STRATEGI PEMASARAN TWA MANGROVE ANGKE KAPUK JAKARTA TERKAIT KUNJUNGAN WISATAWAN DI MASA PANDEMI

  • Dewi Ayu Kusumaningrum Politeknik Sahid
Keywords: Strategi, Pemasaran, Keputusan, Berkunjung, Taman Wisata Alam, Pandemi

Abstract

Beroperasional kembalinya tempat wisata di masa pandemi saat ini dibarengi dengan ketentuan kebijakan dan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Sebagian masyarakat lebih memilih tempat wisata yang terbuka seperti taman wisata alam. Taman Wisata Alam Angke Kapuk Jakarta merupakan sarana pariwisata alam dan tempat mempertahankan kelestarian mangrove sebagai penyangga kehidupan sekitar Jakarta. Di masa pandemi terjadi penurunan drastis pengunjung sehingga membutuhkan trategi pemasaran yang tepat akan membantu menghadapi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah strategi pemasaran yang dilakukan TWA Mangrove Angke Kapuk Jakarta di masa pandemi mempengaruhi keputusan berkunjung wisatawan. Penelitian kuantitatif dengan variabel bebas yaitu strategi pemasaran (X) Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk Jakarta sedangkan variabel terikat yaitu keputusan berkunjung wisatawan di masa pandemi (Y). Variabel diterjemahkan dalam bentuk pernyataan pada kuisioner sebagai instrument penelitian serta diukur dengan menggunakan skala pengukuran ordinal yaitu Skala Likert. Pengambilan sampel dengan teknik Purposive Sampling dengan kriteria responden pernah berkunjung ke TWA Mangrove Angke Kapuk di masa pandemi. Hipotesis penelitian yaitu Ho :  Strategi pemasaran TWA di masa pandemi tidak mempunyai pengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan. Ha : Strategi pemasaran TWA di masa pandemi mempunyai pengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan. Hasil penelitian menunjukkan strategi pemasaran TWA Mangrove Angke Kapuk Jakarta di masa pandemi memengaruhi keputusan berkunjung sebesar 41,7% sedangkan 58,3% dipengaruhi faktor lain yang dimungkinkan di masa pandemi saat ini yaitu faktor kebijakan pemerintah yang membatasi keinginan wisata masyarakat. Merupakan besaran angka yang cukup signifikan menjadi pertimbangan pemilihan tindakan pemasaran selanjutnya.

References

Amalia, Aisyah. 2016. "Perencanaan Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Bauran Pemasaran Dan Swot Pada Perusahaan Popsy Tubby." Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Vol 1 No 3 298. Accessed June 4, 2021.
antaranews.com. 2019. Wisata murah ekowisata mangrove DKI Jakarta. Juni 23. Accessed Juni 30, 2021. https://www.antaranews.com/berita/924537/wisata-murah-ekowisata-mangrove-dki-jakarta.
Bank, Eurasian Development. 2012. Eurasian Development Bank. Accessed August 19, 2014. http://eabr.org/e/about/.
BBC. 2013. BBC. June 7. Accessed August 2, 2014. http://www.bbc.com/news/world-europe-15047823.
Blinnikov, Mikhail S. 2011. "A Geography of Russia and Its Neighbors." New York: The Guilford Press.
bpkp.go.id. 2018. Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan. Accessed Juni 30, 2021. http://www.bpkp.go.id/dki1/konten/752/profil-ibukota.bpkp#:~:text=Jakarta%20terdiri%20dari%20dataran%20rendah,106%C2%B048'%20Bujur%20Timur.
Cohen, Ariel. 2006. Russian Foreign Policy Kazakhstan: Energy Cooperation With rusia - Oil, Gas and Beyond. London: Global Market Briefing.
—. 2013. The Heritage Foudation. June 14. Accessed August 19, 2014. http://www.heritage.org/research/reports/2013/06/russias-eurasian-union-could-endanger-the-neighborhood-and-us-interests.
