PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA PANTAI LOANG BALOQ KOTA MATARAM

  • Lukman Aziz Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • Ida Nyoman Tri Darma Putra Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • I Putu Gede Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
Keywords: Partisipasi Masyarakat, Pengembangan Objek wisata, Pantai Loang Baloq.

Abstract

Loang Baloq merupakan salah satu destinasi wisata yang dimiliki kota Mataram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk partisipasi masyarakat dalam pengembangan daya tarik wisata dan menganalisis upaya peningkatan partisipasi masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan Partisipasi masyarakat Dalam Pengembangan Objek Wisata Pantai Loang Baloq Kota Mataram berupa kesedian masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam proses perencanaan pengembangan objek wisata serta adanya kelompok/organisasi yang bertanggung jawab dalam mengelola keuangan yang didaptkan dari parkir atau pembelian tiket para pengunjung Wisata Pantai Loang Baloq. Selain itu, Faktor yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan pengembangan objek wisata Pantai Loang Baloq Kota Mataram yaitu adanya kerja sama yang baik yang dilakukan oleh masyarakat setempat dan adanya dukungan pemerintah kota Mataram dalam pengembangan objek wista Pantai Loang Baloq. Di mana kerjasamanya dilakukan seperti persediaan sarana dan prasarana. Bentuk partisipasi masyarakat dalam pengembangan Objek Wisata Pantai Loang Baloq Kota Mataram berupa kesedian masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam proses perencanaan pengembangan objek wisata. Dan adanya kelompok/organisasi yang bertanggung jawab dalam mengelola keuangan yang didaptkan dari parker atau pembelian tiket para pengunjung Wisata Pantai Loang Baloq. Upaya dalam pelaksanaan pengembangan objek wisata Pantai Loang Baloq Kota Mataram yaitu melakukan kerja sama dengan masyarakat setempat dan adanya dukungan pemerintah kota Mataram dalam pengembangan objek wista Pantai Loang Baloq. Di mana kerja sama yang di lakukan seperti persediaan sarana dan prasarana.

References

[1] Ali Kabul Mahil. (2016). Pengembangan Wilayah (Teori dan Aplikasi). Jakarta: Kencana.
[2] A. D., Siti Irene. Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan, (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2011).
[3] Djalal, Fasli dan Supriadi, Dedi. (2001). Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Adicita.
[4] Dewi, Fandeli, &Baiquni. (2013). Pengembangan Desa Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal Di Desa Wisata Jatiluwih. JurnalKawistara Vol.3.
[5] FinnaRizqinna. (2010). Partisipasi Masyarakat. www.lontar.ui.id. Hal 14. Isbandi Rukminto
[6] Adi. (2012). Pemberdayaan Masyarakat dan Partisipasi Masyarakat. Jakarta: Raja GrafindoPersada.
[7] H.A.R.Tilaar.(2009).Kekuasaandan Pendidikan: Kajian Menejemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaan. Jakarta: Rinika Cipta.
[8] I, Nyoman Sumaryadi. (2010). Partisipasi Masyarakat Desa. PT. Raja Grafindo. James J Spilance. (2014). Ekonomi Pariwasata: Sejarah dan Prospeknya. Bandung: Kanisius.
[9] John M. Echols& Hasan Shadily.(2000). Partisipasi Masyarakat. PT. Raja Grafindo. Liya(2019).
[10] Partisipasi Pemuda Dalam Pengembangan Desa Wisata di Desa Candirejo Kecamatan Borobudur KabupatenMagelang.
[11] MardikantoTotok. (2015). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.
[12] Nurdiyanto,Sigit. (2015). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata Bleberan Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul. Fakultas Dakhwa Dan Komunikasi Universitas Islam Negari Sunan Kaligaja Yogyakarta.
[13] NurdinHidayah, (2019). Pemasaran destinasi pariwisata. Penerbit Bandung: Alfabeta
[14] Ma’rifatu.(2014). Pengetahuan, Sikap dan Partisipasi Masyarakat Lokal Dalam Upaya Pengembngan Pariwisata di Kabupaten Banyuwangi.
[15] Oka.AYoeti. (2015). Perencanaan dan PengembanganPariwisata. Jakarta: Balai Pustaka.
[16] Prasiasa, Dewa Putu Oka. (2013). Destinasi Pariwisata Berbasis Masyarakat. Jakarta: Salemba Medika.
[17] Panji, (2005), PsikologiKerja, RinekaCipta, Jakarta.
[18] Soleh Munawar. (2005). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.
[19] Sigit, (2015). “Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata Bleberan”.
Published
2024-03-16
How to Cite
Aziz, L., Putra, I. N., & Gede, I. (2024). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA PANTAI LOANG BALOQ KOTA MATARAM. Journal Of Responsible Tourism, 3(3), 973-978. https://doi.org/10.47492/jrt.v3i3.3150
Section
Articles