MANFAAT KAWASAN KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) MANDALIKA TERHADAP USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM)

  • Alfian Thoriq Hasbi Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • I Wayan Suteja Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • Sri Wahyuningsih Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • Muharis Ali Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
Keywords: KEK Mandalika, UMKM, Perkembangan Pariwisata, Desa Kuta Lombok Tengah.

Abstract

Penelitian ini berjudul “Manfaat Kawasan Kawasan Ekonomi Khusus ( KEK ) Mandalika Terhadap Kesejahteraan Desa Kuta”. Penelitian dilaksanakan yakni di Kawasan Ekonomi Khusus mandalika yang berada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat Dan Kantor Desa Kuta. Penelitan ini dilaksakan pada bulan Mei 2022 dengan tujuan membahas manfaat kek mandalika terhadap kesejahteraan masyarat desa kuta terlebih pembangunan ini berada di Desa kuta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya adalah 8 orang termasuk Sekretaris Desa Kuta dan Kepala Dinas Parisiwisata Lombok Tengah yang berperan dalam hubungan kerjasama antar masayarakat desa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan sumber – sumber yang ada. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, model data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini 1) Kawasan Pantai Kuta Desa Kuta perkembangan pariwisata dilihat dari unsur perkembangan pariwisata seperti Transportasi, Akomodasi, Fasilitas Pelayanan dan Infrastruktur mengalami perkembangan. 2) dampak dari kawasana ekonomi Khusus mandalika dari tahun 2006 sampai tahun 2021 yakni mampu menyerap tenaga kerja dan dampak positif lainnya yaitu memberikan peluang usaha bagi masyarakat desa kuta dan mampu menyerap tenaga kerja yang banyak. 3) meningkatkan omset penjualan dan pendapatan masyarakat desa kuta dilihat dari banyaknya wisatawan pengguna jasa dam fasilitas yang ada di kawan KEK Mandalika

References

[1] Danaparamita T. Sonny. 2021. Analisis Risiko Nation Branding Dalam Penyelenggaraan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika
[2] Diarta, Ketut Surya dan Gde Pitana, Pengantar Ilmu Pariwisata, (Jakarta: Penerbit Andi, 2009).
[3] Engkin Mudayana, Pariwisata Prajna Artha Buwana, Pariwisata Memacu Perdamaian dan Kesesjahteraan Dunia, (Bandung: 2015).
[4] Lexy J. Moleong, Metodelogi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Rosda, 2017), hlm 304
[5] Mahendra, Yusril. 2020. Dampak Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (KEK) Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kuta Lombok Tengah Di Tinjau Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat Program Studi Ekonomi Islam.
[6] Miftachul Huda, Pekerjaan Sosial & Kesejahteraan Sosial: Sebuah Pengantar, hlm 256.
[7] Nasehudin, “Analisis Kehidupan Masyarakat Melalui Pendekatan Sosiologi Pendidikan”, Jurnal Edueksos, vol 3: 2, (Juli- Desember 2014), hlm 85
[8] Suteja dan Sriwahyuningsih. 2019. Strategi Pengembangan Potensi Kuliner Lokal Dalam Menunjang Kegiatan Pariwisata Di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Kabupaten Lombok Tengah. Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram.
[9] Yani, A .2004. Hubungan Keuangan Antar Pemeritnah Pusat Dan Daerah Di Indonesia .Pt Raja Grafindo Persada.Jakarta.
[10] Daftar Isian Potensi Desa dan Kelurahan Desa Kuta Oktober 2019
[11] Daftar Isian Potensi Desa dan Kelurahan Desa Kuta Oktober 2020
[12] Daftar Isian Potensi Desa dan Kelurahan Desa Kuta Oktober 2021
[13] Dasuki, 2019.Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Tenga Kerja Melalui Program Kelompok Swadaya Masyarakat Di Kecamatan Telanaiputra Kota Jambi” Skripsi. Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin, 2019.
[14] Yuliana, Sofia. 2017. Analisis Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Pariwisata di DKI Jakarta Tahun 2009-2015. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
Published
2024-03-16
How to Cite
Hasbi, A., Suteja, I., Wahyuningsih, S., & Ali, M. (2024). MANFAAT KAWASAN KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) MANDALIKA TERHADAP USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM). Journal Of Responsible Tourism, 3(3), 947-952. https://doi.org/10.47492/jrt.v3i3.3146
Section
Articles