Cohen, Steven. 2013. huffingtonpost. March 6. Accessed June 15, 2014. http://www.huffingtonpost.com/steven-cohen/the-centrality-of-the-pol_b_3378204.html.
Dannreuther, Roland. 2010. "International Relations Theories: Energy, Minerals and Conflict." POLINARES Working Paper 3.
Dewi, Metha Nilarisma, and Hatane Samuel. 2015. "Pengaruh Gaya Hidup (lifestyle), Harga, Promosi terhadap Pemilihan Tempat Tujuan Wisata (destination) Studi Kasus pada Konsumen Artojaya Tour & Travel Surabaya." Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol.3 No. 1 11. Accessed Juli 24, 2021.
Dwijayanti, Andina, and Puji Pramesti. 2021. "Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19." IKRAITH-ABDIMAS Vol 4 No 2 68 - 733. Accessed June 2, 2021.
Dzikra, Aidina. 2019. "Pengaruh Brand Ambassador, Tagline Dan Persepsi Kualitas Terhadap Brand Awareness Produk Pond’s (Pada Masyarakat Kec. Ujungbatu." Jurnal UIN Suska Riau 10. Accessed Juni 27, 2021.
ecotourism.org. 2015. What is Ecotourism? Accessed Juni 28, 2021. https://ecotourism.org/what-is-ecotourism/.
Federation, Ministry Of Energy Of The Russian. 2010. Energy Strategy Of Russia For The Period Up To 2030. Moscow: Ministry Of Energy Of The Russian Federation.
Federation, The Embassy of Russian. 2013. The Embassy of Russian Federation to The Republic of Kazakhstan. Accessed August 19, 2014. http://www.rfembassy.kz/eng/lm/dvustoronnie_otnosheniya/torgovo-ekonomicheskie_svyazi/.
Firmansyah, M. Anang. 2018. Perilaku Konsumen. Surabaya: CV Budi Utama. Accessed Juni 30, 2021.
2011. Gazprom. Juni 28. Accessed August 19, 2014. http://www.gazprom.com/press/news/2011/Juni/article111807/.
Gessen, Masha. 2012. "The Unlikely Rise of Vladimir Putin." 111. New York: Penguin Group.
Gunawan, Ade Chandra, and Febsri Susanti. 2019. "Pengaruh Bauran Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline Di Kota Padang." Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi "KBP" 2. Accessed Juni 30, 2021.
Hoffman, David. 2000. Washington Post. January 30. Accessed August 2, 2014. http://www.washingtonpost.com/wp-srv/inatl/longterm/russiagov/putin.htm.
Indriani. 2021. "Strategi Komunikasi Pemasaran Slv Travel Melalui Instagram Pada Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Jumlah Komsumen." Strategi Komunikasi Pemasaran Slv Travel Melalui Instagram Pada Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Jumlah Komsumen. Makassar: Universitas Hasanuddin.
Indriani, Jesi, and Chandra Kuswoyo. 2017. "Pengaruh City Branding Pada City Image Dan Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Kabupaten Purwakarta." Jurnal Manajemen Maranatha Vol 17, no 1 44. Accessed Juli 2, 2021.
Ivascenkova, Katerina. 2011. New geopolitics of oil in Central Asia, Russian-Kazakh relations. University of Amsterdam: Amsterdam.
jakartamangrove.id. 2018. Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk. Accessed Juni 30, 2021. https://www.jakartamangrove.id/about.php.
Jatmiko, Hadi, and Faozen Faozen. 2021. "Analisis Dampak Marketing Mix Dan Protokol Kesehatan Terhadap Keputusan Menginap Pada Saat Pandemi COVID-19 (Studi Kasus di Hotel Royal Jember)." SADAR WISATA, Vol 4, No 1 (2021) .
Julianto, Dedi, and Puti Anisa Utari. 2019. "Analisa Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Pendapatan Individu Di Sumatera Barat." Ikraith Ekonomika Vol.2 No.2 127. Accessed Juli 24, 2021.
jurnalbumi.com. 2020. Hutan Mangrove. Accessed Juni 28, 2021. https://jurnalbumi.com/knol/hutan-mangrove/.
