STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA BAHARI DI PULAU KENAWA KABUPATEN SUMBAWA BARAT NUSA TENGGARA BARAT

  • Yusril Safari AL Qamari Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • Primus Gadu Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • ander sriwi Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
Keywords: Strategi Pengembangan, Wisata Bahari, Analisis SWOT, Daya Tarik Wisata.

Abstract

Sumbawa Barat merupakan salah satu wilayah kabupaten yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat yang juga banyak dikunjungi wisatawan sebagai tujuan wisata khususnya wisata bahari. Wisata bahari adalah suatu kegiatan pariwisata berdasarkan aspek kelautan yang berada pada Kawasan perairan pantai dan laut. Dari sekian banyak objek wisata bahari yang dikenal dengan Pulau Kenawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa banyak sekali keindahan alam dan daya tarik wisata, terkait dengan potensi yang dimiliki beserta strategi dalam mengembangkan Pulau Kenawa agar banyak dikenal di berbagai wilayah. Metode penelitian yang digunakan ini adalah penelitian deskriftif kualitatif, serta analisis yang digunakan yaitu analisis SWOT. Peneliti mengambil lokasi di Desa Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat, sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan skunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi utama dalam mengembangkan Kawasan wisata Pulau Kenawa dengan cara membangun dan memperluas potensi wisata yang ada guna meningkatkan daya tarik wisata yang tinggi, dengan cara menjaga sumber daya keanekaragaman hayati dan biota laut yang dimiliki Pulau Kenawa, mengembangkan fasilitas sarana dan prasarana obyek wisata, dan mengembangkan Wisata Bukit Kenawa dan padang savanna dengan cara mengenalkan atau mempromosikan wisata Pulau Kenawa kepada para wisatawan.

