KUALITAS PELAYANAN RESTORAN GOLDEN PALACE HOTEL LOMBOK DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN

  • I Wayan Wagiana Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • I Ketut Purwata Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • I Gede Widya Suputra Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Siluh Putu Damayanti Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Agusman Agusman Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
Keywords: Restoran, Pelayanan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen.

Abstract

Penelitian ini berfokus pada Restoran Golden Palace Hotel, Golden Palace merupakan hotel yang fokus pada pelayanan pelanggan, sehingga untuk mencapai tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi perlu dilakukan penelitian tentang kepuasan konsumen. Penelitian ini membahas mengenai kualitas pelayanan restoran Golden Palace Hotel Lombok dalam meningkatkan kepuasan konsumen, tujuan penelitian untuk mendeskripsikan bagaimana kualitas pelayanan di Restoran Golden Palace Hotel Lombok dalam meningkatkan kepuasan konsumen. Jenis data yang digunakan jenis data kualitatif dengan pendekatan kuantitatif penelitian di gambarkan mengunakan angka, sumber data yang digunakan data primer dan sukunder. Metode yang digunakan dalam pegumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data pendekatan yang digunakan penelitian kualitatif dengan mengunakan teknik analisa data yang menggunakan skala likert. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan kualitas pelayanan di restoran Golden Palace Hotel Lombok dalam meningkatkan kepuasan konsumen, dari hasil skor skala likert yang di gunakan jumlah skor yang di peroleh berada pada rentan 121-150 sangat memuaskan. Jadi kualitas pelayanan yang di berikan dapat meningkatkan kepuasan konsumen pada restoran Golden Palace Hotel Lombok sangat memuaskan.

References

[1] Budijanto, D. (2013). Populasi, Sampling, dan Besar Sampel. Kementerian Kesehatan RI.
[2] Candra, M. L. (2018).“Peran Waiters/Waitress Dalam Meningkatkan Kepuasan Customers Di Restoran Bumbu Desa Aston Hotel & Conerence Center” .
[3] Drs. Danang Sunyoto, S. S. (2012). Konsep dasar riset pemasaran & perilaku konsumen. Yogyakarta: caps ( center for academic publishing service ).
[4] Hadi, M. S. (2018). Peranan Standard Recipe Untuk Meningkatakan Efisiensi Kerja Juru Masak Pada Chinese Food Section di Golden Palace Hotel Lombok (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).
[5] Kadir, A. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Kamar Superior Pada Grand Mahkota Hotel Pontianak (Doctoral dissertation).
[6] LUBIS, A. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pendidikan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area Medan. Jkbm (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 1(1), 29-36.
[7] MarMagdalena Isa Pora Bili, I. B. (2021). Analisis tingkat kepuasan nasabah reguler atas pelayanan customer service pada bank central asia cabang utama cakranegara mataram tahun 2021.
[8] Marsum, W, 2005. Restoran dan Segala Permasalahannya. edisi 4. Yogyakarta:
[9] Moha, S., & Loindong, S. (2016). Analisis kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Yuta di kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(1).
[10] Naokaketi, I. G. (2020). Analisis tingkat kepuasan nasabah terhadap pelayanan pada PT. China construction.
[11] Rena, I. G. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen atas Kualitas Pelayanan Jasa Bengkel Otomotif pada Cancer Motor Cakranegara Mataram tahun 2021.
[12] Roscoe, J. T. (1982). Research methods for business. Boston: Kent.
[13] Soraya, I. (2014). Pengaruh Konservatisma Akuntansi Terhadap Manajemen Laba Dengan Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Pemoderasi. Diponegoro Journal of Accounting, 452-462.
[14] SINRANG, A. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen pada Hotel Grand Clarion Makassar.
[15] Weenas, J. R. (2013). Kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4).
[16] Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83-91.
[17] Sugiyono.2017.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[18] Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. Services marketing strategy. Wiley International Encyclopedia of Marketing.
[19] Zeithaml, V, A,, Parasuraman, A,, 8c Berry, L, L, (1990), Delivering quality service:Balan
Published
2022-11-16
How to Cite
Wagiana, I., Purwata, I., Widya Suputra, I., Damayanti, S., & Agusman, A. (2022). KUALITAS PELAYANAN RESTORAN GOLDEN PALACE HOTEL LOMBOK DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN. Journal Of Responsible Tourism, 2(2), 415-430. https://doi.org/10.47492/jrt.v2i2.2177
Section
Articles