HUBUNGAN PELAKSANAAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DENGAN KEPUASAN KLIEN DALAM MENDAPATKAN PELAYANAN KEPERAWATAN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT BHAYANGKARA MAKASSAR

  • Rachmat Ramli Dosen STIKES Amanah Makassar
Keywords: Komunikasi terapeutik, Kepuasan klien, Hubungan.

Abstract

Komunikasi terapeutik merupakan salah satu cara untuk memberikan informasi yang akurat dan membina hubungan saling percaya dengan klien sehingga klien akan merasa puas dengan pelayanan keperawatan yang diterimanya. Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Bhayangkara Makassar. Perawat sudah melakukan / Melaksanakan komunikasi terapeutik berdasarkan kebiasaan / rutinitas dalam bekerja sehari-hari, akan tetapi belum memperhatikan tehnik-tehnik dan tahapan baku komunikasi  terapeutik yang baik dan benar. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hubungan antara pelaksanaan komunikasi terapeutik dengan tingkat kepuasan klien dalam mendapatkan pelayanan keperawatan Di IGD RS.Bhayangkara Makassar. Penelitian ini adalah penelitian diskriptif korelasional dengan rancangan penelitian Cross Sectional, yang menggunakan total sampel untuk mengetahui pelaksanaan komunikasi terapeutik oleh perawat dan melihat tingkat kepuasan klien dengan cara kuota sampling dengan jumlah responden yang sesuai kriteria inklusi sebanyak 108 orang. Hasil yang disajilkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan dianalisa dengan menggunakan uji statistik Chisquare test dengan taraf signifikasi (3 = 0.05). Dari hasil kuesioner  perawat yang melaksanakan komunikasi terapeutik (54.6 %), Berdasarkan kuesioner  tentang kupuasan klien selama dirawat klien merasa puasl (66.7 %). Hubungan tingkat kepuasan tentang komunikasi, berdasarkan hasil uji Chi-Square diperoleh p=0.000 (p< 0.05) ), Sedangkan  hubungan tingkat kepuasan dengan komunikasi pada tahap orientasi berdasarkan hasil uji Chi-Square p=0.002 (p<0.05), pada tahap kerja  didapatkan  hasil uji Chi-Square p=0.023 (p<0.05) dan hubungan tingakat kepuasan dengan komunikasi pada tahap terminasi didapatkan  hasil uji Chi-Square p=0.002 (p<0.05) Sebagian besar perawat di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Bhayangkara Makassar sudah melaksanakan komunikasi terapeutik dan kepuasan klien tentang pelayanan keperawatan adalah puas, ada hubungan yang bermakna antara pelaksanaan komunikasi terapeutik dengan tingkat kepuasan klien  tentang pelayanan keperawatan. Bagi perawat selalu meningkatkan profesionalisme dan memberikan pelayanan kepada klien khususnya cara melaksanakan komunikasi terapeutik secara benar.

References

[1] Abdullah Masmuh, Komunikasi Organisasi Dalam Perspektif Teori dan Praktek, UPT Universitas Muhamadiyah Malang. 2018.
[2] Ari Kunto. S. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Perawat, Rineke Cipta, Jakarta. 2017.
[3] Arwani, Kmunikasi Dalam Keperawatan , EGC Jakarta. 2016.
[4] Carpento, Rencana Asuhan Keperawatan Dan Dokumentasi Keperawatan: Diagnosa Keperawatan dan masalah kolaboratif ( Nursing Plans And Documentation : Nursing diagnosis and Colaborative Problem ) Edisi 2, EGC. 2017.
[5] Hafizzuraman. S. Pengukuran Kepuasan Suatu Institusi Kesehatan Jurnal MajalahKedokteran Indonesia Volume 54. 2016.
[6] Kariyo, Pengantar Komunikasi Bagi Siswa Perawat, EGC.Jakarta.2016.
[7] Nursalam, Manajemen Keperawatan. Aplikasi Dalam Praktek Keperawatan Profesional, Salemba Merdeka, Jakarta. 2017.
[8] Notoatmojo S. Metologi Penelitian Kesehatan Edisi Revisi, PT Rineke Cipta, Jakarta. 2016
[9] Nurjanah, Intisari. Hubungan Terapeutik Dan Klien, Kwalitas diri Sebagai Sarana, PSIK – FK UGM. Yogyakarta.2016.
[10] Nursalam, Konsep Dan Penerapan Metologi Penelitian Dalam Keperawatan: Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan, Edisi Pertama, Salemba Medika. 2017.
[11] Purwanto H, Pengantar Perilaku Manusia Untuk Keperawatan,EGC, Jakarta. 20217.
[12] Prasetiyo, B dan JannahL.M. Metode Penelitian Komunikatif : Teori dan Aplikasi. PT Raja Raja, Grafindo Persada. 2015.
[13] Parasuramman. A. Coceptual Model Of sevice Quality and Its Implication For Future Reseach , Jurnal Of Marketing Fall. 2016.
[14] Setiadi, Konsep Dan Penelitian Riset Keperawatan , Graha Ilmu Yogyakarta. 2017.
[15] Suharto, Hubungan Kepuasan Pasien Dengan Care Manajer di Rumah Sakit Elizabeth Jambi, Thesis Pasca Sarjana, Dipublikasikan.
[16] Sunarto, S. Komunikasi Terpeutik Yang Efektif Dalam Praktek, CHBP, YGM. 2016.
[17] Sugiyono. Statistik Untuk Penelitian , PT Rineke Cipta, Jakarta. 2015.
[18] Stuart and Sunden. Principle and Practice of psychiartric Nursing, Sixth – Edition. Toronto; CV Masby. Co. 2016.
Published
2021-10-30
How to Cite
Ramli, R. (2021). HUBUNGAN PELAKSANAAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DENGAN KEPUASAN KLIEN DALAM MENDAPATKAN PELAYANAN KEPERAWATAN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT BHAYANGKARA MAKASSAR. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2567-2574. https://doi.org/10.47492/jip.v1i11.954
Section
Articles