STRATEGI PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA TIU SAONG DESA SELELOS KABUPATEN LOMBOK UTARA

  • Handika Handika Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Murianto Murianto Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Lalu Masyhudi Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • I Ketut Bagiastra Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
Keywords: Strategi, Pengembangan, Daya Tarik Wisata, Tiu Saong, Pariwisata Lombok Utara.

Abstract

Air terjun tiu saong adalah salah satu air terjun yang berada di Desa Selelos,Kecamatan Gangga,Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tengara Barat. Peneletian ini bertujuan untuk mengetahui apakah potensi daya tarik wisata Air Terjun Tiu Saong Desa Selelos Kabupaten Lombok Utara dan bagaimanakah strategi pengembangan daya tarik wisata Air Terjun Tiu Saong Desa Selelos Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif. Metode penentuan responden secara purposive sampling. Data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Analisi SWOT yaitu membandingkan antara faktor-faktor eksternal yang merupakan peluang (opportunities) dan ancaman (threats) dengan faktor-faktor internal yang merupakan kekuatan (strengths) dan kelemahan (weaknesses) yang terjadi pada saat penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa Potensi Desa Selelos cukup banyak seperti Wisata Air Terjun Tiu Saong yang terletak di Desa Selelos memiliki potensi kawasan yang cukup indah dengan kesejukan air, bersih, nyaman menyuguhkan pemandangan hutan yang sangat asri, suara kicauan burung dan di kawasan ini ada juga dua air terjun mini, sebagai sumber mata air bagi masyarakat sekitar, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan juga terdapat kelompok sadar wisata pokdarwis yang mengelola tempat tersebut dengan baik dan Strategi alternatif yang akan digunakan adalah membangun dan memperbaiki sarana dan pemeliharaan prasarana wisata agar wisatawan merasa nyaman datang ke tempat wisata tiu saong, mengadakan akomodasi pariwisata dan mengembangkan atraksi wisata membangun dan mengadakan aksesibilitas wisata, meningkatkan promosi dan memperbaiki program pengembangan lebih bagus untuk menghadapi persaingan antar objek wisata, melakukan koordinasi dengan pihak swasta untuk menanamkan modal, melakukan pemberdayaan, penyuluhan agar menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya masyarakat sadar wisata.

Published
2023-11-10
How to Cite
Handika, H., Murianto, M., Masyhudi, L., & Bagiastra, I. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA TIU SAONG DESA SELELOS KABUPATEN LOMBOK UTARA. Journal Of Responsible Tourism, 3(2), 707-716. https://doi.org/10.47492/jrt.v3i2.2850
Section
Articles