STRATEGI PEGAWAI DI INDUSTRI PERHOTELAN BERBINTANG GILI TRAWANGAN DALAM PENANGANAN KRISIS SOSIAL EKONOMI SELAMA PANDEMI COVID-19

  • Mita Astari Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • I Wayan Nuada Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Lia Rosida Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Erry Supriyadi Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
Keywords: Mengatasi-Strategi, Krisis Sosial Ekonomi, Covid 19, & karyawan hotel.

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Gili Trawangan Kabupaten Lombok Utara yang bertujuan untuk mengetahui strategi pegawai hotel di Gili Trawangan dalam menghadapi permasalahan ekonomi yang disebabkan oleh krisis Covid-19. Penelitian ini bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data antara lain wawancara mendalam dan studi kepustakaan sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT. Berdasarkan hasil peneliti lakukan bahwa strategi yang dapat diterapkan oleh pegawai hotel di Gili Trawangan untuk menghadapi permasalahan ekonomi yang disebabkan oleh krisis Covid-19 antara lain; 1) Mengikuti pelatihan e-commerce, yaitu mengikuti pelatihan cara berdagang secara virtual dan lebih praktis. 2) Strategi aktif, yaitu berkeliling (mencari lokasi lain). 3) Strategi pasif, yaitu pegawai hotel maupun pedagang berpandai-pandai dalam pengeluaran, berhemat atau mengatur pengeluaran rumah tangganya. 4) Strategi jaringan, yaitu meminjam uang kepada tetangga, mengutang ke warung atau toko, memanfaatkan program kemiskinan, meminjam uang ke rentenir atau bank dan sebagainya. 5) Memanfaatkan bantuan dari pemerintah, yaitu Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah.

Published
2021-11-14
How to Cite
Astari, M., Nuada, I., Rosida, L., & Supriyadi, E. (2021). STRATEGI PEGAWAI DI INDUSTRI PERHOTELAN BERBINTANG GILI TRAWANGAN DALAM PENANGANAN KRISIS SOSIAL EKONOMI SELAMA PANDEMI COVID-19. Journal Of Responsible Tourism, 1(2), 141-146. https://doi.org/10.47492/jrt.v1i1.1001
Section
Articles