjani, dan pegunungan, memiliki area perkebunan yang biasa dijadikan tempat wisata, ketersediaan sarana dan prasarana yang telah memadai seperti gazebo, mushola, kamar mandi umum, sarana parkir, dan camping ground. Sedangkan untuk atraksi wisata antara lain; atraksi panoram walk, mengujungi airterjun, menonton prisaian  dan gendang beleq serta tarian tarian tradisional khas Bayan. Alternatif strategi pengembangan desa wisata senaru di masa yang akan datang antara lain; memanfaatkan peluang dari pemerintah untuk mengelola sumber daya yang ada, meningkatkan kualitas SDM yang tinggi untuk daya saing dalam mengembangkan desa wisata senaru, menggencarkan promosi untuk menarik wisatawan, menggarap potensi yang ada sesuai dengan permintaan tren pariwisata saat ini terutama untuk kegiatan desa wisata, merawat, memperbaiki maupun membangun sarana dan prasarana yang belum memadai, memberikan pendidikan kepariwisataan untuk masyarakat sekitar objek wisata, membangun hubungan kerjasama dengan pihak-pihak swasta, meningkatkan pengawasan dalam pengelolaan desa wisata, dan meningkatkan keterlibatan masyarakat sekitar dalam memaksimalkan kepariwisataan di desa wisata senaru, membuat regulasi yang kuat sehingga mampu membuat desa wisata berkelanjutan dan mengurangi persaingan yang tidak sehat, membuat website desa khusus untuk  menelola dan mempromosikan desa wisata senaaru yang di kelola oleh pokdarwis di bawah naungan BUMDes.

References

Anonim.2012.”Definisi Strategi”.https://definisimu.blogspot.com.Diakses tanggal 20juni 2020 pukul 10. 20 wita

Dayansyah Rahmat.2014.” strategi pengembangan potensi pariwisata di Kabupaten Tenggerang, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Depok

Dewi, MHU, Fandeli, C. 2013. Pengembangan Desa Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal Di Desa Wisata Jatiluwih Tabanan, Bali. Jurnal Kawistara. 3 (2):117-226. HJFY

Griffin.2000.Strategi.https://tugas2kampus.wordpress.com. Tanggal diakses 10 Oktober 2013.

Irawati, N. Prakoso, AA. 2016. Terapan Brand “Jogja Istimewa” Terhadap Pengembangan Pariwisata Berbasis Community Based Tourism (Cbt) Di Yogyakarta. Jurnal Kepariwisataan. 10 (3) 65-80.

Moleong.2011. “Metodologi Penelitian Kualitatif”. http:// eprints.walisongo.ac.id. diakses pada tanggal 20juni 2020, pukul 10.15 wita

Mongkol Cantania 2015 “strategi dinas pariwisata dalam mengembangkan potensi wisata budaya di kabupaten minahasan” http:// www.neliti.com diakses pada tanggal 20 juni 2020 pukul. 10.30 wita

Nasikun. 1997. “Model Pariwisata Pedesaan: Pemodelan Pariwisata Pedesaan untuk Pembangunan Pedesaan yang Berkelanjutan”. dalam Prosiding Pelatihan dan Lokakarya Perencanaan Pariwisata Berkelanjutan. Bandung: Institut Teknologi Bandung

Raco, J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Rangkuti.2008..Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis.PT.Gramedia Pustaka Utama.Jakarta.

Sutopo, HB.2002.Metode Penelitian Kualitatif. Dasar Teori dan Penerapannya dalam Penelitian. UNS Press. Surakarta

Suwena. 2010. “Format Pariwisata Masa Depan” dalam Pariwisata Berkelanjutan dalam Pusaran Krisis Global. Denpasar. Penerbit: Udayana University Press.

Wahab,S. 2014 “Manajemen Kepariwisataan”. Penerbit PT. Pradnya Paramita. Jakarta

Yoeti OA. 2008. Ekonomi Pariwisata: Introduksi, Informasi, dan Implementasi. Jakarta (ID): Kompas.

Widagdyo, K.G. 2017. Pemasaran, Daya Tarik Ekowisata dan Minat Berkunjung Wisatawan. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen. 7 (2) 261-276.

Published
2021-01-14
How to Cite
Nutralip, N., Susanty, S., Kurniansah, R., & Suteja, I. (2021). STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA SENARU LOMBOK UTARA. Journal Of Responsible Tourism, 1(2), 43-54. https://doi.org/10.47492/jrt.v1i1.992
Section
Articles