ANALISIS KEPUASAN PENGUNJUNG TERHADAP FASILITAS SARANA PRASARANA PADA DESTINASI WISATA OTAK KOKOK JOBEN KABUPATEN LOMBOK TIMUR
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Analisis Kepuasan Pengunjung Terhadap Fasilitas Sarana Prasarana Pada Destinasi Wisata Otak Kokok Joben. Otak Kokok Joben memiliki potensi untuk dikelola dan dikembangkan yaitu salah satunya adalah air terjun yang dimana air terjun ini berkhasiat dapat menyumbuhkan penyakit. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Kepuasan Pengunjung Terhadap Fasilitas Sarana Prasarana pada Destinasi Wisata Otak Kokok Joben Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif dan kuantitatif menggunakan skala likert. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Obsrvasi, Kuesioner (angket), wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu IPA (Importance – Perfomance Analysis). Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data IPA (Importance Performance Analysis menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kesesuaian sebesar 79,60% maka dapat disimpulkan bahwa pengunjung belum puas dengan fasilitas sarana prasarana yang ada di Destinasi Wisata Otak Kokok Joben.
References
[2] Ismayanti. 2010. Pengantar Pariwisata. Jakarta: Kompas Gramedia.
[3] Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas Jilid 1. Jakarta: Indeks.
[4] Suchaina, 2014, Psikologi Pengaruh Kualitas Fasilitas Saranadan Prasarana terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung Wisata Danau Ranu Grati, Vol II, No. 2.
[5] Sunyoto, Danang. 2013. Teori Kuesioner dan Analisis Data untuk Pemasaran dan Prilaku Konsumen. Edisi 2013. Graha Ilmu. Yogyakarta.
[6] Tjiptono. 2012. Startegi Pemasaran Edisi Kedua. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Andi Offset.