PENGEMBANGAN POTENSI AGROWISATA DI DESA SAJANG KECAMATAN SEMBALUN LOMBOK TIMUR

  • Ni Komang Triana Sentana N Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Sri Wahyuningsih
  • ander sriwi Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Indrapati Indrapati Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
Keywords: Pengembangan, Agrowisata, SWOT.

Abstract

Laporan Tugas Akhir ini mengkaji tentang Potensi dan Pengembangan Agrowisata Desa Sajang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi yang dimiliki Agrowisata Desa Sajang, upaya-upaya yang harus dilakukan dalam pengembangannya, dan kendala-kendala yang dihadapi didalam mengembangkan Agrowisata Desa Sajang. Penelitian ini disajikan secara deskriptif yaitu menggambarkan dari informasi tentang Agrowisata Desa Sajang. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi . Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa, Agrowisata Desa Sajang sangat potensial untuk dikembangkan di Kecamatan Sembalun karena memiliki potensi yang menarik bagi pengunjung. Dalam pengembangan Agrowisata Desa Sajang ini ternyata masih mengalami berbagai kendala yang ada, antara lain, Kendala fasilitas wisata yang belum terpenuhi dan tidak adanya keterlibatan pemerintah desa atau instansi lainnya. Kesimpulan yang dapat diambil adalah Potensi yang terdapat di Agrowisata Desa Sajang sangat menarik untuk dikembangkan, agar dapat dikenal oleh khalayak umum dan peran pemerintah serta pihak pengelola dalam strategi pengembangan agrowisata tersebut sangat diperlukan agar tercipta kawasan wisata yang potensial untuk dikunjungi.

References

[1] Agustina, C. L., & Hapsari, H. (2018). Dampak Agrowisata Kampung Batu Terhadap Aspek Sosial Ekonomi Dan Budaya Masyarakat. Agribisnis Dan Sosial Ekonomi Pertanian, 67.
[2] Alfitriani, A., Putri, W. A., & Ummasyroh, U. (2021). Pengaruh Komponen 4A Terhadap Minat Kunjung Ulang Wisatawan Pada Destinasi Wisata Bayt Al-Qur’an Al-Akbar Kota Palembang. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis, 1(2), 66-77.
[3] Amalia, T. (2022). Strategi Pengembangan Kampung Flory di Kabupaten Sleman Jogjakarta. S1 thesis.
[4] Andini, N. (2013). Pengorganisasian Komunitas Dalam Pengembangan Agrowisata Desa Wisata Kembangarum Kabupaten Sleman. Perencanaan Wilayah Dan Kota , 173-188.
[5] Andini, n. (2013). Pengorganisasian Komunitas Dalam Pengembangan Di Agrowisata Desa Wisata Kembangarum Kqabupaten Sleman. Perencanaan Wilayah Dan Kota , 15.
[6] Andrasmara, D., Santosa, S., & Endarto, D. (2015). Pengembangan Potensi Pariwisata Geografi Dan Analisis Kurikulum SMA Untuk Meningkatkan Daya Tarik Wisata Di Kabupaten Karang Anyar. Geoeco, 180-194.
[7] Cahyono, W. A. (2011). Potensi dan Pengembangan Agrowisata Kampoeng Kopi Banaran Di Kabupaten Semarang Jawa Tengah.
[8] Hadji, K., Wahyu, M., & Pratama , A. B. (2017). Potensi Dan Pengembangan Wahana Objek Sebagai Daya Tarik Wisata Edukasi Keluarga Di Kabupaten Magelang. The 6th University Research Colloquium.
[9] Harira, S. (2020). Strategi Pengembangan Kampung Wisata Tenun Berbasis Community Based Tourism. Bachelor Thesis.
[10] Kuntarto, A., & Murnisari, R. (2016). Analisis Potensi Wisata Dan Kesadaran Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Domestik (Studi Pada Pantai Pehpulo Di Desa Sumbersih, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 1(1), 36-49.
[11] Lukitasari, M. W. (2019). Implementasi Komunikasi Pemasaran Perusahaan Jasa Travel Pada Wisatawan Mancanegara (Studi Pada Agen Travel Ourtrip1st Di Kota Malang) (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
[12] Nisfudza, Q. (2013). Potensi Budidaya Tanaman Markisa Sebagai Objek Agrowisata di Berastagi Kabupaten Karo.
[13] Nugraha, G. P. (2017). Pengembangan Agrowisata Anggur Berbasis Mayarakat di Desa Banyupoh, Kecamatan Gerogak, Kabupaten Buleleng Bali. 1-11.
[14] Palit , G. I., Talumingan, C., & Rumangit, G. A. (2017). Strategi Pengembangan Kawasan Agrowisata Rurukan. Agri-Sosio Ekonomi Unsrat, 21-33.
[15] Pamulawrdi, B. (2006). Pengembangan Agrowisata Berwawasan Lingkungan (Studi Kasus Desa Wisata Tingkir, Salatiga) . 204.
[16] Perwira, N. I., Ariana, N., & Rahyuda, I. (2018). Pola Interaksi Antara Trainee Dengan Karyawan Di Intercontinental Bali Resort. kepariwisataan dan hopitalitas.
[17] Prawira, S. A., & Pranitasari, D. (2020). Pengaruh Aksesibilitas, Inovasi Dan Kualitas Pelayanan Fasilitas Publik Terhadap Kepuasan Penumpang Disabilitas Di Kereta Rel Listrik Jakarta. Pengaruh Aksesibilitas, Inovasi Dan Kualitas Pelayanan Fasilitas Publik Terhadap Kepuasan Penumpang Disabilitas Di Kereta Rel Listrik Jakarta.
Published
2023-03-31
How to Cite
Sentana N, N. K., Wahyuningsih, S., sriwi, ander, & Indrapati, I. (2023). PENGEMBANGAN POTENSI AGROWISATA DI DESA SAJANG KECAMATAN SEMBALUN LOMBOK TIMUR. Journal Of Responsible Tourism, 2(3), 557-572. https://doi.org/10.47492/jrt.v2i3.2546
Section
Articles