STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI TEKNIS PEMANDU WISATA LOKAL DI DUSUN PANDANAN DESA MALAKA

  • Galih Surya Pratama Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • M Jumail Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • M Jumail Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Ihyana Hulfa Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
Keywords: Strategi, Kompetensi Teknis, Pemandu Wisata

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi guna meningkatkan kompetensi teknis yang dimiliki oleh Pemandu Wisata Lokal Dusun Pandanan Desa Malaka. Hasil penelitian diuraikan dalam beberapa jawaban terhadap rumusan-rumusan masalah yaitu kondisi kompetensi teknis yang dimiliki oleh pemandu wisata lokal dusun pandanan dan penyusunan strategi demi meningkatkan kompetensi teknis pemandu wisata lokal yang ada di Dusun pandanan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, studi dokumentasi dan studi kepustakaan serta pendekatan menggunakan deskriptif kualitatif dan metode analisis SOAR. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi teknis yang dimiliki oleh Pemandu Wisata Lokal Dusun Pandanan berupa penguasaan terhadap aspek pengetahun (Knowledge) yang mencangkup pengetahuan umum, khusus, dan tambahan, aspek keterampilan (Skill) yang mencangkup penguasaan medan, dan aspek sikap (Attitude) yang mencangkup sikap-sikap yang harus dimiliki oleh seorang pemandu wisata dan kurangnya penguasaan terhadap aspek keterampilan (skill) yang mencangkup penguasaan Bahasa Inggris dan penguasaan teknik-teknik pemanduan wisata dan aspek sikap yang mencangkup penguasaan terhadap informasi terkini seperti jadwal penerbangan dan nilai tukar mata uang. Kesimpulan dari penelitian ini berupa strategi yang disusun guna meningkatkan kompetensi teknis Pemandu Wisata Lokal Dusun Pandanan, yaitu dengan mengikuti pelatihan on the job training, meningkatkan intensitas pemanduan wisata, membiasakan diri untuk memeriksa informasi terkini sebelum melaksanakan pemanduan wisata, dan mengadakan kerjasama dengan universitas yang bergerak di bidang pariwisata untuk pelatihan pemanduan wisata.

References

[1] Cole, M. L., & Stavros, J. M. (2013).Creation of the SOAR Profile: An innovative tool to evaluate strategicthinking capacity. Poster presentedat Research Day 2013, Lawrence Technological University, Southfield, MI.
[2] David Menshawy, S. 2010. Effective repport in tourist guiding strategy(interpretation of themes). Jurnal of socialomics. 5(3): 2-5
[3] Hutapea, Parulian dan Nurianna Thoha. 2008. Kompetensi Plus. Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama.
[4] Jumail, M. 2017. Teknik Pemanduan Wisata. Yogyakarta: ANDI.
[5] Moeheriono. 2009. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bogor: Ghalia Indonesia.
[6] Rangkuti, Freddy. 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
[7] Simamora, Henry. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia edisi 2. Yogjakarta: STIE YPKN.
[8] Stoner, James A.F; Freeman, R.Edward; Gilbert JR, Daniel. R, 2005, Manajemen, Jilid I, PT Bhuana Ilmu Populer
[9] Suyitno. 2015. Pemanduan Wisata.Surabaya: CV. Graha Ilmu.
[10] Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.
[11] Wardhani, U.E, dkk (2008). Usaha Jasa Pariwisata Jilid I. Klaten : PT Macanan Jaya Cemerlang.
Published
2022-08-02
How to Cite
Pratama, G., Jumail, M., Jumail, M., & Hulfa, I. (2022). STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI TEKNIS PEMANDU WISATA LOKAL DI DUSUN PANDANAN DESA MALAKA. Journal Of Responsible Tourism, 2(1), 101-108. https://doi.org/10.47492/jrt.v2i1.1903
Section
Articles