ANALISIS SOSIAL MEDIA SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DAYA TARIK WISATA ABANGAN ( STUDI KASUS :DUSUN REPOK PENGENJEK DESA PRINGGARATA KABUPATEN LOMBOK TENGAH)

  • M Haufandi Zikri Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Erri Supriadi Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • M Azizurrohman Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Lalu Mahsar Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
Keywords: Media Sosial, Strategi Komunikasi Pemasaran, Abangan Media Sosial, Wisata Abangan, Pariwisata Lombok Tengah.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis media sosial sebagai strategi komunikasi pemasaran objek wisata Abangan Repok Desa Penjek Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab rumusan masalah yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial, kendala media sosial sebagai strategi komunikasi pemasaran objek wisata Abangan. Penulisan penelitian ini disajikan secara deskriptif untuk mengetahui strategi pemasaran melalui media sosial, kendala media sosial sebagai strategi pemasaran objek wisata Abangan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran melalui media sosial objek wisata abangan memanfaatkan jaringan media sosial seperti facebook dan instagram, kendala yang ditemukan media sosial sebagai strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan antara lain penentuan konten dan konsep, kurangnya waktu dialokasikan dalam pengelolaan media sosial, dan jaringan internet yang lambat. Kesimpulan yang dapat diambil mengenai media sosial sebagai strategi pemasaran objek wisata Abangan masih belum maksimal, sehingga diperlukan tenaga ahli yang lebih fokus dan kreatif dalam membuat konten atau mengedukasi staf yang ada agar promosi atau komunikasi pemasaran terlaksana dengan maksimal. tujuan akhirnya tentu saja untuk meningkatkan jumlah kunjungan. di objek wisata Abangan.

Published
2023-11-10
How to Cite
Zikri, M., Supriadi, E., Azizurrohman, M., & Mahsar, L. (2023). ANALISIS SOSIAL MEDIA SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DAYA TARIK WISATA ABANGAN ( STUDI KASUS :DUSUN REPOK PENGENJEK DESA PRINGGARATA KABUPATEN LOMBOK TENGAH). Journal Of Responsible Tourism, 3(2), 773-780. https://doi.org/10.47492/jrt.v3i2.2856
Section
Articles