References

[1] A Gima Sugiama, 2011, Manajemen Aset Pariwisata, Bandung: Guardaya Intimirta
[2] A Pearce. Richard B. Robinson, Jr. 2011. Manajemen Strategi. Jakarta: Selemba Empat
[3] Amil., Lalu Hendra M., dan Rio W. 2019. "Peran Pemerintah Desa Poto Tano Terhadap Pengembangan Objektif Wisata Pulau Kenawa Dalam Membangun Ekonomi Masyarakat" Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Vol. 7, No. 2:167-181.s
[4] Dedi Marlina N., dan I Made Adi K. 2015. "Strategi Pengembangan Pantai Sawangan Sebagai Daya Tarik Wisata Nusa Dua" Jurnal Destinasi Pariwisata, Vol. 3, No. 2:2338-8811.
[5] Dewi Kusuma Sari, 2017, Objek wisata Pantai Sigandu, Kabupaten Batang: Universitas Diponegoro
[6] Dwi Retno Utari. 2017. "Pengembangan Atraksi Wisata Berdasarkan Penilaian dan Preferensi Wisata wana di Kawasan Mangrove Karang sing, Kabupaten Indramayu" Jurnal Manajemen Resort dan Leisure, Vol. 14, No. 2.
[7] Eko Widodo. 2017. "Pengembangan Atraksi Wisata Pantai Tanjung Karang Sebagai Kawasan Wisata Bahari di Kabupaten Donggala" Jurnal Katalogis, Vol. 5, No. 4:206-215
[8] Evi Fitriana, Strategi Pengembangan Taman Wisata Kum-Kum sebagai Wisata Edukasi di Kota Palangkaraya, Jurnal Pendidikan Geografi, No. 2, Juni 2018.
[9] Fandeli, C, 1995, Perencanaan Kepariwisataan Alam, Yogyakarta: Fakultas Universitas Gadjah Mada, Bulaksumur
[10] Fitri Damayanti R., Benu Olfie LZ., dan Gene H. M Kapantow. 2017. "Strategi Pengembangan Wisata Bahari Pantai Malayang, Kota Manado Sulawesi Utara" Jurnal Agri -SosioEkonomi Unsrat, Vol. 13, No. 1A:277-284.
[11] Hugo Itamar, A Samsul Alam. dan Rahmatullah. 2014. "Strategi Pengembangan Pariwisata di Tana Toraja", Jurnal Ilmu Pemerintah, Vol. 7, No. 2:91-108.
[12] I Gede Anom S, dan I Nyoman S. 2014. "Strategi Pengembangan Potensi Wisata Bahari di Pantai Crystal Bay Desa Sakti, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung" Jurnal Destinasi Pariwisata, Vol. 2, No. 2:2338-8811.
[13] Khusnul Khotimah, dkk. Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata Budaya Studi Kasus pada Kawasan Situs Trowulan Sebagai Pariwisata Budaya Unggulan di Kabupaten Mojokerto, (Jurnal Administrasi Bisnis) Universitas Brawijaya Malang, Vol. 42 No. 1 Januari 2018.
[14] Lalu Rudi Sanjaya. 2018. Pulau Kebawa sebagai Destinasi Utama Sumbawa Barat. Sekolah Tinggi Ambarrukmo: Yogyakarta
[15] Ngafean, Mohammad, 1991, Kamus dan Daftar Istilah Bahasa Indonesia, Semarang: Dahara Prize
[16] Purwa Ningrum Hesti dan Halim Ahmad. 2021. "Evaluasi Pengelolaan Wisata Jati Larangan dan Taman Sengon Melalui Indikator 5A di Dusun Iroyudan" Jurnal Ilmiah, Vol. 15, No. 2:107-129.
[17] Resa Vio Vani, dkk. 2020. Model Pentahelix dalam Mengembangkan Potensi Wisata di Kota Pekanbaru” Jurnal Ilmu administrari Publik UMA, ISSN 2580-2011
[18] Rizkun Imaduddin, 2017, Pengembangan Wisata Pantai Lawata dalam Mendukung Pengembangan Wilayah di Kota Bima. Makasar: Universitas Islam Negeri Alauddin
[19] Soebagyo. 2012. "Strategi Pengembangan Pariwisata di Indonesia", Jurnal Liquidity, Vol. 1, No. 2:153-158.
[20] Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta
[21] Suharsimi, Arikonto. 1998. Prosedur Penelitian, suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Hlm 02
[22] Sunaryo, Hari, 2013, Membaca Ekspresif: Keterampilan Menghidupkan Teks Sastra. Malang: UMM Press
[23] Suryadana, M. Liga Putra, 2019, Sosiologi Pariwisata, Perpustakaan Nasional RI
[24] Suwena, Widyatmaja, 2010, Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata, Bali: Pustaka Larasan
[25] Tri Hastuti Maharnani. 2018. "Strategi Pengembangan Wisata Bahari di Gili Trawangan Kabupaten Lombok Barat Provinsi NTB" Jurnal National Conference Of Creative Industry, Vol. 5 No. 6:2622-7436
[26] Tri Rahmat R., Heru Aulia A., dan Fitria R. 2016. "Strategi Pengembangan Wisata Bahari di Kota Padang", Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 7, No. 1:2086-5031.
[27] Tyas Raharjeng Pamularsih. 2021. "Strategi Pengembangan Potensi Wisata Alam di Desa Abangsongan, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali" Jurnal Polteknik Negeri Bali, Vol. 5, No. 1:2597-7342.
[28] Undanga-undang (UU) Tentang Kepariwisataan. No. 10. LN 2009 / No. 11 TLN No. 4966, LL Setneg: Hlm 40
[29] Yusuf Adam Hilman, 2018. "Strategi Pengembangan Pariwisata Melalui Media" Jurnal Nasional Pariwisata, Vol. No 1 :39-45.
Published
2024-03-16
How to Cite
AL Qamari, Y., Gadu, P., & sriwi, ander. (2024). STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA BAHARI DI PULAU KENAWA KABUPATEN SUMBAWA BARAT NUSA TENGGARA BARAT. Journal Of Responsible Tourism, 3(3), 1031-1040. https://doi.org/10.47492/jrt.v3i3.3158
Section
Articles