PENGARUH BUKTI FISIK (TANGIBLE) DAN DAYA TANGGAP (RESPONSIVENESS) TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DESA WISATA DUSUN SADE KABUPATEN LOMBOK TENGAH

  • Mahendra Mahendra Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • Ida Nyoman Tri Darma Putra Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • I Ketut Bagiastra Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
Keywords: Bukti fisik, Daya Tanggap Dan Kepuasan Wisatawan, Desa Wisata.

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh bukti fisik (tangible)  terhadap kepuasan wisatawan; dan (2) pengaruh daya tanggap (responsiveness) terhadap kepuasan wisatawan. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif kasual dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan desa wisata dusun sade pada bulan maret – juli tahun 2023. Teknik yang digunakan ialah sampling accidental yang dimana peneliti mengambil sampel dari orang yang paling mudah dijumpai, berdasarkan rumus Slovin sebanyak 100 responden. Data analisis menggunakan regresi linier berganda dengan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bukti fisik (tangible) dan daya tanggap (responsivenes) berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan. Implikasi penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pengelola Desa Wisata Dusun Sade dalam meningkatkan kepuasan wisatawan dalam prospek jangka panjang.

References

[1] Akbar, Moh Ardhi. (2018). Pengembangan Desa Wisata Budaya Berbasis Masyarakat Di Dusun Sade Desa Rembitan Kabupaten Lombok Tengah. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.
[2] Andari, C. L. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pengunjung Studi Kasus The Sila's Agrotourism. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
[3] Hamzyah. 2018. Pengaruh Reponsiveness, Tangible, Dan Emphaty Terhadap Kepuasan Pelayanan Pelanggan Pada PT.PLN (Persero) Di Kabupaten Enrekang. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.
[4] Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gaya Media.
[5] Hardiyati, R. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Penginapan (Villa) Agrowisata Kebun The Pagilaran. Diponegoro: Universitas Diponegoro Semarang .
[6] Imansyah dan Haris Irawan. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Kerta Gaya Pusaka Cabang Kandangan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis. Volume 3 No.3 November 2017. Fakultas Ekonomi, Universitas Achmad Yani Banjarmasin.
[7] Kotler, P. K. (2016). Marketing Management, Edisi 1. New Jersey: Pearson: Prentice Hall. Inc.
[8] Novita, Selly. (2021). Analisis Kepuasan Pengunjung Pada Objek Wisata Taman Rusa Aceh Besar. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
[9] Novita, Selly. 2021. Analisis Kepuasan Pengunjung Pada Objek Wisata Taman Rusa Aceh Besar. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
[10] Nurfitasari, Erlinda. 2021. Pengaruh Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Empati, dan Jaminan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Surya Dharma Lorok Pacitan. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
[11] Sade village https://g.co/kgs/Y6nXUx/ diakses pada tanggal 10 April 2023 pukul 07.49 wita..
[12] Samsuri, Sudarijati dan Lestari. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Taman Wisata. Jurnal Visionida, Volume 7 Nomor 1 Juni 2021.
[13] Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
[14] Suryadharma, I.W. W. dan I. K. Nurcahya. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pada Kepuasan Pelanggan Hotel Bintang Pesone Di Denpasar Timur. E-Jurnal Manajemen Unud.Volume 4 No. 4. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali.
[15] Tjiptono, F. d. (2015). Pelanggan Puas Tak Cukup? Yogyakarta: Andi Offset.
[16] Widyastuti, Niken Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap KepuasanKonsumen (Survei Pada Tamu Pelanggan Yang Menginap di Harris & Pop Hotels Denpasar).Jurnal Kajian Bisnis. Volume 23 No. 2 Juli 2015. STIE Widya Wiwaha Yogyakarta.
[17] Yunior, Khomeiny. (2015). Pengaruh Daya Tanggap dan Jaminan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Suriatma Mahkota Kencana Medan Cabang Katamso. Skripsi. Univertitas Prima Indonesia Medan.
Published
2024-03-16
How to Cite
Mahendra, M., Putra, I. N., & Bagiastra, I. (2024). PENGARUH BUKTI FISIK (TANGIBLE) DAN DAYA TANGGAP (RESPONSIVENESS) TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DESA WISATA DUSUN SADE KABUPATEN LOMBOK TENGAH. Journal Of Responsible Tourism, 3(3), 1213-1222. https://doi.org/10.47492/jrt.v3i3.3179
Section
Articles