ANALISA SIKAP DAN PERILAKU MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMIC COVID-19

  • Novita Sari Jurusan Manajemen, Jurusan Akuntansi, IIB Darmajaya
  • Muhammad Saputra Jurusan Manajemen, Jurusan Akuntansi, IIB Darmajaya
  • Yuniwati Yuniwati3 Jurusan Manajemen, Jurusan Akuntansi, IIB Darmajaya
Keywords: Sikap, Perilaku, Pembelajaran, Pandemi.

Abstract

Penyebaran virus Covid 19 saat ini melanda seluruh dunia dan berdampak pada seluruh aspek kehidupan. Pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid 19 melalui skema pembelajaran dilaksanakan di rumah melalui menggunakan media online atau daring. Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya Lampung merupakan salah satu perguruan tinggi yang melaksanakan pembelajaran menggunakan media daring / online dimasa pandemi Covid 19. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sikap  dan perilaku mahasiswa terhadap proses pembelajaran daring di masa pandemic Covid 19 serta penyusunan strategi guna meningkatkan pembelajaran berbasis online di era new normal. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan mahasiswa aktif IIB darmajaya. Penentuan ukuran sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf nyata 10% dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan double teknik analisis data. Pengujian yang pertama menggunakan metode Fishbien untuk mengkur sikap dan uji cochran Q testuntuk mengukur mengukur faktor faktor yang membentuk perilaku terhadap pembelajaran daring dimasa pandemi Covid 19. Berdasarkan skor hasil perhitungan sikap didapatkan nilai skor 232.10 jika di sesuaikan dengan rentang skala sikap mahasiswa terhadap pembelajaran online atau daring yang dilakukan oleh IIB Darmajaya selama pandemi Covid 19 berada di posisi yaitu Baik. Berdasarkan hasil uji cochran Q test yang dilakukan didapatkan hasil seluruh indikator dalam bentuk pernyataan yang di berikan pada  responden dianggap penting oleh mahasiswa sebagai faktor pendukung berdampak kepada perilaku mahasiswa terhadap pembelajaran online atau daring yang dilakukan oleh  IIB Darmajaya.

References

[1] Adijaya, N., & Santosa, L. P. (2019). Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online. Wanastra, 10(2), 105–110.
[2] Asna. (2010). Analisis Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Sepeda Motor pada Mahasiswa Se-Malang Raya. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 6(2), 130–139.
[3] Aswar, C. (2017). Pencapaian Hasil Belajar Melalui Penumbuhan Sikap Mahasiswa. Lantanida Journal, 2(2), 202-217.
[4] Darmalaksana, W. (2020). WhatsApp Kuliah Mobile . Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
[5] Fauzan, M. (2021). Perilaku Mahasiswa Dalam Melaksanakan Pembalajaran Daring Di Masa Pandemi. Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis, 9(1).
[6] Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/jjheduc.2013.06.002
[7] Gultom, C. R., & Sitanggang, S. G. (2020). Persepsi Mahasiswa Unika terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PEDISTRA), 3(1), 6-15.
[8] Habayahan, A. R., Ritonga, M. N., & Siregar, E. Y. (2021). Analisis Sikap Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 Tingkat Sma Di Kecamatan Barus. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 107-114.
[9] Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. S. (2020). Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. MANAZHIM, 2(1), 105-117.
[10] He, W., Xu, G., & Kruck, S. (2014). Online IS Education for the 21st Century . Journal of Information Systems Education
[11] Karmila, K., Kusrini, N., & Imelda, I. Analisis Sikap Dan Perilaku Konsumen Terhadap Produk Kecap Manis Bango Pada Pasar Modern Kota Pontianak. Jurnal Sains Mahasiswa Pertanian, 7(3).
[12] Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110. https://doi.org/10.24235/ileal.v3i1.1820
[13] Nuryatin, A., & Mulyati, S. (2021). ANALISIS PERILAKU BELAJAR MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS KUNINGAN. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 18(1), 77-89.
[14] Putri, Y. L., & Rifai, A. (2019). Pengaruh Sikap dan Minat Belajar terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2), 173-184.
[15] Saifuddin, M. F. (2016). E-Learning Dalam Persepsi Mahasiswa. Universitas Ahmad Dahlan , 102-110.
[16] Setiawan, E. (n.d.). ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP PRODUK FASHION LOKAL DAN IMPOR Evelyn Setiawan.
[17] Setiawan, N., Nurhadi, M., & Diptyana, P. (2018). Analisis Perilaku Penggunaan Learning Management System. E-Jurnal SPIRIT PRO PATRIA, 4(2), 138-153.
[18] Setiawan, N., Nurhadi, M., & Diptyana, P. (2018). Analisis Perilaku Penggunaan Learning Management System. E-Jurnal SPIRIT PRO PATRIA, 4(2), 138-153.
[19] Srikalimah. (2017). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Handphone Android. Journal of Social Science and Business. Vol.1 (2) Pp. 52-59, 4(2), 101–112.
[20] Suparman, 2007, Analisis Sikap Konsumen terhadap atribut produk Aqua. Skripsi, Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen, Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.
[21] Syafi'ah, R., & Sari, W. (2020). Analisis Sikap Tanggung Jawab Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring Melalui Aplikasi Whatsapp. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 111-118.
[22] Ulfa, Z. D., & Mikdar, U. Z. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Belajar, Sosial dan Kesehatan bagi Mahasiswa FKIP Universitas Palangka Raya. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 5(2), 124-138.
[23] Umpang, M. D., & Thoharudin, M. (2018). Analisis Sikap Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 02 Tempunak. JURKAMI: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 47-57.
[24] Widiyanti, W., & Widiyanti, W. (2019). Sikap Konsumen terhadap Multiatribut Produk Domino Pizza Dengan Metode Fishbein di Depok. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 19(1).
[25] Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton, C. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan daring sebagai sarana pembelajaran. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1).
[26] Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2004). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM. https://doi.org/10.1145/986213.98621
Published
2021-11-01
How to Cite
Sari, N., Saputra, M., & Yuniwati3Y. (2021). ANALISA SIKAP DAN PERILAKU MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMIC COVID-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(6), 1737-1746. https://doi.org/10.47492/jip.v2i6.963
Section
Articles