HUBUNGAN PELAKSANAAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DENGAN KEPUASAN KLIEN DALAM MENDAPATKAN PELAYANAN KEPERAWATAN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT BHAYANGKARA MAKASSAR
Abstract
Komunikasi terapeutik merupakan salah satu cara untuk memberikan informasi yang akurat dan membina hubungan saling percaya dengan klien sehingga klien akan merasa puas dengan pelayanan keperawatan yang diterimanya. Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Bhayangkara Makassar. Perawat sudah melakukan / Melaksanakan komunikasi terapeutik berdasarkan kebiasaan / rutinitas dalam bekerja sehari-hari, akan tetapi belum memperhatikan tehnik-tehnik dan tahapan baku komunikasi terapeutik yang baik dan benar. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hubungan antara pelaksanaan komunikasi terapeutik dengan tingkat kepuasan klien dalam mendapatkan pelayanan keperawatan Di IGD RS.Bhayangkara Makassar. Penelitian ini adalah penelitian diskriptif korelasional dengan rancangan penelitian Cross Sectional, yang menggunakan total sampel untuk mengetahui pelaksanaan komunikasi terapeutik oleh perawat dan melihat tingkat kepuasan klien dengan cara kuota sampling dengan jumlah responden yang sesuai kriteria inklusi sebanyak 108 orang. Hasil yang disajilkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan dianalisa dengan menggunakan uji statistik Chisquare test dengan taraf signifikasi (3 = 0.05). Dari hasil kuesioner perawat yang melaksanakan komunikasi terapeutik (54.6 %), Berdasarkan kuesioner tentang kupuasan klien selama dirawat klien merasa puasl (66.7 %). Hubungan tingkat kepuasan tentang komunikasi, berdasarkan hasil uji Chi-Square diperoleh p=0.000 (p< 0.05) ), Sedangkan hubungan tingkat kepuasan dengan komunikasi pada tahap orientasi berdasarkan hasil uji Chi-Square p=0.002 (p<0.05), pada tahap kerja didapatkan hasil uji Chi-Square p=0.023 (p<0.05) dan hubungan tingakat kepuasan dengan komunikasi pada tahap terminasi didapatkan hasil uji Chi-Square p=0.002 (p<0.05) Sebagian besar perawat di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Bhayangkara Makassar sudah melaksanakan komunikasi terapeutik dan kepuasan klien tentang pelayanan keperawatan adalah puas, ada hubungan yang bermakna antara pelaksanaan komunikasi terapeutik dengan tingkat kepuasan klien tentang pelayanan keperawatan. Bagi perawat selalu meningkatkan profesionalisme dan memberikan pelayanan kepada klien khususnya cara melaksanakan komunikasi terapeutik secara benar.
References
[2] Ari Kunto. S. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Perawat, Rineke Cipta, Jakarta. 2017.
[3] Arwani, Kmunikasi Dalam Keperawatan , EGC Jakarta. 2016.
[4] Carpento, Rencana Asuhan Keperawatan Dan Dokumentasi Keperawatan: Diagnosa Keperawatan dan masalah kolaboratif ( Nursing Plans And Documentation : Nursing diagnosis and Colaborative Problem ) Edisi 2, EGC. 2017.
[5] Hafizzuraman. S. Pengukuran Kepuasan Suatu Institusi Kesehatan Jurnal MajalahKedokteran Indonesia Volume 54. 2016.
[6] Kariyo, Pengantar Komunikasi Bagi Siswa Perawat, EGC.Jakarta.2016.
[7] Nursalam, Manajemen Keperawatan. Aplikasi Dalam Praktek Keperawatan Profesional, Salemba Merdeka, Jakarta. 2017.
[8] Notoatmojo S. Metologi Penelitian Kesehatan Edisi Revisi, PT Rineke Cipta, Jakarta. 2016
[9] Nurjanah, Intisari. Hubungan Terapeutik Dan Klien, Kwalitas diri Sebagai Sarana, PSIK – FK UGM. Yogyakarta.2016.
[10] Nursalam, Konsep Dan Penerapan Metologi Penelitian Dalam Keperawatan: Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan, Edisi Pertama, Salemba Medika. 2017.
[11] Purwanto H, Pengantar Perilaku Manusia Untuk Keperawatan,EGC, Jakarta. 20217.
[12] Prasetiyo, B dan JannahL.M. Metode Penelitian Komunikatif : Teori dan Aplikasi. PT Raja Raja, Grafindo Persada. 2015.
[13] Parasuramman. A. Coceptual Model Of sevice Quality and Its Implication For Future Reseach , Jurnal Of Marketing Fall. 2016.
[14] Setiadi, Konsep Dan Penelitian Riset Keperawatan , Graha Ilmu Yogyakarta. 2017.
[15] Suharto, Hubungan Kepuasan Pasien Dengan Care Manajer di Rumah Sakit Elizabeth Jambi, Thesis Pasca Sarjana, Dipublikasikan.
[16] Sunarto, S. Komunikasi Terpeutik Yang Efektif Dalam Praktek, CHBP, YGM. 2016.
[17] Sugiyono. Statistik Untuk Penelitian , PT Rineke Cipta, Jakarta. 2015.
[18] Stuart and Sunden. Principle and Practice of psychiartric Nursing, Sixth – Edition. Toronto; CV Masby. Co. 2016.
Copyright (c) 2021 Jurnal Inovasi Penelitian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.