KOMPOSISI RESEP SATE IKAN TANJUNG SEBAGAI ICON KULINER KABUPATEN LOMBOK UTARA

  • Eka Septina Dinayu Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Lalu Yulendra Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • I Putu Gede Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
Keywords: Komposisi Resep, Ikon Kuliner, Sate Ikan,Pariwisata Lombok Utara.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan proses pembuatan sate ikan Tanjung dan komposisi sate ikan Tanjung sebagai ikon kuliner di Kabupaten Lombok Utara. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Desa Tanjung Kabupaten Lombok Utara pada bulan Juni 2022. Sumber data menggunakan sumber data kualitatif yang diambil dari pedagang sate ikan Tanjung terpilih. Teknik pengumpulan data kualitatif adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif menggunakan tiga alur kegiatan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian proses pembuatan bumbu sate ikan tanjung umumnya ada 2 cara yaitu dengan cara diulek dan diblender, namun pedagang sate ikan lebih memilih menggunakan blender dibandingkan diulek karena jumlahnya yang banyak dan menghemat waktu walaupun dengan cara dihaluskan. menghasilkan rasa yang lebih nikmat. Komposisi resep sate ikan tanjung menggunakan bahan-bahan seperti kencur, garam, lengkuas, penyedap rasa, jahe, cabai besar, cabai kecil, bawang putih, kunyit, terasi, kemiri, gula pasir, kelapa dan daun jeruk. Komposisi Resep Sate Ikan Tanjung sebagai berikut, mempunyai rasa, warna dan aroma yang lebih dominan dengan perbandingan penggunaan gula pasir, cabai kecil, cabai besar dan bawang bombay. Sedangkan penggunaan daun jeruk juga bisa digunakan untuk menambah aroma yang lebih nikmat.

References

[1] Kotler, P. J. (2009). Marketing For Hospitality and Tourism.
[2] Putra, I. N. (2021). Wisata Kuliner Sate Ikan Tanjung. Jurnal Pepadu, 107-110.
[3] Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[4] Suswantoro, G. (2004). Dasar-dasar Pariwisata. Yogyakarta: ANDI.
[5] Swastha, B. (2005). Menejemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
[6] Tiani, S., Yulendra, L., Rosida, L., & Supriyadi, E. (2022). STRATEGI MENGANGKAT CITRA SATE TANJUNG SEBAGAI KULINER KHAS HOTEL DI KABUPATEN LOMBOK UTARA. Journal Of Responsible Tourism, 2(1), 37-50.
Published
2023-11-10
How to Cite
Dinayu, E., Yulendra, L., & Gede, I. (2023). KOMPOSISI RESEP SATE IKAN TANJUNG SEBAGAI ICON KULINER KABUPATEN LOMBOK UTARA. Journal Of Responsible Tourism, 3(2), 701-706. https://doi.org/10.47492/jrt.v3i2.2849
Section
Articles