Kazmunayteniz. 2012. Kazmunayteniz. Accessed August 19, 2014. http://www.kazmunayteniz.kz/en/projects/atash.
kkp.go.id. 2018. Mangrove dan Manfaatnya. Mei 24. Accessed Juni 30, 2021. https://kkp.go.id/brsdm/bdasukamandi/page/541-mangrove-dan-manfaatnya#:~:text=Hutan%20mangrove%20menjadi%20sumber%20yang,nyaman%20untuk%20mencegah%20bencana%20alam.
Klare, Michael T. 2008. "Rising Powers, Shrinking Planet." 92. Glasgow: Oneworld Oxford.
Kundu, Nivedita Das. 2013. Russia & India Report. August 13. Accessed November 18, 2014. http://in.rbth.com/russian_india_experts/2013/08/12/russia_pushes_for_strengthening_scos_energy_club_28363.html.
Kusumaningrum, Dewi Ayu, and Suci Sandi Wachyuni. 2020. "The Shifting Trends In Travelling After The Covid-19 Pandemic." International Journal of Tourism & Hospitality Reviews 7(2):31-40.
Lala, Rajeev. 2012. "Competition for Central Asian Energy: A study of the European and Indian approaches." Doctoral Research Scholar, Centre for European Studies, School of International Relations, Jawaharlal Nehru University 5.
Lestari, Putri, and Muchammad Saifuddin. 2020. "Implementasi Strategi Promosi Produk Dalam Proses Keputusan Pembelian Melalui Digital Marketing Saat Pandemi Covid 19." Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA) Vol 3 No 2 23. Accessed Juni 27, 2021.
Magfira, Nurul. 2019. "Pengaruh Kualitas Barang Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar)." Jurnal Fakultas Ekonomi UIN Makassar 19-20. Accessed Juli 1, 2021.
Mahendra, Made Mahesa, and Sri I Gusti Angung Ketut Ardani. 2018. "Pengaruh Umur, Pendidikan Dan Pendapatan Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Produk Kosmetik The Body Shop Di Kota Denpasar." Jurnal Ekonomi Udayana 44. Accessed Juli 24, 2021.
Maness, Ryan C. 2013. Coercive Energy Policy: Russia and the Near Abroad. Chicago: University of Illinois.
Martin John, dkk. 2004. "An Introduction to Political Geography, Space, Place and Politics." 4. London: Routledge.
Melati, Revina. 2020. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Minat Pembelian (Studi Pada PT. Samudra Bintang Angkasa Tour and Travel Banjarmasin). Banjarmasin: Universitas Islam Kalimantan MAB.
Mike, Pernanda. 2021. "Pengaruh Penerapan Digital Marketing Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Nusantara Ke Sumatera Barat Pada Masa Pandemi Covid-19 "Studi Kasus Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Padang: Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Mubarok, Nurul, and Eriza Yolanda Maldina. 2017. "Strategi Pemasaran Islami Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Butik Calista." I-Economic Vol 3 No 1 76 - 77.
Mustikasari, Ati, and Sri Widaningsih. 2016. "Pengaruh E-Wom Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Tempat Wisata Di Kota Bandung." Jurnal Manajemen Indonesia Vol. 16 No. 2 100. Accessed Juli 24, 2021.
nasional.kompas.com. 2020. Pemerintah Mulai Buka 13 Kawasan Pariwisata Alam di Tengah Pandemi. Juni 23. Accessed Juni 28, 2021. https://nasional.kompas.com/read/2020/06/23/07251151/pemerintah-mulai-buka-13-kawasan-pariwisata-alam-di-tengah-pandemi?page=all.
Novikasari, Ifada. 2016. "Uji Validitas Instrumen." Jurnal IAIN Purwokerto 2. Accessed Juli 24, 2021.
