PERAN KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) DI DESA WISATA LENDANG ARA KECAMATAN KOPANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH

  • Tri Gita Munika Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
Keywords: Peran, Kelompok Sadar Wisata.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran dan posisi penting Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang dibutuhkan oleh masyarakat di desa Lendang Ara Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah. Fokus penelitian ini adalah bagaimanakah peran Pokdarwis di desa wisata Lendang Ara Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah, dan bagaimanakah rencana tindak lanjut Pokdarwis dalam penguatan peran tersebut. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan sekunder. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Dengan responden yang menjadi subjek penelitian berasal dari perangkat desa, kelompok sadar wisata, dan masyarakat. Teori yang digunakan adalah teori yang dikemukakan oleh Jim Ife (Ife & Tesoriero, 2014: 558) peran kerja masyarakat telah dikelompokkan ke dalam empat golongan yaitu peran memfasilitasi, peran mengedukasi, peran representasional dan peran teknis. Hasil penelitian ini adalah Pokdarwis mengelola wisata, melakukan kegiatan edukatif dengan pelatihan, kerja bakti dan lain-lain. Mewakili suara masyarakat sekitar, mengelola dan memanfaatkan desa Lendang Ara dengan baik. Dan membuat perubahan bukan hanya untuk desa Lendang Ara saja akan tetapi untuk masyarakat yang ada disekitar desa. Dan juga Pokdarwis membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomiannya.

References

[1] Buku Pedoman Kelompok Sadar Wisata. (2012) Oleh: Direktur Jendral Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementrian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif.
[2] Fatmaini, I. (2022). Strategi Pengembangan Wisata Tandung-Andung Berbasis Syariah Di Desa Lendang Ara Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah. (Skripsi diterbitkan). Universitas Islam Negeri, Mataram.
[3] Ife Jim & Frank Tesoriero. (2014) Community Development Yogyakarta: Pustaka Pelajar. hal.558. Moleong, Lexy, J. (2008). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
[4] Noval, F.A. (2021). Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dalam Memanfaatkan Potensi Lokal. (Skripsi diterbitkan). UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.
[5] Rahmawati, M.D. (2019). Peran Kelompok Sadar Wisata Pokdarwis Dalam Pengembangan Pariwisata Sebagai Upaya Peningkatan Perekonomian Masyarakat. (Studi Kasus Wisata Pantai Sine Di Kabupaten Tulung Agung). (Skripsi diterbitkan). UIN 1 Tulung Agung.
[6] Sakirin, S., Bagiastra, I., Murianto, M., Idrus, S., & Kurniansah, R. (2021). Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dalam Pengembangan Potensi Wisata Gunung Sasak Di Desa Kuripan Giri Sasaka. Journal Of Responsible Tourism, 1 (2), 55-62.
[7] Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif Bandung: Alfabeta 2013.
Published
2024-03-16
How to Cite
Munika, T. (2024). PERAN KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) DI DESA WISATA LENDANG ARA KECAMATAN KOPANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH. Journal Of Responsible Tourism, 3(3), 1077-1082. https://doi.org/10.47492/jrt.v3i3.3163
Section
Articles