EFEKTIVITAS PEMANFAATAN EDUCATIONAL HOTEL (EDOTEL) DALAM PEMBELAJARAN SISWA DI SMK NEGERI 3 PUJUT

  • Praniti Ning Suari Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • I Ketut Purwata Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Ida Nyoman Tri Darma Putra Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
Keywords: Efektivitas, Pemanfaatan, Educational Hotel, Pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang efektivitas pemanfaatan educational hotel (edotel) dalam pembelajaran siswa di SMK Negeri 3 Pujut. Hasil penelitian diuraikan dalam beberapa jawaban terhadap fokus masalah yaitu efektivitas pemanfaatan educational hotel (edotel) dalam pembelajaran siswa bidang front office di SMK Negeri 3 Pujut. Dengan menggunakan metode wawancara, observasi, studi dokumentasi dan studi kepustakaan dan pendekatan menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas pemanfaatan educational hotel (edotel) dalam pembelajaran siswa bidang front office di SMK Negeri 3 Pujut sudah berjalan dengan baik sesuai dibuktikan dengan hasil uji kompetensi keahlian (UKK) bidang front office. Walaupun pada proses pembelajaran praktiknya ada kendala atau hambatan yang dihadapi namun hal tersebut dapat di atasi.

References

[1] Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Penerbit: CV. Syakir Medi Press.
[2] Agustin, M.D. (2018). Manajemen Pembelajaran di Educational (Edutel) Sebagai Sumber Belajar Siswa SMK Negeri 2 Malang.Jurnal: Administrasi dan Manajemen Pendidikan.Vol.1, (No.4).
[3] Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
[4] Arsyad, (1997). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[5] Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Bandung : Yrama Widya.
[6] Depdikbud. (1995). Buku Petunjuk Pendidikan Menengah Kejuruan. Jakarta: Depdikbud.
[7] Depdiknas. (2008). Pedoman Merancang Sumber Belajar. Jakarta.
[8] Direktorat PSMK. (2007). Garis-Garis Besar Program SMK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
[9] Haryanto. (2000). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
[10] Kurniawan, F.A. (2013). Pemanfaatan Education Hotel (Edotel) Sebagai Sumber Belajar Siswa Program Kompetensi Keahlian Akomodasi Perhotelan Di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
[11] Lestari, M.D. (2018). Pelaksanaan Program Teaching Factory Education Hotel (Edotel) Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Prima.Inspirasi Manajemen Pendidikan.Vol.5 (No.1).
[12] Moleong, J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
[13] Nana, S.A. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Citra Aditya Bakti.
[14] Rohani, A. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
[15] Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
[16] Sudirman, (1992). Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
[17] Sudrajat, A. (2004). Merancang Sumber Belajar Pembelajaran Akhir. Jakarta: Rineka Cipta.
[18] Sudjana, (2009). Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung : sinar Baru.
[19] Sugiyono. (2013). Motode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta CV.
[20] Sulastiyono. (2008). Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: Alfabeta.
[21] Winkel, W. (1996). Psikologi pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
[22] Yamin, M. (2005). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.
Published
2024-03-16
How to Cite
Suari, P., Purwata, I., & Putra, I. N. (2024). EFEKTIVITAS PEMANFAATAN EDUCATIONAL HOTEL (EDOTEL) DALAM PEMBELAJARAN SISWA DI SMK NEGERI 3 PUJUT. Journal Of Responsible Tourism, 3(3), 1083-1092. https://doi.org/10.47492/jrt.v3i3.3164
Section
Articles