PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMPIT KECAMATAN CIMANGGIS KOTA DEPOK

  • Syamsul Hidayat Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam ALHIKMAH Jakarta
  • Sita Husnul Khotimah Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam ALHIKMAH Jakarta
Keywords: Displin Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja Guru

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh disiplin  kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMPIT Raflesia Kecamatan Cimanggis Kota Depok, baik secara sendiri maupun bersama. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh guru SMPIT Raflesia. Sampel berjumlah 45 personel. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikan sebesar 0,05. Data dikumpulkan dengan kuesioner disiplin kerja, motivasi dan kinerja guru. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian, 1) Terdapat pengaruh antara disiplin kerja terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,783, hal ini menunjukan bahwa disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 61 % dengan kategori kuat, artinya semakin tinggi disiplin kerja maka semakin tinggi kinerja guru dan sebaliknya. 2) Terdapat pengaruh antara motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,487, hal ini menunjukan bahwa disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 24 % dengan kategori rendah, artinya semakin tinggi motivasi kerja maka semakin tinggi kinerja. 3) Terdapat pengaruh antara disiplin dan motivasi kerja secara simultan terhadap kinerja guru yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,728.

References

[1] Sulfemi, W. B. (2019). Manajemen Kurikulum di Sekolah.
[2] Nasional, D. P., Cipta, R., Soemanto, W., Somantri, M. N., IPS, M. P. P., Rosada, R., ... & dalam Belajar, D. D. (2003). Undang-Undang. Sistem Pendidikan Nasional.
[3] Mahfud, M. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Se-Kota Bima. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 1-17.
[4] Ngiode, S. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru MTs. N Batudaa Kabupaten. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 127-137.
[5] Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru akuntansi SMK di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 17(02).
[6] Roos, K. A. E., Perizade, B., & Diah, Y. M. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Smk Negeri 3 Palembang (Doctoral Dissertation, Sriwijaya University).
[7] Wijaya, H., & Susanty, E. (2017). Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai pada instansi pemerintah daerah kabupaten musi banyuasin (studi kasus dinas pertambangan dan energi kabupaten musi banyuasin). Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis dan Manajemen, 2(1), 40-50.
[8] Sutedjo, A. S., & Mangkunegara, A. P. (2018). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan di PT. Inti Kebun Sejahtera. BISMA (Bisnis dan Manajemen), 5(2), 120-129.
[9] Yugusna, I., Fathoni, A., & Haryono, A. T. (2016). Pengaruh gaya kepemimpinan demokratis dan lingkungan kerja terhadap kinerja dan kedisiplinan karyawan (studi empiris pada perusahaan SPBU 44.501. 29 randu garut semarang). Journal Of Management, 2(2).
[10] Tumuju, N. M., Nayoan, H., & Singkoh, F. (2018). Penegakan Disiplin Aparatur Sipil Negara Dalam Mewujudkan Pemerintahan Yang Bersih Dan Berwibawa Dikantor Kecamatan Kawangkoan Kabupaten Minahasa. Jurnal Eksekutif, 1(1).
[11] Isvandiari, A., & Al Idris, B. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Central Capital Futures Cabang Malang. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 12(1), 17-22.
[12] Vehrencamp, S. L., Yantachka, J., Hall, M. L., & de Kort, S. R. (2013). Trill performance components vary with age, season, and motivation in the banded wren. Behavioral ecology and sociobiology, 67(3), 409-419.
[13] Ananda, R., & Caniago, H. (2020). The Influence of Learning Strategies and Learning Motivation against Islamic Fikih Students Learning Results in MIN 2 Labuhanbatu. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(2), 904-911.
[14] Marcus, B. H., & Forsyth, L. H. (2008). Motivating people to be physically active. Human Kinetics.
[15] Setiyati, S. (2014). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi Kerja, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(2), 200-206.
[16] Dewi, R., & Khotimah, S. H. (2020). Pengaruh Profesionalisme Dan Disiplin Kerja Guru Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(2), 279-294.
[17] Koyongian, A. H., & Dotulong, L. O. (2015). Analisis Disiplin Kerja, Tingkat Pendidikan, Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(2).
[18] Riyadi, S., & Mulyapradana, A. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Radhatul Atfal di Kota Pekalongan. Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 13.
[19] Khasanah, U. (2018). Peran guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas VII unggulan di MTs Roudlotun Nasyi’in Mojokerto (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
[20] Siska, A. J. (2017). Pengaruh disiplin dan motivasi kerja terhadap kinerja guru pada SMAN 1 Canduang Kabupaten Agam. JUSIE (Jurnal Sosial dan Ilmu Ekonomi), 1(02), 98-103.Castleman, Kenneth R., 2004, Digital Image Processing, Vol. 1, Ed.2, Prentice Hall, New Jersey.
Published
2021-11-01
How to Cite
Hidayat, S., & Khotimah, S. (2021). PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMPIT KECAMATAN CIMANGGIS KOTA DEPOK. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(6), 1747-1754. https://doi.org/10.47492/jip.v2i6.964
Section
Articles