PERSEPSI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN POTENSI PARIWISATA BUDAYA DI DESA ANDALAN KABUPATEN LOMBOK UTARA

  • Tutiq Ayunem Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • I Made Suyasa Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
Keywords: Persepsi, Potensi Pariwisata, Budaya, Lombok Utara

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai persepsi masyarakat dalam pengembangan potensi pariwisata budaya di Desa Andalan Kabupaten Lombok Utara penelitian ini diuraikan dalam beberapa jawaban terhadap rumusan masalah yaitu Seberapa besar potensi pariwisata budaya di Desa Andalan Kabupaten Lombok Utara dapat dikembangkan sebagai daya tarik wisata, Bagaimanakah persepsi masyarakat dalam pengembangan potensi pariwisata budaya di Desa Andalan Kabupaten Lombok Utara. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripkan tentang potensi dan persepsi masyarakat dalam rangka pengembangan pariwisata budaya di Desa Andalan Kabupaten Lombok Utara. Penulisan penelitian ini disajikan secara deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data. Observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling, menurut Sugiono (2011) purposive sampling adalah teknik penetuan informan dengan pertimbangan pada kemampuan informan untuk memberikan informasi selegkap-lengkapnya kepada peneliti. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif adalah metode ini digunakan dalam menjelaskan dan mendeskripsikan data yang terkumpul dalam rangka menjawab  masalah.

References

[1] Akbarsyah Novary Gita 2017. Upaya Pengelola Objek Wisata Museum Sultan Mahmud Badarudin II Palembang dalam Menyampaikan Pesan Edukasi Komunikasi. Palembang: Politeknik Negeri Sriwijaya.
[2] Aprilianti, Dian 2015. Penilaian Potensi Objek Wisata Air Puteri Malu Kampung Jukuh Batu Kecamatan Banjit Kabupaten Way Kanan.
[3] Devy, Helln Angga dan R.B. Soemanto. 2017. Jurnal pengembangan objek dan daya tarek wisata di kabupaten karanganyar. Surakarta: Universitas sebelas maret.
[4] Hariyana, I Kadek dan I Gusti agung oka mahagangga. 2015. Jurnal persepsi masyarakat terhadap pengembangan kawasan goa petang sebagai daya tarik wisata di desa jimbaran kuta selatan kabupaten badung. Bali: universitas udayana.
[5] Safitri, dyah, priyanto. Proses knowledge transfer pada perajin batik tulis di desa wisata kliwonan masaran kabupaten sragen jawa tengah. Jurnal ilmu perpustakan FIB UI Volume 5. Nomor 1, januari- juni 2016.
[6] Safitri,dyah dan priyanto.2015.jurnal pengambangan potensi desa
[7] Sugiyono. 2010. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif,kualitatif,dan R&D.Bandung:Alfabeta.
[8] Suparyanti, sutri. 2013. Jurnal analisis potensi kawasan objek wisata di kecamatan ngargoyoso kabupaten karanganyar. Sukalarta: universitas surakarta muhammadiyah
[9] wisata berbasis budaya tinjauan terhadap desa wisata di jawa tengah.jakarta:universitas indonesia.
[10] Yoeti, oka. 1966. Penganter ilmu pariwisata. Penerbit angkasa. Bandung.
Published
2023-11-10
How to Cite
Ayunem, T., & Suyasa, I. (2023). PERSEPSI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN POTENSI PARIWISATA BUDAYA DI DESA ANDALAN KABUPATEN LOMBOK UTARA. Journal Of Responsible Tourism, 3(2), 863-874. https://doi.org/10.47492/jrt.v3i2.2865
Section
Articles