PERAN POKDARWIS DALAM PENGUATAN SAPTA PESONA PADA MASYARAKAT LOKAL DI DESA WISATA BONJERUK KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

  • I Putu Widiana Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • Murianto Murianto Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • Ander Sriwi Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
Keywords: Desa Wisata, Sapta Pesona, Peran Pokdarwis,Bonjeruk Loteng.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Pokdarwis dalam Penguatan Sapta Pesona pada Masyarakat Lokal di Desa Wisata Bonjeruk, Kabupaten Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah. Desa Bonjeruk merupakan salah satu desa wisata yang terletak di Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Desa Bonjeruk memiliki potensi diantaranya sawah, tebing purba, kantin 21 dan pasar bambu Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan pendekatan dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peran pokdarwis dalam memperkuat pesona sapta pada masyarakat lokal di Desa Wisata Bonjeruk, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah. Dalam nilai aman, tertib, bersih, sejuk, ramah, dan kenangan bahwa peran pokdarwis dalam mengimplementasikan sapta pesona di desa bonjeruk telah terlaksana, Berdasarkan hasil penelitian bahwa Peran yang dilakukan oleh Kelompok Penyadaran Wisata (Pokdarwis) dalam mewujudkan Sapta Pesona hampir memenuhi semua elemen, kecuali unsur-unsur kenangan yang harus dimaksimalkan sedangkan penguatan sapta pesona pada masyarakat desa wisata bonjeruk melakukan pertemuan rutin untuk membahas strategi-strategi baru pengembangan Desa Wisata Bonjeruk dengan melaksanakan tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengembangan pertemuan rutin yang ditandai dengan keterlibatan anggota Pokdarwis dalam merencanakan kegiatan untuk program-program yang akan dilaksanakan dan menyusun rencana kerja..

References

[1] Amirullah. (2016). Penerapan Sapta Pesona Di Pantai Polewali Kabupaten Poliwali Mandar Provinsi Sulawesi Barat. Jurnal Kepariwisataan, 10, 15-27.
[2] Dede Kurniawan, G. D. (2020). Peran Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Gangsa Indah Dalam Pengelolaan Wisata Alam Curup Gangsa. LPPM, 1-8.
[3] Enza Resdiana, L. H. (2020). Peran Pokdarwis Andang Taruna Sebagai Katalisator
[4] Terwujudnya Karakter Peduli Wisata (Studi Di Banraas Pulau Gili Iyang Madura). Journal Of Governance Innovation, 2, 1-18
[5] Fansuri, R. A., 2020. “Peran kelompok sadar wisata (POKDARWIS) dalam pengembangan objek wisata sebagai upaya peningkatan perekonomian masyarakat: studi di wisata alam Otak Aik Tojang Dusun Gelogor Desa Lendang Nangka (Doctoral dissertation, UIN Mataram)”
[6] Firmansyah, R., 2012. “Pedoman Kelompok Sadar Wisata. Kementrian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif”
[7] Irwan, S. J., 2020. “Peran Kelompok Sadar Wisata Dalam Mengembangkan Ekowisata Dusun Telok Kombal Desa Pemenang Barat Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Barat (Doctor aldissertation, Universitas_Muhammadiyah_Mataram)”.
[8] Kurniawan, D., Gunardi, W. D., Dewi, B. S., & Setiawan, A., "Peran Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Gangsa Indah Dalam Pengelolaan Wisata Alam Curup Gangsa".
[9] Listyorini, H., Supriyanto, S., Prayitno, P. H., Wuntu, G., & Gunawan, M. M., 2021 "Penguatan Kelembagaan POKDARWIS Dalam Merintis Desa Wisata Melalui Penciptaan Identitas Dan Kapabilitas Perencanaan Organisasi. JUrnal Masyarakat Mandiri, Vol.5, 491-504".
[10] Purnawati, L., 2021. "Pembentukan Kelompok Sadar Wisata (PKDARWIS) Dan Pengembangan Wisata Di Pantai Gemah"., Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Vol. 14, 293-307.
[11] Resdiana, E., & Hasanah, L., 2020. "Peran Pokdarwis Andang Taruna Sebagai Katalisator Terwujudnya Karakter Peduli Wisata (Studi Di Banraas Pulau Fili Iyang Madura). Journal Of Govermance Innovation, Vol. 2, 157-174".
[12] Rofiq, M. R., & Pranata, R., 2021. "Jenis-Jenis Objek Ekowisata Dan Peran Kelopok Sadar Wisata (POKDARWIS) Nglanggeran Dalam Pengelolaan Ekowisata Di Desa Wisata Nglanggeran Kabupaten Gunung Kidul", Jurnal Of Tourism and Creativity,Vol. 5, 14-28.
[13] Rustamaji, M., Santoso, B., Kristiyadi, Yulianti, S. W., & Herdyanto, E., 2020. "Pemberdayaan POKDARWIS Desa Sidowayah Berbasis Penguatan Branding Di Era Revolusi Induatri 4.0. Prosiding PKM-CSR, Vol. 3, 1123-1130"
[14] Setiawati, R., & Aji, P. S., 2020. "Implementasi Sapta Pesona Sebagai Upaya Dalam Memberikan Pelayanan Prima Pada Wisatawan Di Desa Wisata Pentingsari", Jurnal Administrasi Bisnis Terapan, Vol. 2, 128-130.
[15] Simorangkir, Y. V., Therik, W., & Handayani, W., 2020. "Kelemahan Dasar Pokdarwis Wondelrful Dalam Pengembangan Pariwisata Di Kawasan Situs Manusia Purba Sangiran. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, Vol. 6, 165-183".Soerjono, S., 2002. "Teori Peranan. Bumi Aksara".
[16] Sutiani, N. W., 2022. "Peran Serta Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dalam Pengembangan Desa Wisata Di Desa Taro Kecamatan Tegallalang Kabupaten Gianyar. Jurnal Ilmiah Cakrawarti, 4, 1".
[17] Cooper et. al. 1993.Tourism Principles &Practice.England : Longman Group Limited.
[18] Adams, W. M., Green Development Environment and Sustainability in the Third World (London: Routledge, 1990).
[19] Anonim, Agenda 21 Sektoral Agenda Pariwisata untuk Pe ngembangan Kualitas Hidup Secara Berkelanjutan (Jakarta: Proyek Agenda 21 Sektoral Kerjasama Kantor Menteri Negara Lingkungan Hidup dan UNDP, 2000). Aronsson, Lars, The Development of Sustainable Tourism (London: Continum, 2000) Baiquni,
[20] M, “Integrasi Ekonomi dan Ekologi dari Mimpi Menjadi Aksi,” dalam Wacana, III, 12, 2002. Becker, Egon, & T. Jahn (eds.), Sustain-ability and The Social Sciences (New York: UNESCO dan ESOI, 1999).
Published
2024-03-16
How to Cite
Widiana, I., Murianto, M., & Sriwi, A. (2024). PERAN POKDARWIS DALAM PENGUATAN SAPTA PESONA PADA MASYARAKAT LOKAL DI DESA WISATA BONJERUK KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. Journal Of Responsible Tourism, 3(3), 919-932. https://doi.org/10.47492/jrt.v3i3.3143
Section
Articles