PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA PANTAI CEMARA INDAH KECAMATAN LEMBAR LOMBOK BARAT

  • Lalu Kukuh Krismunandar Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • Murianto Murianto Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
Keywords: Partisipasi Masyarakat, Pengembangan, Daya Tarik Wisata.

Abstract

Pantai Cemara merupakan salah satu desa di Lombok Barat yang memiliki potensi alam sebagai daya tarik pariwisata. Kondisi pantai yang dapat dijadikan daya tarik wisata yaitu pantai Cemara yang terletak di desa serumbung lembar. Pengembangan pantai Cemara indah sebagai salah satu destinasi wisata menunjukkan perkembangan yang positif. Partisipasi masyarakat didalam pengembangan dimaksudkan sebagai penyelenggaraan konsistensi pengembangan yang akan diarahkan pada sebuah keberhasilan program yang sudah ditetapkan termasuk di dalamnya kesungguhan agar mencapai tanggung jawab pemerintah, masyarakat dan swasta. Kecenderungan permasalahan pengembangan partisipasi masyarakat dalam pelibatan pada proses program pengembangan baik pada kebijkan nasional maupun regional. Dalam penulisan skripsi ini penulis membatasi ruang lingkup penelitian agar lebih terarah dan tidak menyimpang dari permasalahan dalam hal ini yang menjadi ruang lingkup penelitian yaitu Partispasi Masyarakat Dalam Pengembangan Daya Tarik Wisata Pantai Cemara Indah. Yang terletak di Desa Lembar Selatan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut tentang bentuk Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan daya tarik wisata pantai Cemara Indah. Bahwa pantai Cemara ini perlu perhatian lebih dari pemerintah agar potensi yang di miliki Pantai Cemara itu menjadi objek wisata yang populer di NTB. Sehingga Pemerintah harus lebih memperhatikan kualitas SDM pariwisata yang ada di kawasan pantai Cemara Indah. Serta meningkatkan promosi dan meningkatkan prasarana sarana, fasilitas pendukung maupun fasilitas utama, aksesibiltas dan infrastruktur yang memadai.

References

[1] Afrizal, 2014. Metode Penelitian Kualitattif Dan Teori Praktik. jakarta bumi aksara
[2] Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
[3] Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.
[4] Andi, Y. I.(2018), Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Objek Wisata Topejawa Di Kabupaten Takalar (Doctoral dissertation, Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Makassar).
[5] Devy, H. A., & Soemanto, R.B.(2017). Pengembangan obyek dan daya tarik wisata alam sebagai daerah tujuan wisata di Kabupaten Karanganyar. Jurnal sosiologi dilema, 32(1), 34-44.
[6] Epler Wood, M. 1999. the ecotourism society an internasional NGO commited to sustainable development tourism recreation research 24:199 -123
[7] Fannell, David A. 200. Ecotourism An introduction edisi kedua Routledge. New York
[8] Hastanto, Dasar-Dasar Kepariwisataan dan Pengelolaan Destinasi Pariwisata, (Yogyakarta: Gerbang Media Aksara, 2017).
[9] I Gede Pitana, I Ketut surya Diarta, 2009, pengantar Ilmu Pariwisata, penerbit Andi, yogyakarta,
[10] Imaniar, I. (2021). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Objek Wisata Salu Kula Berbasis Ekonomi Kreatif Di Desa Kamiri Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara (Doctoral Dissertation, Institut Agama Islam Negeri Palopo).
[11] Isbandi Rukminto Adi. 2012. Pemberdayaan Masyarakat dan Partisipasi Masyarakat.Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[12] Iskandar, Metodologi Penelitian Kualitatif (Jakarta: Gaung Persada, 2009) cet.1 h. 11 Ibid,.51
[13] Masitah, I. (2019). Pengembangan Desa Wisata Oleh Pemerintah Desa Babakan Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 6(3), 45-55.
[14] Nurfadila. 2018. Peran pemerintah dalam pengelolaan obyek wisata alam di kabupaten enrekang
[15] NTB, 2009-2013. Rencana pembangunan jangka menengah daerah
[16] Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.pariwisat, di yogyakarta 2018
[17] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung: CV. Alfabeta, 2019).
[18] Suhardi, pengantar Manajemen dan Aplikasinya, (Gava media,2018) yogyakarta, hlm153
[19] Yekti Andriyani, 2009. Pengelolaan obyek wisata tlatar oleh dinas pariwisata dan kebudayaan kabupaten boyolali
[20] Yulianda, F., Fachrudin, A., Armin, A.H., Sri, H., Kusharjani, dan Ho, S.K., 2010. Pengelolaan Pesisir dan Laut Secara Terpadu. Pusdiklat Pelatihan Kehutanan-SECEM-KOICA,Bogor.pariwisata, di yogyakarta 2018
Published
2024-03-16
How to Cite
Krismunandar, L., & Murianto, M. (2024). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA PANTAI CEMARA INDAH KECAMATAN LEMBAR LOMBOK BARAT. Journal Of Responsible Tourism, 3(3), 933-940. https://doi.org/10.47492/jrt.v3i3.3144
Section
Articles