Ongko, Brian, and I Dewa Gde Satrya. 2021. "A Marketing Strategy Analysis of ATS Tour and Travel During Covid-19 Pandemic." E-Journal of Tourism Vol 8 No 1 34-40. Accessed June 2, 2021.
Palmatier, Robert W., and Shrihari Sridhar. 2017. "Marketing Strategy: A first principles approach." In Marketing Strategy, by Shrihari Sridhar Robert W. Palmatier, 5. United Kingdom: Palgrave.
Putten, Marcel de Haas and Frans-paul van der. 2007. The Shanghai Cooperation Organisation Towards a Full-grown Security Alliance? Den Haag: Netherlands Institute of International Relations Clingendael.
Risal, Taufiq, and Austin Alexander. 2019. "Pengaruh Persepsi Bagi Hasil, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Tabungan Mudharabah Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama." Jurnal Samudra Ekonomika Vol. 3 No. 2 5. Accessed Juli 25, 2021.
Rosneft. 2014. Rosneft. Accessed August 18, 2014. http://www.rosneft.com/Upstream/Exploration/international/kurmangazy_kazakhstan/.
Rosyida, Aulia, and Mar'atul Fahimah. 2021. "Pengaruh Integreted Marketing Communication Terhadap Minat Berkunjung Pada Destinasi Wisata Saat Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Wisata Kandang Sapi Wonosalam Jombang)." Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis dan Manajemen , Vol 6, No 2 (2021) 161-170.
Soros, George. 2007. "Open Society: Reforming Global Capitalism." 331. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Sumarwa, Ujang, and Fandy Tjiptono. 2018. "Konsep Pemasaran." In Strategi Pemasaran dalam Prespektif Perilaku Konsumen, by Fandy Tjiptono Ujang Sumarwa, 5. Bogor: IPB Press.
Suradinata, Ermaya. 2005. "Hukum Dasar Geopolitik dan Geostrategi dalam Kerangka Keutuhan NKRI, Suara Bebas." 12-14. Jakarta: Suara Bebas.
Suwastawa, I Putu Agus, I Komang Sumerta, and Kadek Aris. 2021. "Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Harga Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik Pada Bali Safari & Marine Park Di Era New Normal Covid 19." Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium, Vol 7 No 1 (2021) 122-133.
travel.detik.com. 2021. Libur Lebaran di Jakarta Saja, Ada dua pilihan Hutan Mangrove Instagramable. Mei 12. Accessed Juni 27, 2021. https://travel.detik.com/travel-news/d-5568095/libur-lebaran-di-jakarta-saja-ada-dua-pilihan-hutan-mangrove-instagramable.
Trihayuningtyas, E., W. Wulandari, Y. Adriani, and Sarasvati. 2018. "Media Sosial Sebagai Sarana Informasi Dan Promosi Pariwisata Bagi Generasi Z Di Kabupaten Garut." Tourism scientifie journal Vol. 4 No. 1 3. Accessed Juli 24, 2021.
Unzizah. 2019. Model Kemitraan Pemerintahan dan Swasta Dalam Pengelolaan Hutan Mangrove di Taman Wisata Alam Angke Kapuk Jakarta Utara. Serang: eprints.untirta.ac.id. Accessed Juni 30, 2021.
Wachyuni, Suci Sandi, and Dewi Ayu Kusumaningrum. 2020. "The Effect of COVID-19 Pandemic: How are the ." Journal of Education, Society and Behavioural Science 33(4): 67-76, 2020 67-76.
Widiawati, Kristiana. 2019. "Strategi Komunikasi Pemasaran Hotel Bintang Empat Meraih Penghargaan." Jurnal Administrasi Kantor Vol 7 No 1 63-74.
Published
2021-12-01
How to Cite
Kusumaningrum, D. (2021). STRATEGI PEMASARAN TWA MANGROVE ANGKE KAPUK JAKARTA TERKAIT KUNJUNGAN WISATAWAN DI MASA PANDEMI. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(7), 2101-2116. https://doi.org/10.47492/jip.v2i7.979
Section
Articles