IMPLEMENTASI SAPTA PESONA DALAM UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN POKDARWIS DI DESA WISATA BONJERUK

  • Meli Septiana Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • I Ketut Bagiastra Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Lalu M Iswadi Athar Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Indrapati Indrapati Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
Keywords: Sapta Pesona, Pelayanan Prima, Pokdarwis, Wisatawan, Desa Wisata Bonjeruk, Lombok Tengah

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi Sapta Pesona dalam upaya meningkatkan pelayanan Pokdarwis di Desa Wisata Bonjeruk Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan tentang kurang optimalnya penerapan sapta pesona di desa wisata Bonjeruk dan upaya meningkatkan kualitas pelayanan pokdarwis. Penulisan dalam penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran penerapan Sapta Pesona di desa wisata Bonjeruk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah implementasi, Sapta Pesona, pelayanan, Pokdarwis, dan desa wisata dengan teori yang digunakan adalah teori pelayanan prima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Sapta Pesona di desa wisata Bonjeruk sudah terlaksana dan masih dalam tahap pengembangan. Kesimpulan yang dapat diambil adalah penerapan Sapta Pesona di desa wisata Bonjeruk masih memerlukan pengembangan lebih lanjut agar penerapannya dapat berjalan maksimal sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada wisatawan..

References

[1] Daryanto dan Setyobudi, I. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media
[2] Hadi, W & Widyaningsih, H. 2020. Implementasi Penerapan Sapta Pesona Wisata Terhadap Kunjungan Wisatawan di Desa Sambirejo Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pariwisata dan Budaya. 11(2). DOI: 10.31294/khi.v11i2.8862
[3] Harahap, N. 2020. Penelitian Kualitatif. Medan, Sumatera Utara. Wal Ashri Publishing.
[4] Idrus, S. 2021. Menulis Skripsi Sama Gampangnya Membuat Pisang Goreng. Batu. Literasi Nusantara
[5] KBBI Daring. Pengertian Pelayanan. https://kbbi.web.id/pelayanan. (Diakses pada tanggal 10 Januari 2022)
[6] Keputusan Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi Nomor.5/UM.209/MPPT-89 tentаng Pedomаn Penyelenggаrааn Sаptа Pesonа
[7] Kotler, P. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta. Indeks
[8] Moenir, A.S. 1995. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta. Bumi Aksara
[9] Murianto (2019). Desa Bonjeruk Sebagai Desa Wisata Berbasis Alam dan Budaya di Lombok Tengah. Jurnal Hospitality. 8(1). https://stp-mataram.e-journal.id/JHI
[10] Nurlia. 2018. Strategi Pelayanan dengan Konsep Service Excellent. Meraja Journal. 1(2). https://www.jurnal.ustjogja.ac.id
[11] Nuryаnti, Wiendu. 1993. Concept, Perspective аnd Chаllenges, mаkаlаh bаgiаn dаri Lаporаn Konferensi Internаsionаl mengenаi Pаriwisаtа Budаyа. Yogyаkаrtа: Gаdjаh Mаdа University Press
[12] Pasolong, H. 2010. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta
[13] Pedoman Kelompok Sadar Wisata Direktorat Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 2021. Jakarta: Persada
[14] Peraturan Menteri Kebudayaan Dan Pariwisata Nomor:PM.26/UM.001/MKP/2010 Tentang Pedoman Umum Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM)
[15] Profil Desa Wisata Bonjeruk Tahun 2021. 2021. Pemerintah Desa Bonjeruk
[16] Rahmawati, SW dkk. 2017. Penerapan Sapta Pesona Pada Desa Wisata (Analisis Persepsi Wisatawan Atas Layanan Penyedia Jasa di Kampung Wisata Kungkuk, Desa Punten, Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis. 50(02). administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id
[17] Raco, J.R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta. Grasindo. Hal 13
[18] Riani, N.K. 2021. Strategi Peningkatan Pelayanan Publik. Jurnal Inovasi Penelitian. 1(11). https://stp-mataram.e-journal.id
[19] Setiawati. R & Aji, P.S.T. 2020. Implementasi Sapta Pesona Sebagai Upaya Dalam Memberikan Pelayanan Prima Pada Wisatawan di Desa Wisata Pentingsari. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan. 2(2).DOI:https://doi.org/10.7454/jabt.v2i2.98
[20] Sudarmayasa, I.W dkk. 2020. Implementasi Standar Usaha Pondok Wisata Di Desa Wisata Pentingsari Yogyakarta. JUMPA. 7(1). ojos.unud.ac.id
[21] Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[22] Susanti, YA & Oktavia, R. 2020. Implementasi Pelayanan Prima dalam Upaya Peningkatan Kepuasan Customer Pada Hotel Walan Syariah Sidoarjo. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah. 5(2). http://journal.musurabaya.ac.id/index.php/Maqasi
[23] Susanto, Joko dkk. 2021. Implementasi Sapta Pesona di Objek Wisata Mengkarang Purba Desa Bedeng Rejo Kecamatan Bangko Barat Kabupaten Merangin. Jurnal Ilmu Administrasi Negara. 11(01).
[24] Silvia, F. 2018. Pelayanan Prima dan Kepuasan Pelanggan di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara(KPPN) Makasar II. Diploma Thesis. http://eprints.unm.ac.id/id/eprinnt/10107
[25] Widiyanita, N. 2018. Penerapan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pelajaran IPS Materi Bencana Gunung Berapi Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Colomadu Karanganyar. Universitas Muhamadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id
[26] Yatmaja, P. T. 2019. Efektivitas Pemberdayaan Masyarakat Oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdawis) dalam Mengembangkan Pariwisata Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik dan Pembangunan. 10(1). www.academia.edu
[27] Zed, M. 2014. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta. Yayasan Obor Indonesia.
Published
2023-11-10
How to Cite
Septiana, M., Bagiastra, I., Athar, L., & Indrapati, I. (2023). IMPLEMENTASI SAPTA PESONA DALAM UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN POKDARWIS DI DESA WISATA BONJERUK. Journal Of Responsible Tourism, 3(2), 783-792. https://doi.org/10.47492/jrt.v3i2.2857
Section
Articles