ANALISA PENGARUH EWOM INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN KUNJUNGAN WISATA PADA ODTW DI KOTA CIREBON

  • Abdul Khalim politeknik Pariwisata Prima Internasional
  • Yan Hardiyansyah Politeknik Pariwisata Prima Internasional
Keywords: Pariwisata, EWOM, ODTW, Kota Cirebon, Instagram

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi saat ini semakin pesat, hal ini berpengaruh juga pada Metode pemasaran konvensional mulut ke mulut atau Word Of Mouth berkembang menjadi Electronic Word Of Mouth (EWOM). Pemanfaatan media sosial sebagai media menyebarkan informasi saat ini menjadi trend seperti halnya Instagram. Dalam Instagram muncul istilah influencer atau selebgram, yaitu akun instagram yang memberikan informasi dan dapat menarik perhatian pengikut (followers). Media sosial instagram memungkinkan penggunannya dapat memberi komentar, menyukai (like) dan membagikan postingan orang lain. Semakin banyak yang melakukan share dan like, postingan seseorang akan semakin banyak dilihat orang lain.  Dengan demikian, Instagram cukup memberi informasi bahkan dapat mempengaruhi dalam hal minat audience untuk membeli atau berkunjung kesuatu tempat Objek Daya Tarik Wisata (ODTW) yang diposting. Penelitian ini  metode kombinasi atau mixed methods, sebagai sumber informasi peneliti menggunakan akun instagram @pesonawisatacirebon dan @dalandoan sebagai sumber informasi dan followers akun tersebut sebagai responden.  Hasil penelitian menunjukan bahwa EWOM pada konten Instagram sangat berpengaruh pada minat kunjungan, dari hasil kuesioner yang disebar sebanyak 53 responden Setuju, 42 Sangat Setuju atau sebesar 95% responden tertarik untuk berkunjung ke ODTW.

References

[1] Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
[2] Jalilvand, N. Samiei. (2012). The effect of electronic word of mouth on brand image and purchase intention An empirical study in the automobile industry in Iran. Marketing Intelligence & Planning Vol. 30 No. 4, 460-476.
[3] Pantri Heriyati, Teguh Pratomo Siek. (2011). Effects of Word of Mouth Communication and Perceived Quality on Decision Making Moderated by Gender: Jakarta Blackberry Smartphone Consumer's Perspective. Contemporary Management Research 7.
[4] Setiadi, N. J. (2010). Perilaku Konsumen: Persfektif Kontemporer pada Motif Tujuan dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Group.
[5] McLeay, R. F. (2013). E-WOM and Accommodation: An Analysis of the Factors That Influence Travelers' Adoption of Information from Online Reviews. Journal of Travel Research 53(1):44-57.
[6] Nantel, S. S. (2004). The Influence of Online Product Recommendations on Consumers'Online Choices. Journal of Retailing.
[7] Thadani, C. M. (2012). The impact of electronic word-of-mouth communication: A literature analysis and integrative model. Decision Support Systems 54(1):461–470.
[8] Hapsari, N.R., Lubis dan Widiartanto. (2014). Pengaruh Atribut Produk Wisata dan Electronic Word Of Mouth (eWOM) Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Objek Wisata Umbul Sidomukti Kabupaten Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Dipenogoro.
[9] Pendit, N. S. (2003). Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: Pradnya Paramita.
[10] Undang-Undang Republik Indonesia No. 10 (2009)
[11] Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Published
2021-11-01
How to Cite
Khalim, A., & Hardiyansyah, Y. (2021). ANALISA PENGARUH EWOM INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN KUNJUNGAN WISATA PADA ODTW DI KOTA CIREBON. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(6), 1813-1820. https://doi.org/10.47492/jip.v2i6.970
Section
Articles