PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA OBYEK WISATA PANTAI AMPENAN KOTA MATARAM NUSA TENGGARA BARAT

  • Hasan Abdul Gani Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • I Ketut Bagiastra Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Lalu Mohamad Iswadi Athar Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
Keywords: Sarana, Prasarana, Pengelolaan, Obyek Wisata.

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pariwisata dalam meningkatkan Pengelolaan sarana dan prasarana di obyek wisata Pantai Ampenan, tujuan penelitian untuk mendeskripsikan ketersediaan sarana dan prasarana prawisata dan Teknik Pengelolaan Sarana dan Prasarana di Obyek Wisata Pantai Ampenan dalam meningkatkan pengelolaan sarana dan prasarana pariwisata. Metode yang digunakan dalam pegumpulan data adalah dengan observasi, wawancara,dan dokumentasi. Teknik analisis data pendekatan yang digunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengunakan teknik analisa data yang menggunakan analilis kualitatif. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan Pengelolaan sarana dan prasarana di obyek wisata Pantai Ampenan  bahwa sudah ada namun masi perlunya perawatan , seperti toilet yang ada kondisisnya masih kotor dan spot foto tidak bisa digunakan dikarnakan kondisinya sudah rusak  sehingga pengunjung yang datang ke obyek wisata Pantai Ampenen merasa kurang nyaman jadi perlunya pengelolaan dari sarana dan prasarana yang tersedia  meliputi : penyediaan, pengunaan, penataan dan pemeliharaan dari pihak pengelola agar fasilitas yang sudah tersedia bisa di manfaatkan dengan baik lagi oleh pengeunjung agar kebutuhan pengunjung yang berkunjung ke obyek wisata Pantai Ampenan bisa terpenuhi.

References

[1] Istiqomah, L. (2020). Identifikasi Kelengkapan Sarana dan Prasarana Pariwisata di Kebun Teh Jamus Kabupaten Ngawi. Sinektika: Jurnal Arsitektur, 16(2), 101-107.
[2] Mailizar, B. (2018). Pengembangan Objek Wisata Air Terjun Guruh Gemurai di Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi Berdasarkan Sisi Permintaan dan Ketersediaan Sarana Prasarana Wisata. JURNAL BUANA, 2(4), 29-40.
[3] Moleong L, J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif., PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
[4] MUZAKKAR, A. K. (2019). Studi Pengelolaan Objek Wisata Pantai Akkarena Sebagai Sarana Rekreasi Bagi Masyarakat Kota Makassar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).
[5] Nasution, L., Anom, S., & Karim, A. (2020). Pengaruh Program Sapta Pesona Dan Fasilitas Terhadap tingkat Kunjungan Objek Wisata T-Gardendi Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Darma Agung, 28(2), 211-230
[6] Saragih, S. L. (2020). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Binahal Indah Resort Sebagai Objek Wisata di Kabupaten Simalungun
[7] Siregar, P. S. (2020). Analisis Penyediaan Sarana dan Prasarana dalam Pengembangan Kepariwisataan di Desa Semangat Gunung Kecamatan Merdeka Kabupaten Karo.
[8] Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. ZURA, Z. M. (2018). Pengelolan obyek wisata di kecamatan kuok oleh dinas pariwisata dan kebudyaan kabupaten Kampar. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Published
2023-04-01
How to Cite
Gani, H., Bagiastra, I., & Iswadi Athar, L. (2023). PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA OBYEK WISATA PANTAI AMPENAN KOTA MATARAM NUSA TENGGARA BARAT. Journal Of Responsible Tourism, 2(3), 519-530. https://doi.org/10.47492/jrt.v2i3.2543
Section
Articles