PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MENGEMBANGKAN PARIWISATA DI DESA WISATA BAYAN

  • Niki Hannaji Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • I Ketut Bagiastra Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Rizal Kurniansah Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
Keywords: Potensi Pariwisata dan Pemberdayaan Masyarakat.

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan aspek penting dalam mengembangkan desa wisata. Hal ini dikarenakan pengembangan desa wisata banyak menggunakan sumber daya yang dimiliki oleh masyarakat. Masyarakat memiliki peran penting untuk menunjang keberhasilan pembangunan desa wisata sehingga masyarakat yang tidak berdaya perlu diberdayakan untuk menciptakan kemandirian dan kesejahteraan ekonomi bagi masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi, observasi dan studi literatur. Wawancara merupakan salah satu metode pengumpulan data dengan sumber data baik sumber data langsung maupun tidak langsung. Kajian ini mengkaji potensi wisata, peran masyarakat dan bagaimana pemberdayaan masyarakat. Sumber data diperoleh dari kepala Desa Bayan, ketua kelompok sadar wisata Desa Bayan dan masyarakat di Desa Bayan untuk dijadikan narasumber. Desa dapat dijadikan sebagai objek wisata sehingga dapat mengundang wisatawan untuk datang ke Desa Wisata Bayan. Dengan adanya desa wisata ini dapat meningkatkan peluang pendapatan bagi masyarakat dan mengurangi pengangguran. Dengan memberikan pelatihan kepada masyarakat desa bayan tentang pariwisata sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada di desa wisata bayan dan dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri. Dengan adanya desa wisata dapat memberdayakan masyarakat di Desa Bayan Kabupaten Lombok Utara.

References

[1] Bambang Sunaryo.2013. Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata Konsep Dan Aplikasinya di Indonsia. Yogyakarta: Gava Media
[2] Sumaryadi. 2005. Perencanaan Pembangunan Daerah Otonom dan Pemberdayaan Masyrakat, Jakarta: CV Citra UtamA
[3] Priasukmana, Soetarso & R. Mohammad Mulyadin, (2001).Pembangunan Desa Wisata: Pelaksanaan Undang-undang Otonomi Daerah. Info Sosial Ekonom Vol.2 No.1
[4] Adisasmita, R. (2006). Membangun Desa Prtisipatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
[5] Najiati, et all, Pemberdayan Masyarakat di Labu nGambut, Bogor: Wetlands Inernational, 2005.
[6] Prabawati, Hemas Jakti Putri. 2013.”Faktor-Faktor Keberhasilan Community Based Tourism Dalam Pengembangan Desa Wisata”
[7] Admoko Hadi PrastyoT,”Strategi Pengembangan Potensi Desa Wisata Brajan Kabupaten Seleman,”Media Wisata, (vol 12 No 2 November 2014)
[8] Desiati Rosita,”Pembedayaan Masyrakat Melalui Pengelolaan Program Desa Wisata,” Dala Jurnal Ilmiah DIKLUS (Edisi XVII.No,01,September 2013)
[9] Efendi Noer Tadjuddin,” Strategi Pengembangan Masyarakat :Alternatif Pemikiran Reformatif, ” Sosial Politik (vol.3 No.2 November 1999)
[10] Hidayah Istoria Novie,” Pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan desawisata. Jatimulyo, girimulyo, kulonprogo, daerah istimewa Yogyakarta,” Skripsi jurusan ilmu administsi Negara fakultas ilmu sosial di universitas Yogyakarta, 2017
[11] Kasiran Moh., Metode logi Penelitian Kuantitatif Kualitat f ( Yogyakarta: UIN Maliki Press 2010)
[12] Martono Edi dan Muhammad ,“Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desa Wisata Dan Implikasinya Terhadap Wisata,” ketahanan social (Vol.23, No.1, April 2017)
[13] Mustangin dkk ”Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Melalui Program Desa Wisata di Desa Bumi ajI Sosioglobal.,” Pemikiran dan Penelitian Sosiologi (Vol.1, No.2,2017)
[14] Nurdiyanto Sigit,” Partisipasi Masyarakat Dalam Pengebangan Desa Wisata”, Skripsi Jurusan Ilmu Kesejahteraan Social Fakultas dakwah Dan Kominikasi Di Universitas Islam Negeri Sunan Klijaga Yogyakarta
[15] Randy R. Wrihatolono, Riant Nugroho Dwijowojoto, Manajemen Pemberdayaan (Jakarta: PT. Elex Media Kopentindo, 2007).
[16] Sabtimarlia,”Pemberdayan Masyarakat Melalui Pengelolaan Desa Wisata ”,Dikutip Dalam Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.
[17] Sidiq Jafar Ade Dan Risna Resnawati, ”Pengembangan Desa Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal Di Desa Wisata Lingga jati Kuningan,”
[18] Subagyo, Joko, 2014. Metode Penelitian Dalam Teoridan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
[19] Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung United Nation World Tourism Organization (UNWTO). (2008). Glossary of Tourism Terms. Retrieved 26 January, 2020, from
Published
2022-08-02
How to Cite
Hannaji, N., Bagiastra, I., & Kurniansah, R. (2022). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MENGEMBANGKAN PARIWISATA DI DESA WISATA BAYAN. Journal Of Responsible Tourism, 2(1), 149-156. https://doi.org/10.47492/jrt.v2i1.1910
Section
Articles