PENGUATAN DIGITAL MARKETING PENGRAJIN KETAK DESA BATU MEKAR KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

  • Mahsun Mahsun Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Primus Gadu Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Si Luh Putu Damayanti Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
Keywords: Covid-19, Pemasaran Online, Marketing Gimmick, Pengrajin Ketak,

Abstract

Pandemi Covid 19 secara signifikan berdampak terhadap  penawaran dan pemasaran produk barang dan jasa. Sebagai contoh telah terjadinya pergeseran pola pemasaran dari bertatapan muka di dunia nyata secara mendadak berubah total beradaptasi dengan model pemasaran online. Mendasar pada fakta inilah, Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Internal  Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram ini menyasar kelompok perempuan kreatif dan produktif pengrajin anyaman Ketak (Mitra) di desa Batu Mekar Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Ketak (Lygodium Circinatum) yaitu semacam tumbuhan paku yang merambat dan digunakan oleh perempuan-perempuan kreatif desa Batu mekar sebagai kerajinan rumahan (homemade insdutry) seperti tas, tempat tissue, tempat menyimpan perhiasan, alas piring makan, dan jenis cenderamata unik lainnya bernilai kompetitif di pasar local maupun mancanegara. Fakta bahwa Covid-19 secara mendadak membawa perubahan ekonomi atau penghasil pengrajin Ketak di Desa Batu Mekar. Semula banyak tamu lokal dan manca negara datang melihat dan membeli jenis produk anyaman Ketak unik yang dihasilkan pengrajin tetapi selama pandemic Covid-19 model atau pola pemasaran produk anyaman Ketak beralih menggunakan aplikasi berbasis online. Tim  PKM STP Mataram bersama Mitra mendisain program alternatif solutif  untuk menjawab permasalahan mendasar yang dihadapi  Mitra yaitu penguatan kemampuan dan keterampilan menggunakan aplikasi pemasaran online (face book, instagram, market place, shopee, toko pedia, buka lapak dan lain-lain) maka diperlukan pelatihan dan Bimbingan Teknis (Bimtek).  Tujuannya untuk menghadirkan calon pelanggan (domestik maupun mancanegara) sehingga metode pelatihan dan Bimtek menjadi pertimbangan penting pada kegiaan ini. Adapun sasaran target luaran yaitu (1) penguatan entrepreneur and technical skill kemampuan membuka toko online mandiri, (2) penguatan kebahasaan (bahasa Inggris pemasaran), (3) peningkatan omzet penjualan mitra, (4) publikasi artikel pada jurnal terakreditasi, (5) artikel (HAKI), (6) tersusunnya modul/bahan ajar mata kuliah pemasaran. Tim pelaksana PKM ini juga memperhatikan rekam jejak (track record) masing-masing pelaksana. Ketua pelaksana berkualifikasi S2 Manajemen konsentrasi bidang pemasaran, anggota tim pelaksana pertama S2 Linguistik/bahasa, anggota tim pelaksana kedua berkualifikasi S2 Pariwisata. Kemudian sebagai pelaksana pembantu 2 orang mahasiswa dilibatkan. Dari komposisi tim pelaksana diharapkan PKM ini terselenggara dengan baik dan memberikan kontribusi bagi perbaikan dan peningkatan pendapatan keluarga mitra

References

[1] Widaswara Yulita R. 2020. Framing Analysis of Covid-19 News on Social Media Instagram Lombok. Media Bina Ilmiah.Vol.15 No.1 Agustus 2020.ISSN 2615- 3505.http://www.lpsdimataram.com.
[2] Yoges, Sharaha, dan Roopan. Digital Marketing. Department of Computer Science and Engineering, Sri Krishna College of Technology Coimbatore, Tamil Nadu, India, 641042
[3] Mahsun, Gadu, Bagiastra, 2019. Bimtek manajemen keuangan Pengrajin KEK Mandalika Lombok Tengah. Hospitality 87. Vol.8 No.2 Desember 2019.
[4] Damayanti Putu S, Bagiastra Ketut I, Yulendra Lalu. 2020. Manajemen Keuangan bagi Kelompok Pengrajin Ketak Wanita Dusun Montang Kecamatan Lingsar Lombok Barat. Media Bina Ilmiah.Vol.15 No.1 Agustus 2020.ISSN 2615-
[5] 3505.http://www.lpsdimataram.com.
Published
2022-11-01
How to Cite
Mahsun, M., Gadu, P., & Damayanti, S. (2022). PENGUATAN DIGITAL MARKETING PENGRAJIN KETAK DESA BATU MEKAR KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT. Journal Of Responsible Tourism, 1(2), 155-164. https://doi.org/10.47492/jrt.v1i2.1289
Section
Articles