PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MEMPERMUDAH PEMAHAMAN DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMPELAJARI MATERI TENTANG “JAM” DI KELAS VII 2 SMP NEGERI 1 LIRIK

  • Sehmuliati Sehmuliati Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 1 Lirik
Keywords: Media, Tanya Jawab, Tutor Sebaya

Abstract

Banyak cara, metode serta model pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru untuk membuat proses belajar mengajar menjadi suatu hal yang menarik dan menyenangkan, sehingga satu materi pelajaran bisa lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengatasi permasalahan yang ditemukan selama proses pembelajaran berlangsung. Permasalahan dalam penelitian ini adalah minat belajar dan kemampuan Bahasa Inggris peserta didik yang cukup rendah, kelas yang mayoritas siswanya suka mengobrol dan selalu ribut selama proses pembelajaran berlangsung sehingga mengganggu konsentrasi guru mengajar, keadaan kelas yang kotor seringkali menyebabkan ketidaknyamanan, beberapa siswa sering minta izin keluar, malasnya siswa menggunakan kamus, penyajian materi yang kurang menarik dan membosankan terutama dalam mempelajari materi tentang “Bagaimana Cara Membaca Jam” pada kelas VII.2 SMP Negeri 1 Lirik. Sehubungan dengan masalah tersebut maka peneliti, dalam hal ini guru bidang studi Bahasa Inggris yang mengajar di kelas itu merasa perlu untuk mengatasinya; mulai dari memikirkan strategi pembelajaran yang cocok, yang akan dilakukan untuk menimbulkan minat, membuat siswa lebih tertarik dan terlibat secara aktif, dan lebih mudah memahami materi pelajaran yang pada akhirnya dapat mencapai hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini dilakukan selama lebih kurang satu bulan dengan menggunakan Alat Peraga (media) dengan metode tanya jawab dan model pembelajaran tutor teman sebaya.

References

[1] Arends, Ricard I, 1997, Classroom Instruction and Management. New York: McGraw-Hill
[2] Bailey, K.M. 1990. The Use of Diary Studies in the Teacher Education Programmes. In J.C. Richards and D. Nunan (Eds), Second Language Teacher Education (pp.215-226). New York: Cambridge University Press.
[3] Bond, D.R. Keogh and D. Walker (Eds). 1985. Reflection: Turning Experience into Learning. London: Kogan Page
[4] Cruickshank, D.R. 1987. Reflective Teaching: The Preparation of Students of Teaching. United States of America: Association of Teacher Education.
[5] Dimyati dan Mudjiono, 2009, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
[6] Gunter, Mery Alice. 1995. Instruction: A Models Approach. Boston: Allyn and Bacon.
[7] Hasibuan dan Moedjiona, 2002, Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
[8] Hopkins, D., 1993. A Teacher’s Guide to Classroom Reasearch. Buckingham: Open University Press.
[9] Joice, Bruce and Weil, Marsha. 1980. Models of Teaching (Second Edition). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
[10] Joni, R.T, Kardiawan, Hadisubroto T, (1998), Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research): Konsep Dasar, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah: Jakarta.
[11] Joni.T. Raka.1995, Penelitian Praktis Untuk Memperbaiki Pengajaran. Jakarta. BP3GSD Ditjen Dikti Depdikbud.
[12] Kemmis.S. dan Mc Taggart.R. (Ed.1998), The Action Research Planner. Third Edition, Deakin University Press: Australia.
[13] Lili Abdullah Rozak, 2011, Cara Membuat PTK, Depok: CV. Arya Duta. Media Informasi dan Komunikasi Guru Indonesia, 2003. Pendidikan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning)
[14] Melyana, Slamet. 2007. Penelitian Tindaka Kelas Dalam Pengembangan Profesi Guru. Bandung. LPMP.
[15] Pasani Chairil Faif, 2012, Dimensi-Dimensi Praktik Penelitian Tindakan Kelas, Bandung, Alfabeta.
[16] Richards, Jack C. and Charles Lockhart (1991), Teacher Development Through Peer Observation. In press. TESOL Journal.
[17] Saminanto, 2010, Ayo Praktik Penelitian Tindakan Kelas, Semarang; Rasail Media Group.
[18] Sandjaya, Wina, 2008. Pembelajaran Dalam Implementasi KBK. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
[19] Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta Rineka Cipta.
[20] Suherli, 2010, Menulis Karangan Ilmiah, Depok: Arya Duta.
[21] Susilo, 2007, Panduan Penelitian Tindakan Kelas, Jogjakarta Pustaka Book Publisher.
[22] Sussams, JE. 1989, Menulis Laporan yang Efektif, Binarupa Aksara: Jakarta.
Published
2021-11-01
How to Cite
Sehmuliati, S. (2021). PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MEMPERMUDAH PEMAHAMAN DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMPELAJARI MATERI TENTANG “JAM” DI KELAS VII 2 SMP NEGERI 1 LIRIK. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(6), 1757-1762. https://doi.org/10.47492/jip.v2i6.965
Section
Articles