PENERAPAN ALGORITMA BOYER MOORE PADA BARCODE SCANNER DAN PENENTUAN TOTAL TRANSAKSI BELANJA (STUDI KASUS : FITRINOFANE SWALAYAN)

  • Yuni Puspita Sari Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Ahmad Ari
Keywords: Boyer Moore, Prototype, Blackbox Testing, Barcode Scanner, Aplikasi Penentuan Total Harga.

Abstract

Algoritma Boyer Moore yang di implementasikan pada Barcode Scannner memudahkan proses untuk membaca kode barcode pada kemasan produk untuk dapat mengenali dan menerjemahkan informasi yang diperoleh dari database. Pada proses implementasinya, Algoritma Boyer Moore akan mencari posisi suatu karakter yang terdapat pada suatu pola serta melakukan perbandingan dari kanan pola kode barcode sehingga akan diperoleh lebih banyak informasi. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan dalam sistem ini adalah metode Prototype. Dimana tahapan Prototype terdiri dari komunikasi dan pengumpulan data awal, perencanaan secara cepat, pemodelan perancangan secara cepat, pembentukan prototype hingga menyerahkan sistem kepada pengguna yang sebelumnya disertai pengujian perangkat lunak menggunakan teknik pengujian Black Box Testing disebut juga pengujian perilaku yang mana pengujian ini berfokus pada persyaratan fungsional perangkat lunak. Hasil pengujian menunjukan Aplikasi Scan Barcode dan Penentuan Total Transaksi Belanja sudah berjalan sesuai harapan dan memudahkan konsumen dalam melihat harga produk saat berbelanja di swalayan. Aplikasi Scan Barcode dan Penentuan Total Transaksi Belanja ini dapat mampu meningkatkan proses pengecekan harga oleh konsumen sendiri terhadap produk yang akan dibeli. Sehingga konsumen dapat dengan nyaman mengetahui harga produk serta total harga belanja dalam melakukan pembelian produk.

Kata Kunci: Boyer Moore, Prototype, Blackbox Testing, Barcode Scanner, Aplikasi Penentuan Total Harga.

References

Pressman, R. S. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak (Edisi 7) Pendekatan Praktisi. Penerbit Andi.
Saepulloh, A., & Adeyadi, M. (2019). APLIKASI SCANNER BERBASIS ANDROID UNTUK MENAMPILKAN DATA ID CARD MENGGUNAKAN BARCODE. Jurnal Manajemen Dan Teknik Informatika (JUMANTAKA), 3(1).
Siahaan, A. P., & Mesran, M. (2018). IMPLEMENTASI ALGORITMA BOYER MOORE PADA APLIKASI KAMUS NAMA BAYI BESERTA MAKNANYA BERBASIS ANDROID. Pelita Informatika: Informasi dan Informatika, 6(3).
Subeki, B., & Jauhari, M. R. (2016). Aplikasi Info Halal Menggunakan Barcode Scanner untuk Smartphone Android. Jurnal Informatika, 3(1).
Widya, H., Syafrawali, S., & Salsabila, R. (2019). Aplikasi Barcode Scanner Food Halal Pada Produk Makanan Impor Berbasis Android. JET (Journal of Electrical Technology), 4(1), 14-17.
Yudhanto, Y., & Wijayanto, A. (2018). Mudah Membuat dan Berbisnis Aplikasi Android dengan Android Studio. Elex Media Komputindo.
Sontana, I., Rahmatulloh, A., & Rachman, A. N. (2019). Application Programming Interface Google Picker Sebagai Penyimpanan Data Sistem Informasi Arsip Berbasis Cloud. Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, 5(1), 25-32.
Sari, Y. P., & Ali, R. (2019). Implementasi Sistem Pelaporan Sarana dan Prasarana Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Android (Studi Kasus: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya). Jurnal Informatika, 19(1), 47-53.
Published
2021-11-01
How to Cite
Sari, Y., & Ari, A. (2021). PENERAPAN ALGORITMA BOYER MOORE PADA BARCODE SCANNER DAN PENENTUAN TOTAL TRANSAKSI BELANJA (STUDI KASUS : FITRINOFANE SWALAYAN). Jurnal Inovasi Penelitian, 2(6), 1755-1760. https://doi.org/10.47492/jip.v2i6.948
Section
Articles