PENGEMBANGAN BUAH JAMBU METE MENJADI VARIASI SIRUP DI DESA MEDANA KABUPATEN LOMBOK UTARA

  • Yusuf Yuda Puspita Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
Keywords: Buah Jambu Mete, Sirup

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk menghasilkan produk sirup jambu mete dan mengetahui tingkat penerimaan masyarakat terhadap sirup buah jambu mete di desa Medana Kabupaten Lombok Utara. Manfaat bagi penelitian ini dapat memberikan inovasi baru dari pemanfaatan buah jambu mete. memperkenalkan produk sirup baru dan bagi masyarakat Memberi masukan kepada masyarakat luas bahwa buah jambu mete dapat diolah menjadi sirup ataupun produk olahan lainnya dan juga buah jambu mete dapat dijadikan sebagai bahan subtitusi pada berbagai produk sebagai pengganti.. Metode analisis data untuk penelitian ini adalah analisis deskriptif, yaitu analisis yang bertujuan memaparkankan hasil dari data yang akan diperoleh dari penilaiaan para panelis akan menjadi metode analisis data dalam penelitian ini. Lokasi penelitian penelitian ini akan dilakukan di dusun Nusantara, desa Medana Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara Provinsi Nusa Tenggara Barat. Hasil proses produksi sirup jambu mete dan penilaian panelis terlatih dan tidak terlatih terhadap indikator warna, aroma, rasa, tekstur dan kesukaan pada produk sirup jambu mete.

References

[1] Agbongiarhuoyi Anthony E., Aigbekaen E.O.1 and Akinbile L.A. 2008. Awareness Of Cashew Products Potentials And Market Information Among Farmers In Kogi State, Nigeria. ARPN Journal of Agricultural and Biological Science. VOL. 3, NO. 4, JULY 2008 ISSN 1990-6145.
[2] Anwar; Dipokusumo, Bambang ; Nurjannah, Siti. 2006. Studi Transformasi Pertanian Kearah Industri Pada Kawasan Perkebunan Jambu Mete Di Propinsi Nusa Tenggara Barat : Kasus Rumahtangga Petani Lahan Kering : Laporan Penelitian. Fakultas Pertanian Universitas Mataram.
[3] Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bali. Tanpa tahun. Pakan Ternak dari Limbah Jambu Mete. Dalam http://www.smallcrab.com/others/425- pakan-ternak-dari-limbah-jambu-mete.
[4] Budi Utami. Pengetahuan Umum dan Peraturan Kemasan. Balai Besar Kimia dan Kemasan. Dalam http://www.bbik- litbang.or.id.
[5] Cara pembuatan setup buah rempah. Dalam http://anekakuliner.com/tag/cara- pembuatan-sirup-buah.
[6] Darwin, P. 2013. Menikmati Gula Tanpa Rasa Takut. Sinar Ilmu, Yogyakarta. Haryoto.Teknologi Serba Guna Sirup Jambu Biji.Yogyakarta:Kanisius
[7] Deptan. 2009. Standar Prosedur Operasional Pengolahan Mangga. Direktorat Pengolahan Hasil Pertanian. Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian. Jakarta.
[8] Direktorat Jenderal Perkebunan. 2008. Statistik Perkebunan Indonesia 2007-2008. Jambu Mete. Departemen Kehutanan dan Perkebunan, Jakarta.
[9] Edy Mulyono, Abu bakar dan Djajeng Sumangat. Teknologi Inovatif Pengolanan Buah Semu Jambu Mete untuk Mendukung Agrolndustri. Dalam Prosiding Seminar Nasional Teknologi lnovatif Pascapanen untuk Pengembangan Industri Berbasis Pertanian. Balai Besar Penelitian dun Pengembangan Pascapanen Pertanian. Hal:658
Published
2022-08-02
How to Cite
Puspita, Y. (2022). PENGEMBANGAN BUAH JAMBU METE MENJADI VARIASI SIRUP DI DESA MEDANA KABUPATEN LOMBOK UTARA. Journal Of Responsible Tourism, 2(1), 119-126. https://doi.org/10.47492/jrt.v2i1.1906
Section
Articles